Persib Matangkan Skema Bola Mati Jelang Laga Uji Coba Melawan FC UNY

Latihan Persib/WILUJENG KHARISMA/PR
PEMAIN Persib saat berlatih di Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta, Minggu 24 Desember 2017.*

YOGYAKARTA, (PR).- Persib akan menjalani pertandingan uji coba pertamanya di bawah pelatih Roberto Carlos Mario Gomes saat menghadapi tim sepak bola Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Selasa 26 Desember 2017. 

Pada hari kelima pemusatan latihan di Yogyakarta, tim pelatih sudah mulai memberikan program latihan teknik dan strategi.  

"Untuk menjalani uji coba, kami banyak melakukan skema bola mati di latihan hari ini. Kami perbaiki juga organisasi bertahan dan menyerang," tutur Asisten Pelatih Persib Herrie Setyawan saat dihubungi via telefon, Senin 25 Desember 2017.

Dia menuturkan,  persiapan jelang pertandingan uji coba sudah dimatangkan, termasuk pada sesi latihan sore. 

Meski lawan yang dihadapi tidak terlalu berat, laga uji coba kali ini sangat penting untuk melihat perkembangan yang diraih para pemain selama menjalani pemusatan latihan. 

"Itu biasa kalau masa persiapan, kami masuk di pengondisian. Pertama, dalam uji coba kami akan melihat kesalahan di sana. Kami latihan di teknik dasar dan fisik, itu pasti menguras tenaga. Jadi, lawan yang akan dihadapi di uji coba pertama pasti akan di bawah (kualitasnya)," tutur Herrie Setyawan. 

Untuk kesiapan pemain, semuanya sudah siap tampil. Ke-23 pemain yang mengikuti pemusatan latihan akan diturunkan secara bergiliran pada dalam laga yang berlangsung setiap sejam itu. 

Herrie Setyawan mengatakan, tujuan dari pertandingan uji coba kali ini adalah agar Pelatih Persib Roberto Carlos Mario Gomez dapat melihat penampilan baik pemain baru maupun pemain lama secara nyata karena selama ini dia belum banyak tahu tentang performa mereka khususnya saat bertanding.  

Laga uji coba melawan FC UNY itu akan dihelat di Sleman, tepatnya di kompleks Universitas Negeri Yogyakarta.

FC UNY yang yang musim 2017 bermain di Liga 3 itu diharapkan bisa menjadi lawan yang tepat untuk menjajal kesiapan Persib.  

Rencananya, sepak mula partai uji coba itu akan berlangsung pukul 15.30 WIB. Dari informasi yang didapat, tiket yang dicetak untuk pertandingan itu hanya sekitar 6.000 lembar. Hal itu dilakukan untuk menyesuaikan dengan kapasitas Lapangan UNY yang hanya memiliki tribun VIP.

Selain menghadapi FC UNY, Maung Bandung juga dijadwalkan menggelar laga uji coba satu lainnya. Namun belum diketahui tanggal pasti mengenai uji coba kedua itu. Semenatra itu, Maung Bandung menggelar pemusatan latihan sampai 29 Desember 2017 mendatang.

Rayakan Natal

Fulgensius Billy Paji Keraf, gelandang muda Maung Bandung diizinkan untuk meninggalkan pemusatan latihan dan berangkat ke Bogor untuk merayakan Natal bersama keluarganya.

Bukan hanya Billy Keraf, pemain dan staf Persib yang merayakan Natal mendapat izin untuk berkumpul bersama kelurganya.

‎"Kebetulan, misa Natal itu tanggal 24 malam, nanti saya ke gereja di sini (Yogyakarta) karena besok juga masih ada latihan di sini. Tanggal 27 saya sudah kembali lagi ke sini‎," katanya seperti dilaporkan Galamedianews.

Bagi Billy Keraf, perayaan Natal bukan semata berkumpul bersama keluarga. Pemain berusia 20 tahun itu melihatnya lebih mendalam sebagai suatu ibadah kepada Tuhan atas karunia yang sudah ia terima. Untuk itu, ia bersyukur jajaran pelatih dapat memahaminya.

"Ini kan hanya setahun sekali, bukan buat keluarga saja tapi untuk Tuhan. Pelatih juga sudah mengizinkan dan mereka mengerti," katanya.***

Baca Juga