Pertahanan Solid, Persib Minim Kemenangan

Persib/YUSUF WIJANARKO/PR

MENJADI salah satu tim dengan pertahanan terbaik di tanah air, Persib memang tak begitu banyak kebobolan selama Liga 1 musim 2017. Namun kenyataannya, Maung Bandung tetap tak mampu merangsek ke papan atas klasemen hingga akhir musim.

Seperti diketahui, prestasi Persib memang tak begitu signifikan dan hanya meraih 41 poin di klasemen akhir. Padahal dari segi kekalahan, Persib hanya merasakannya sebanyak 11 kali dari 34 laga yang dilakoni.

Jumlah kekalahan tersebut sangat jauh dibandingkan dengan lima tim yang posisinya di bawah Persib. Terutama dua tim juru kunci yaitu Persiba Balikpapan dengan 21 kekalahan dan Perse­gres Gresik United dengan 28 kekalahan.

Membandingkan dengan tim-tim di atasnya, jumlah kekalahan Persib pun tak begitu terpaut jauh, termasuk dengan sang jawara Bhayangkara FC yang sepuluh kali dikalahkan lawannya.

Bahkan dengan tiga tim yang peringkatnya tepat di atas, kekalah­an Maung Bandung masih lebih sedikit. Sebut saja peringkat ke-10 Mitra Kukar dengan 17 kekalahan, peringkat 11 Sriwijaya FC de­ngan 14 kekalahan, dan peringkat 12 PS TNI dengan 16 kekalahan.

Data tersebut jelas menunjukkan bahwa permasalahan Maung Bandung di Liga 1 edisi 2017 adalah jumlah kemenangan yang terbilang mi­nim. Sama dengan Semen Padang yang terdegradasi, Persib hanya membukukan 9 kemenangan.

Jumlah itu merupakan yang ketiga paling sedikit di Liga 1 musim 2017. Dua tim dengan kemenangan terminim lainnya adalah sang juru kunci Persegres dengan 2 kemenangan dan Persiba yang satu pering­kat di atasnya dengan 7 kemenangan.

Meski dengan peringkat di bawah Maung Bandung, Persela yang menduduki posisi ke-14 saja mampu mengemas 12 kemenangan. Begitu pula Perseru yang memetik 10 kemenangan di mana salah satunya adalah di laga terakhir saat dijamu Persib di Stadion Si Jalak Harupat.

Dalam kondisi seperti itu, julukan ”Raja Seri” yang diberikan oleh beberapa tim rivalnya, sepertinya memang layak disandang Maung Bandung pada Liga 1 episode 2017. Apalagi data statistik jelas menunjukkan bahwa Maung Bandung memang menjadi tim dengan jumlah hasil seri terbanyak hingga akhir musim.

Maung Bandung mengantongi 14 hasil seri selama Liga 1 2017 dan memang tak bisa disaingi oleh satu tim pun di Liga 1 2017. Selisihnya pun terbilang jauh dari dua tim lain, Persija dan Arema FC yang mengemas 10 hasil seri.

”Raja Menang” di Liga 1 musim 2017:
1. Bhayangkara FC (22 kemenangan)
2. Bali United (21 kemenangan)
3. PSM Makassar (19 kemenangan)

”Raja Seri” di Liga 1 musim 2017:
1. Persib Bandung (14 seri)
2. Persija Jakarta (10 seri)
3. Arema FC (10 seri)

”Raja Kalah” di Liga 1 musim 2017:
1. Persegres Gresik United (28 kekalahan)  
2. Persiba Balikpapan (21 kekalahan)
3. Persela Lamongan (18 kekalahan)***

Baca Juga

Indra Mustafa Memulai Jejak Langkah di Persib

AWAL gelaran Liga 1 musim 2017 sempat membuka asa bagi para pemain muda. Soalnya, ketika itu PSSI menerapkan aturan bahwa semua tim wajib memainkan tiga pemain U-23 sejak awal di setiap laga.

Persib Hanya Menang Tipis 2-1 atas PS BP Batam

BATAM, (PR).- Persib Bandung menang tipis 2-1 atas PS BP Batam dalam laga uji coba di Stadion Temenggung Abdul Jamal Batam, Kamis 11 Januari 2018 malam. Gol Persib dicetak oleh Oh In-Kyun dan Dedi Kusnandar.

Persib Kandaskan Sriwijaya 1-0

BANDUNG, (PR).- Persib Bandung memetik poin penuh pada laga perdana Grup A Piala Presiden 2018 setelah mengalahkan Sriwijaya FC 1-0. Gol tunggal Maung Bandung dicetak oleh In Kyun Oh pada menit ke-55.