Mereka yang Meninggalkan Persib Selama Tiga Musim Terakhir

Sergio van Dijk/DOK. PR

MENGHADAPI musim kompetisi 2018, Persib Bandung menatap harapan baru dengan kehadiran sosok pelatih Roberto Carlos Mario Gomez. 

Akan tetapi hingga saat ini, racikan Roberto Carlos Mario Gomez masih menjadi tanda tanya bagi bobotoh termasuk tentang siapa saja yang akan mengisi skuad Maung Bandung nantinya.

Setelah menjalani beberapa kali sesi latihan, Roberto Carlos Mario Gomez memang masih dalam tahap memantau kemampuan sejumlah pemain. Selain itu, sejumlah pemain musim lalu juga masih ada yang terikat kontrak.

Meski demikian, bayangan terkait perubahan yang akan terjadi dalam skuad Pangeran Biru musim depan sudah bisa dilihat. Setidaknya dengan resminya beberapa pemain lama yang menyatakan tak akan lagi memperkuat Persib musim depan.

Hingga saat ini, setidaknya tercatat sudah ada empat pemain inti yang dipastikan hijrah dari Persib. Mereka adalah Vladimir Vujovic, Purwaka Yudhi, Shohei Matsunaga, Raphael Maitimo. Selain itu, ada pula pemain lapis kedua yang juga memutuskan hengkang atau kontraknya resmi tak diperpanjang seperti Angga Febriyanto, Jajang Sukmara, dan Ahmad Baasith.

Hal itu menunjukkan adanya di tubuh Persib musim depan. Perubahan memang hal yang wajar dalam sebuah tim sepak bola dari musim ke musim. Apalagi, memang hal itu dilakukan untuk kepentingan mendongkrak prestasi ke jalur yang lebih positif.

Hal serupa juga pernah terjadi menjelang musim 2017 ketika belasan pemain lama eks ISC 2016 tak lagi masuk dalam daftar skuad Pangeran Biru untuk Liga 1 edisi 2017. 

Begitu pula saat Maung Bandung menata diri untuk meraih gelar juara LSI 2014 ketika tak sedikit pemain eks LSI 2013 yang harus tersingkir.

Berikut ini data pemain Persib yang dicoret atau mundur dalam tiga pergantian musim kompetisi normal:

Liga 1 2017 ke Liga 1 2018 (Sementara):

1. Vladimir Vujovic
2. Purwaka Yudhi
3. Shohei Matsunaga
4. Rapahel Maitimo
5. Angga Febrianto
6. Jajang Sukmara
7. Ahmad Basith

ISC A 2016 ke Liga 1 2017:

1. M Ridwan
2. Dias Angga Putra
3. Diogo Ferreira
4. Hermawan
5. Yanto Basna
6. Jujun Saepulloh
7. Taufiq
8. Robertino Pugliara
9. M Agung Pribadi
10. Rachmad Hidayat
11. Marcos Flores
12. David Laly
13. Samsul Arif
14. Rudiyana
15. Yandi Sofyan
16. Zulham Zamrun
17. Juan Belencoso

LSI 2013 ke LSI 2014:

1. Aang Suparman
2. Naser Al Sebai
3. Maman Abdurahman
4. Abanda Herman
5. Hilton Moreira
6. Airlangga Sucipto
7. Sergio van Dijk
8. Kenji Adachihara
9. Rizky Subagja
10. Cecep Supriatna
11. Asri Akbar
12. Sigit Hermawan
13. Georges Parfait Mbida Messi
14. Herman Dzumafo Epandi

Baca Juga

Kemenangan Terbesar Persib di Era LSI

MINIMNYA  jumlah gol menggambarkan bahwa ketajaman lini depan merupakan salah satu kelemahan yang harus dibenahi Persib Bandung dari gelaran Liga 1 musim 2017. 

Persib Hanya Menang Tipis 2-1 atas PS BP Batam

BATAM, (PR).- Persib Bandung menang tipis 2-1 atas PS BP Batam dalam laga uji coba di Stadion Temenggung Abdul Jamal Batam, Kamis 11 Januari 2018 malam. Gol Persib dicetak oleh Oh In-Kyun dan Dedi Kusnandar.

Persib Kandaskan Sriwijaya 1-0

BANDUNG, (PR).- Persib Bandung memetik poin penuh pada laga perdana Grup A Piala Presiden 2018 setelah mengalahkan Sriwijaya FC 1-0. Gol tunggal Maung Bandung dicetak oleh In Kyun Oh pada menit ke-55.

persib, juara 1994, 1995, liga indonesia,

Mimpi Buruk Persib Itu Bernama Siklus Prestasi 20 Tahunan

MUSIM baru Liga 1 masih baru bergulir sekitar minggu ketiga Februari 2018. Namun, semua tim termasuk Persib Bandung kini telah mengambil ancang-ancang guna menghadapi kompetisi yang semakin ketat dari tahun ke tahun itu.