Dari Mana Pemain Asing Persib Berikutnya Berasal?

Michael Essien
Michael Essien/USEP USMAN NASRULLOH/PR

DI bawah asuhan pelatih baru Roberto Carlos Mario Gomez, Persib Bandung berencana tetap akan mendatangkan setidaknya tiga pemain asing baru dalam menghadapi kompetisi musim depan.

Akan tetapi, Roberto Carlos Mario Gomez menyatakan akan sangat berhati-hati dalam memilih pemain asing yang akan masuk dalam skuadnya.

Keputusan itu jelas sangat bijak mengingat persepakbolaan Indonesia memang sudah memadukan antara prestasi dan industri sejak era Liga Indonesia.

Jasa pemain asing jelas dibutuhkan untuk mendongkrak prestasi dan daya tarik klub serta transfer ilmu kepada pemain lokal.

Oleh karena itu legiun asing yang didatangkan pun sedianya harus memiliki kualitas. Bukan sekadar pemain abal-abal tetapi sosok yang bisa dijadikan panutan oleh pemain lokal dan membuat penonton tertarik untuk menyaksikan setiap penampilannya.

Bagi Persib, dibukanya keran pemain asing belum membuat mereka tertarik pada beberapa musim. Sebuah idealisme yang berdasar karena Maung Bandung masih tetap mampu menjuarai Liga Indonesia I 1994-1995 dengan skuad yang seluruhnya berisi pemain lokal terbaik tanah air.

Meski demikian, tren negatif prestasi sejak itu membuat tim Pangeran Biru akhirnya mau tak mau harus membuka diri terhadap jasa pemain asing. Pada Liga Indonesia IX 2004, Persib pun akhirnya mendatangkan Trio Poldandia Mariusz Mucharsky, Pavel Bocjian, dan Maciej Dolega lengkap dengan sang juru taktiknya, Marek Andrejz Sledzianowski.

Sejak itu, pemain asing dari berbagai benua datang dan pergi di tubuh Persib, yang terakhir adalah dua pemain Eropa, Carlton Cole, Vladimir Vujovic, serta dua pemain Afrika Michael Essien, dan Ezechiel N'Douassel.

Amerika masih menjadi benua yang paling banyak digunakan jasa pemainnya oleh Maung Bandung.

Sejauh ini, sudah ada sekitar 21 pemain asal benua Amerika yang pernah memperkuat Pangeran Biru. Chile menjadi negara pemasok terbanyak dengan 8 pemain. Sementara Eropa dan Asia masih paling sedikit, yaitu 12 pemain.

Pemain asing yang pernah memperkuat Persib:

Benua Amerika:
- Brasil: Amarildo Souza, Ulian de Souza, Antonio 'Toyo' Claudio, Fábio Lopes Alcântara, Hilton Moreira, Marcio Souza Da Silva, Rafael Alves Bastos
- Chile: Rodrigo Sanhueza, Angelo Espinoza, Claudio Lizzama, Alejandro Tobar, Rodrigo Lemunao, Julio Lopez, Christian Mollina, Patricio Jimenez Diaz
- Paraguay: Lorenzo Cabanas, Christian Rene Martinez
- Uruguay: Cristian Gonzáles, Adrián Colombo
- Argentina: Robertino Pugliara, Marcos Flores

Afrika:
- Kamerun: Christian Bekamenga, George Clement Nyeck Nyobe, Louis Berty Ayock, Herman Abanda, Herman Dzumafo Epandi, Georges Parfait Mbida Messi, David Pagbe
- Ghana: Michael Essien, Moses Sakyi
- Burkina Faso: Brahima Traoré
- Nigeria: Ekene Ikenwa, Chioma Kingsley
- Maroko: Redouane Barkaoui
- Mali: Makan Konaté, Djibril Coulibaly
- Liberia: Erick Weeks Lewis
- Chad: Ezechiel N'Douassel               

Eropa:
- Inggris: Carlton Cole    
- Polandia: Maciej Dołęga, Mariusz Mucharski, Piotr Orlinski, Pavel Bocjian
- Rumania: Leontin Chitescu
- Montenegro: Miljan Radović, Zdravko Dragićević, Vladimir Vujović, Ilija Spasojević
- Belanda: Sergio van Dijk
- Serbia: Marko Krasić
- Spanyol: Juan Belencoso

Asia:
- Singapura: Noh Alam Shah, Shahril Ishak, Baihakki Khaizan
- Thailand: Nipont Chanarwut, Pradith Taweechai, Suchao Nuchnum, Sinthaweechai Hathairattanakool
- Jepang: Satoshi Otomo, Shohei Matsunaga, Kenji Adachihara
- Australia: Robbie Gaspar, Diogo Ferreira
- Suriah: Naser Al Sebai***

Baca Juga

Persib Kandaskan Sriwijaya 1-0

BANDUNG, (PR).- Persib Bandung memetik poin penuh pada laga perdana Grup A Piala Presiden 2018 setelah mengalahkan Sriwijaya FC 1-0. Gol tunggal Maung Bandung dicetak oleh In Kyun Oh pada menit ke-55.

Persib Hanya Menang Tipis 2-1 atas PS BP Batam

BATAM, (PR).- Persib Bandung menang tipis 2-1 atas PS BP Batam dalam laga uji coba di Stadion Temenggung Abdul Jamal Batam, Kamis 11 Januari 2018 malam. Gol Persib dicetak oleh Oh In-Kyun dan Dedi Kusnandar.

persib, juara 1994, 1995, liga indonesia,

Mimpi Buruk Persib Itu Bernama Siklus Prestasi 20 Tahunan

MUSIM baru Liga 1 masih baru bergulir sekitar minggu ketiga Februari 2018. Namun, semua tim termasuk Persib Bandung kini telah mengambil ancang-ancang guna menghadapi kompetisi yang semakin ketat dari tahun ke tahun itu.

Kemenangan Terbesar Persib di Era LSI

MINIMNYA  jumlah gol menggambarkan bahwa ketajaman lini depan merupakan salah satu kelemahan yang harus dibenahi Persib Bandung dari gelaran Liga 1 musim 2017.