Deretan Kiper Legendaris Persib, Deden Natshir Berikutnya?

Persib/YUSUF WIJANARKO/PR

PENAMPILANNYA sepanjang Liga 1 musim 2017 membuktikan bahwa Deden Natshir telah menjelma menjadi salah satu kiper terbaik di tanah air. Terlebih, dengan catatan 9 dari 12 laga tanpa kebobolan yang ia pegang.

Catatan itu melebihi seniornya, I Made Wirawan yang hanya mencatat 3 clean sheet di musim yang sama. Namun, I Made Wirawan juga tetap merupakan salah satu kiper terbaik dalam skuad Maung Bandung saat ini.

I Made Wirawan memang salah seorang pahlawan yang membawa Persib kembali merengkuh gelar Liga Indonesia pada 2014 lalu. Penyelamatan gemilangnya saat adu penalti dalam laga final kontra Persipura menjadi salah satu kunci penentu gelar Maung Bandung saat itu.

Berbicara soal kiper, Maung Bandung memang tak pernah kekurangan talenta terbaik. Selain rekrutan dari luar yang tampil baik, sejumlah jebolan diklat Persib pun sudah banyak yang menjadi andalan timnya di bawah mistar.

Beberapa di antaranya adalah Andritany Ardhiyasa (Persija), Shahar Ginanjar (Barito Putera), M Ridwan (Semen Padang), Dikri Yusron (Sriwijaya FC), dan sederet nama lain. Namun jangan lupa juga bahwa Maung Bandung pernah memiliki nama-nama kiper tangguh lain yang meraih kejayaan pada masanya.

Salah satu kiper legendaris itu kini menukangi tim Persib sebagai asisten pelatih kiper. Dia adalah Anwar Sanusi yang membawa Maung Bandung meraih titel juara Liga Indonesia pertama kali pada tahun pertama gelarannya, Liga Indonesia I tahun 1994.

Tak hanya itu, Anwar Sanusi tercatat 11 kali tampil di level Asia bersama Maung Bandung. Di  antaranya adalah 6 penampilan di Liga Champions Asia 1995-1996.

Selain itu, masih ada sejumlah nama lain yang pastinya juga tak akan pernah dilupakan bobotoh. Bobotoh berharap, Deden Natshir pun bisa terus konsisten dan membawa Maung Bandung kembali juara serta menjadi kiper legendaris Maung Bandung berikutnya.

Berikuat ini beberapa kiper legendaris Persib:
1. Simon Hehanusa (juara Kompetisi Perserikatan 1961)
2. Sobur (juara Kompetisi Perserikatan 1986)
3. Boyke Adam (juara Kompetisi Perserikatan 1986)
4. Samai Setiadi (juara Kompetisi Perserikatan 1990)
5. Aris Rinaldi (juara Kompetisi Perserikatan 1994)
6. Anwar Sanusi (juara Liga Indonesia I 1994)
7. I Made Wirawan (juara LSI 2017, juara Piala Presiden 2015)

Baca Juga

Dua Pemain Persib Jadi Incaran PSIS Semarang

BANDUNG, (PR).- Sejak dibukanya bursa transfer pemain untuk putaran kedua Liga 1, tim-tim peserta mulai berburu pemain untuk menambah amunisi demi memperbaiki peringkatnya di klasemen sementara.

Kalahkan Persebaya, Persib Juara Paruh Musim Liga 1 2018

PERSIB Bandung menasbihkan diri sebagai juara paruh musim Liga 1 2018. Kepastian itu diperoleh setelah tim Pangeran Biru mengalahkan Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Kamis, 26 Juli 2018 malam.

Mitra Kukar, Lawan Persib yang Layak Jadi Inspirasi

SUDAH sekira tujuh musim berlalu sejak tim yang berjuluk Naga Mekes, Mitra Kutai Kartanegara atau biasa disebut Mitra Kukar kembali mencicipi persaingan di kasta tertinggi sepak bola nasional.

Persib Mengatur Siasat di Tengah Jadwal Padat

BANDUNG, (PR).- Padatnya jadwal pertandingan yang dihadapi Persib Bandung membuat pelatih Roberto Mario Carlos Gomez memprogramkan pemulihan secara bertahap agar kebugaran fisik para pemainnya kembali meningkat.