Persib Harus Lihat Gajah di Pelupuk Mata

Persib/DOK. PR

Skuad Persib Bandung untuk Liga 1 musim 2018 masih tetap menjadi tanda tanya. Kepastian mengenai siapa yang bertahan dan siapa yang akan tergeser masih menunggu keputusan pelatih baru Maung Bandung, Roberto Carlos Mario Gomez.

Meski demikian, perburuan pemain sudah mulai dilakukan manajemen Maung Bandung.

Belajar dari keterpurukan di Liga 1 edisi 2017, perburuan pemain memang harus dilakukan. Namun, pelajaran lain di musim tersebut adalah pemain bintang tidak menjadi jaminan prestasi Maung Bandung bisa setinggi langit.

Artinya, sebelum melihat semut di seberang lautan, manajemen Maung Bandung idealnya melihat gajah yang ada di pelupuk mata. Sebelum melirik pemain bintang di klub lain, seharusnya potensi besar dari Diklat Persib terlebih dulu digali.

Bukan tanpa alasan, kebesaran nama Maung Bandung sebenarnya tidak sekadar diukur dari prestasi tim seniornya. Maung Bandung juga besar karena mampu menghasilkan sederet talenta muda yang pada akhirnya bertransformasi menjadi bintang di persepakbolaan Indonesia.

Sebut saja Febri Haryadi dan Gian Zola yang telah menjelma menjadi salah satu andalan Maung Bandung. Mereka bisa berkembang karena diberi kepercayaan dan kesempatan untuk mengasah kemampuan.

Febri Hariyadi

Diklat Persib saat ini juga sudah menghasilkan alumni jadi andalan klub-klub di berbagai kasta kompetisi sepak bola tanah air. Di Liga 1 2017 pun, jebolan Diklat Persib tersebar lengkap dan merata dari lini belakang hingga lini depan.

Selain Deden Natshir, Diklat Persib pun pernah mencetak saja salah satu penjaga gawang terbaik Indonesia lain, Andritany Ardhiyasa.

Di bawah gawang Persija Jakarta, jebolan Diklat Persib itu paling sedikit kebobolan selama Liga 1 2017.

Di lini belakang, ada talenta-talenta potensial seperti Agil Munawar, Ryuji Utomo, Dias Angga, I Nyoman Adi Parwa, Eriyanto, atau Saeful Anwar.

Di lapangan tengah ada nama-nama seperti Abdul Aziz, Hanif Sjahbandi, Imam Faturahman, Asep Berlian, Agung Pribadi, Alfath Faathier, Erwin Ramdani, dan Sutanto Tan.

Selain itu, kegagalan rekrutmen striker di awal Liga 1 2017 sedianya menjadi pelajaran untuk lebih membuka kesempatan pada potensi muda untuk menunjukkan taring.

Soalnya Diklat Persib pun sudah menghasilkan nama besar seperti Ferdinan Sinaga, Jajang Mulyana, Yandi Sofyan, dan sederet potensi lain.

Berikut ini jebolan Diklat Persib di Liga 1 2017:

Penjaga Gawang:
Dikri Yusron Afafa (Sriwijaya FC)
M Diky indrayana (Bali United) eks Timnas U19
Shahar Ginanjar (Barito Putera)
M Natsir Fadhil Mahbuby, Imam Arif Fadilah (Persib)
Andritany Ardhiyasa (Persija)
Riyandi (Barito Putra)

Belakang:
Aang Suparman (Persela Lamongan)
Alfiath fathir (Persiba Balikpapan)
Henhen Herdiana, Wildansyah, Jajang Sukmara (Persib)
Eriyanto (Madura United) eks Timnas U19
Dias Angga Putra (Bali United)

Gelandang:
Abdul Aziz (Borneo FC)
Ryuji Utomo Prabowo (Persija)
Hanif Abdurrauf Sjahbandi (Arema)
Agil munawar (PS TNI)
Absor Fauzi (Persiba Balikpapan)
Asep Berlian (Madura United)
Eka Ramdhani (Pesela Lamongan)
Agung Pribadi (Persela Lamongan)
Dedi Kusnandar, Ahmad S. Basith, Agung Mulyadi, 
Puja Abdullah, Gian Zola, Atep, Febri Hariyadi (Persib)
Heri Susanto (Persiba Balikpapan)
Sutanto Tan (Persija)
Erwin Ramdani (Ps TNI)

Penyerang:
Ferdinand Sinaga (PSM Makasar)
Tantan, Angga Febrianto (Persib)
Jajang Mulyana (Bhayangkara United)
Yandi Sofyan (Bali United)***

Baca Juga

Indra Mustafa Memulai Jejak Langkah di Persib

AWAL gelaran Liga 1 musim 2017 sempat membuka asa bagi para pemain muda. Soalnya, ketika itu PSSI menerapkan aturan bahwa semua tim wajib memainkan tiga pemain U-23 sejak awal di setiap laga.

Piala Presiden 2018 Ajang Panaskan Mesin Persib

BANDUNG, (PR).- Gelaran Turnamen Piala Presiden 2018 segera bergulir mulai 19 Januari 2018. Semua tim yang akan ikut serta termasuk Persib Bandung pun kini tengah bersiap untuk menjajal kemampuan di ajang itu.

Followers Bertambah, Ini Kesan Bojan pada Bobotoh

BANDUNG, (PR).- Bek Persib Bandung, Bojan Malisic terkesan dengan keramahan bobotoh. Ia mengaku baru kali ini mendapat sambutan seperti itu sepajang karirnya di klub profesional.

Persib Tahun Depan Didominasi Wajah Lama, Ini Rinciannya

MANAJEMEN Persib akhirnya mengumumkan kontrak pemain yang akan tampil memperkuat skuad Maung Bandung untuk liga musim depan. Komposisi pemain yang akan menghiasi Persib, 80 persen masih dihiasi wajah-wajah lama.