Gol Terfavorit Liga 1 Jadi Milik Gelandang Persib Billy Keraf

Billy Keraf
Billy Keraf/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

BANDUNG, (PR).- Predikat gol terbaik di Liga 1 musim 2017 versi warganet dipastikan jatuh kepada salah seorang gelandang Persib, Billy Keraf.

Kepastian tersebut didapat setelah akun resmi Twitter penyelenggara kompetisi @Liga1Match menggelar jajak pendapat tentang manakah gol terbaik sepanjang Liga 1 edisi 2017. 

Ada dua pilihan yang ditawarkan yaitu gol Billy Keraf pada pekan ke-21 dan gol pemain PSM Makassar Zulham Zamrun pekan ke-22.

Setelah jajak pendapat itu ditutup pada Selasa 5 Desember 2017 malam, gol Billy Keraf ke gawang Gresik United itu menang dengan perolehan 65 persen suara dari total 13.517 responden.

Sementara itu, gol terbaik Liga 1 versi resmi baru akan diputuskan tim Technical Study Group Liga Indonesia Baru dan akan diumumkan pada malam penghargaan mendatang.

Gol Billy Keraf itu dicetak di Stadion Si Jalak Harupat saat Maung Bandung menang besar, 6-0, atas Gresik United. Gol Billy Keraf lahir menit ke-60. Bergerak di sektor kanan pertahanan lawan, gelandang muda itu menggiring bola dengan percaya diri dan melepaskan tembakan ke tiang jauh yang tidak dapat digapai kiper lawan. 

Persib memang berpesta dalam laga itu,s elain gol cantik tersebut, Raphael Maitimo mencetak hattrick berkat gol menit ke-39, 41 dan 75, dua gol lainnya berasal dari gol bunuh diri Andre Putra menit ke-46 dan Ezechiel N'Douassel menit ke-91.

Akan tetapi, mengingat penentuan gol terbaik kali ini ditentukan oleh wagranet, apa yang oleh pengamat Persib, Eko Noer Kristiyanto sebagai ”the power of bobotoh” benar-benar terwujud. 

Menurutnya, daya beli yang baik pun berimbas positif dengan kemampuan mengakses teknologi dan informasi. Tak berlebihan jika kita generalisasi bahwa hampir seluruh bobotoh sangat familiar dengan internet.

Indikatornya banyak. Media online terkait Persib sangat banyak dan tetap tak kehilangan peminat. Segmennya selalu ada dan jumlah media online jenis ini bisa jadi menjadi yang terbanyak di segmen pemberitaan klub lokal.

Pengguna media sosial dari kalangan bobotoh pun luar biasa banyaknya. Silakan cek Facebook, Twitter, ataupun Instagram. Selalu ada cerita tentang Persib dan bobotoh yang bisa kita lihat termasuk tagar #persibday yang seringkali menjadi trending topic tatkala Persib akan bertanding.

Bukti nyata bahwa bobotoh dan internet serta teknologi informasi sudah sangat mesra adalah dinobatkannya Persib sebagai tim paling populer di Asia oleh AFC. Salah satu indikatornya adalah fanpage Persib yang memiliki jumlah pengikut hampir 10 juta akun, sungguh bukan hal yang bisa disepelekan.***

Baca Juga

Kemenangan Terbesar Persib di Era LSI

MINIMNYA  jumlah gol menggambarkan bahwa ketajaman lini depan merupakan salah satu kelemahan yang harus dibenahi Persib Bandung dari gelaran Liga 1 musim 2017. 

Raphael Maitimo

Manajemen Persib Bantah Kepergian Raphael Maitimo

BANDUNG, (PR).- PT Persib Bandung Bermartabat selaku manajemen yang menaungi Persib ternyata tidak mengetahui perihal keputusan Raphael Maitimo yang memilih meninggalkan Maung Bandung.