Begini Catatan Naik-Turun Prestasi Persib Setelah Juara

Persib/BUDHI SUTOMO

BANDUNG, (PR).- Musim baru Liga 1 masih baru bergulir sekitar Maret 2018. Namun, semua tim, termasuk Persib Bandung, kini telah bersiap. Persib seakan telah mengambil ancang-ancang guna menghadapi kompetisi yang semakin ketat dari tahun ke tahun.

Setelah mendatangkan pelatih baru, kini yang harus segera disiapkan adalah penghuni skuad Maung Bandung musim depan. Beberapa pemain yang mundur atau diputus kontraknya jelas menyisakan posisi kosong yang harus diisi.

Tak berleha-leha, arsitek baru Persib Roberto Carlos Mario Gomez pun langsung menggelar latihan beberapa hari sejak kedatangannya di kota kembang. Ia juga langsung mengundang sejumlah pemain lokal muda dari beberapa klub untuk dipantau potensinya.

Pantauan itu tentunya akan dilakukan Gomez dengan menyeluruh. Tak hanya dalam sesi latihan atau game internal, namun mereka pun harus menunjukan kelayakannya menghuni tim saat berlaga di beberapa kompetisi pramusim.

Piala Presiden

Seperti biasa, kompetisi pramusim paling bergengsi adalah Turnamen Piala Presiden yang akan digelar mulai Januari 2018. Hasil di kompetisi itu memang tak jarang bisa menjadi bayangan riil bagaimana peluang sebuah tim untuk menjuarai Liga Indonesia nantinya.

Sebuah catatan menarik adalah Persib mengulang sejarah yang serupa tapi tak sama dalam kurun waktu 20 tahun. Pada 1995, Persib menjadi juara Liga Indonesia saat pertama kali digelar. Dan 20 tahun kemudian, catatan itu diulang dengan menyabet gelar juara Piala Presiden yang juga pada saat pertama kali digelar tahun 2015.

Menariknya lagi, dulu Persib menjuarai Liga Indonesia setelah sukses menjadi kampiun Kompetisi Perserikatan. Begitu pula saat menjuara Piala Presiden 2015, Persib sebelumnya merupakan juara LSI 2014.

Meskipun demikian, tren negatif dari siklus 20 tahun-an itu juga terulang. Sama seperti penurunan prestasi sejak Liga Indonesia II, Persib pun mengalami penurunan prestasi setelah menjadi juara di LSI 2014 dan Piala Presiden 2015.

Naik-turun prestasi Persib

Berikut adalah catatan prestasi Persib setiap kali setelah menjadi juara:

Era 1990-an

  • Kompetisi Perserikatan 1993-1994: Juara
  • Liga Indonesia I 1994-1995: Juara
  • Liga Indonesia II 1995-1996: Kandas di Babak 12 Besar 
  • Liga Indonesia III 1996-1997: Kandas di Babak 12 Besar 

Era Liga Super Indonesia

  • LSI 2014: Juara
  • Piala Presiden 2015: Juara
  • ISC A 2016: Peringkat 5
  • Piala Presiden 2017: Kandas di Semifinal.***

Baca Juga

Followers Bertambah, Ini Kesan Bojan pada Bobotoh

BANDUNG, (PR).- Bek Persib Bandung, Bojan Malisic terkesan dengan keramahan bobotoh. Ia mengaku baru kali ini mendapat sambutan seperti itu sepajang karirnya di klub profesional.

Piala Presiden 2018 Ajang Panaskan Mesin Persib

BANDUNG, (PR).- Gelaran Turnamen Piala Presiden 2018 segera bergulir mulai 19 Januari 2018. Semua tim yang akan ikut serta termasuk Persib Bandung pun kini tengah bersiap untuk menjajal kemampuan di ajang itu.

Persib Bawa 22 Pemain Saat Pemusatan Latihan di Yogyakarta

BANDUNG, (PR).- Tim Persib membawa 22 pemainnya yang baru saja dikontrak untuk menjalani pemusatan latihan (training camp/TC) di Yogyakarta. Pemusatan latihan ini akan berlangsung selama 9 hari, yaitu 21-29 Desember 2017.