Pencetak Gol Tersubur Persib Tak Selalu Striker Murni, Bagaimana di Era Roberto Carlos Mario Gomez?

Roberto Carlos Mario Gomez dan Fernando Soler/DEDEN IMAN/PR
PELATIH baru Persib, Roberto Carlos Mario Gomez (kiri) bersama asistennya, Fernando Soler, memperlihatkan jersey Persib bertuliskan nama mereka untuk pertama kalinya di Stadion SIDOLIG, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Minggu 10 Desember 2017. Pelatih asal Argentina tersebut akan melatih Persib untuk berjuang di Liga 1 musim depan.*

SETELAH sekian lama dinanti, akhirnya pelatih baru Persib Bandung, Roberto Carlos Mario Gomez tiba di Bandung. Ia pun pertama kali diperkenalkan pada acara amal "Persib Peduli" di Stadion SIDOLIG, Minggu 10 Desember 2017.

Penantian bobotoh tentunya tak sebatas kedatangan Roberto Carlos Mario Gomez namun juga sepak terjang pelatih berkebangsaan Argentina itu dalam mempersiapkan skuad Maung Bandung untuk musim depan.

Jika menilik skuad musim lalu, semua bobotoh pasti sepakat bahwa kelemahan Persib terletak pada lini depan. Terlebih di putaran pertama ketika Sergio van Dijk cedera dan tak memuaskannya performa Carlton Cole membuat Persib lebih sering bermain tanpa striker murni.

Memasuki putaran kedua, kedatangan Ezechiel N'Douassel sedikit membuat daya dobrak Pangeran lebih tajam. Namun, minimnya suplai bola membuat Ezechiel N’Douassel lebih sering menciptakan umpan ketimbang gol.

Sepanjang 14 kali penampilan bersama Persib, Ezechiel N’Douassel baru mencetak 4 gol. Namun ia juga justru mencatat 4 umpan bagi terjadinya gol Maung Bandung.

Catatan umpan tersebut menyamai Raphael Maitimo yang memang berposisi sebagai gelandang serang dan Febri Haryadi sebagai gelandang sayap. 

Torehan gol Ezechiel N’Douassel justru kalah dari Raphael Maitimo, sebanyak 9 gol, meskipun jumlah itu didapat dari 28 laga. 

Dengan jumlah tersebut, Raphael Maitimo menjadi pencetak gol terbanyak Maung Bandung di Liga 1 musim 2017. Fenomena yang unik karena sebelumnya, pencetak gol terbanyak dipegang seorang striker murni, Sergio van Dijk dengan 12 gol di ISC 2016.

Fakta unik dibalik munculnya Raphael Maitimo sebagai pemain tersubur 2017 adalah Maung Bandung selalu menempatkan striker dan gelandang serang sebagai top skorer secara bergantian. Setidaknya, hal itu terjadi dalam lima musim terakhir.

Berikut ini daftar pencetak gol terbanyak Persib dalam 5 musim terakhir:
1. Liga 1 2017: Raphael Maitimo (gelandang serang-9 gol)
2. ISC 2016: Sergio van Dijk (striker-12 gol)
3. LSI 2014: Makan Konate (gelandang serang 13 gol)
4. LSI 2013: Sergio van Dijk (striker-21 gol)
5. LSI 2011-2012: Miljan Radovic (gelandang serang-11 gol)***

Baca Juga

Kemenangan Terbesar Persib di Era LSI

MINIMNYA  jumlah gol menggambarkan bahwa ketajaman lini depan merupakan salah satu kelemahan yang harus dibenahi Persib Bandung dari gelaran Liga 1 musim 2017. 

Persib Hanya Menang Tipis 2-1 atas PS BP Batam

BATAM, (PR).- Persib Bandung menang tipis 2-1 atas PS BP Batam dalam laga uji coba di Stadion Temenggung Abdul Jamal Batam, Kamis 11 Januari 2018 malam. Gol Persib dicetak oleh Oh In-Kyun dan Dedi Kusnandar.

Persib Kandaskan Sriwijaya 1-0

BANDUNG, (PR).- Persib Bandung memetik poin penuh pada laga perdana Grup A Piala Presiden 2018 setelah mengalahkan Sriwijaya FC 1-0. Gol tunggal Maung Bandung dicetak oleh In Kyun Oh pada menit ke-55.

persib, juara 1994, 1995, liga indonesia,

Mimpi Buruk Persib Itu Bernama Siklus Prestasi 20 Tahunan

MUSIM baru Liga 1 masih baru bergulir sekitar minggu ketiga Februari 2018. Namun, semua tim termasuk Persib Bandung kini telah mengambil ancang-ancang guna menghadapi kompetisi yang semakin ketat dari tahun ke tahun itu.