Persib Dominasi Jajaran 10 Pemain Lokal Termahal Liga 1

Ahmad Jufriyanto/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

BANDUNG, (PR).- Predikat pemain termahal di Liga 1 2017 saat ini memang masih dipegang oleh deretan legiun asing. Persib Bandung boleh berbangga karena dua pemain asingnya masuk jajaran paling atas pemain termahal di persepakbolaan negeri ini.

Ya, striker anyar Maung Bandung, Ezechiel N'Douassel kini memegang predikat pemain termahal di Liga 1. Mengacu pada data situs transfermarkt.com, nilai pasar Ezechiel saat ini mencapai 650.000 poundsterling atau sekitar Rp 11,5 miliar.

Ezechiel menggeser rekan setimnya Michael Essien yang sempat memegang predikat itu pada awal musim. Namun penurunan nilai pasar yang drastis dari Rp 14,2 miliar menjadi Rp 8,8 miliar membuat Essien kini hanya berada di urutan kedua bersama pemain Peter Odemwingie (Madura United) dan Marcos Flores (Bali United).

Meksipun demikian soal pemain lokal, Persib Bandung masih kalah jauh dari Persipura Jayapura. Sang striker legendaris Boaz Solossa masih menjadi pemain lokal termahal Liga 1 saat ini.

Nilai pasar Boaz kini mencapai Rp 6,2 miliar dan merupakan yang tertinggi di timnya. Angka itu bahkan mengalahkan pemain asing dalam skuad Persipura seperti Mauricio (Brazil-Rp 2,2 miliar), Jae-Hoon Yoo (Korea Selatan-Rp 1,8 miliar) dan Addison (Brazil-Rp 1,3 miliar).

Meskipun demikian, skuat Persib tetap mentereng karena 5 pemainnya masuk jajaran 10 Besar. Pemain lokal termahal dalam skuad Persib adalah Achmad Jufriyanto, Gian Zola dan Billy Keraf dengan nilai pasar Rp 3,1 miliar.

Dengan nilai itu, mereka tepat berada pada urutan beruntun di bawah Boaz. Namun nilai tersebut masih sama dengan Reva Adi (PSM Makassar), Wahyudi Hamisi dan Riswan Yusman (PBFC) serta Muhammad Marasabessy (Madura United).

Berikut ini adalah daftar pemain lokal dengan nilai pasar termahal Liga 1:

1. Boaz Solossa (Persipura Jayapura)- Rp 6,2 miliar.

2. Ahmad Jufriyanto (Persib Bandung)- Rp 3,1 miliar

3. Reva Adi (PSM Makassar)- Rp 3,1 miliar

4. Gian Zola (Persib Bandung)- Rp 3,1 miliar

5. Febri Hariyadi (Persib Bandung)- Rp 3,1 miliar

6. Fulgensius Billy Paji Keraf (Persib Bandung)- Rp 3,1 miliar

7. Wahyudi Hamisi (Pusamania Borneo FC)- Rp 3,1 miliar

8. Riswan Yusman (Pusamania Borneo FC)- Rp 3,1 miliar

9. Muhammad Marasabessy (Madura United)- Rp 3,1 miliar

10. Atep (Persib Bandung)- Rp 2,7 miliar

Baca Juga

Persib Harus Lihat Gajah di Pelupuk Mata

Skuad Persib Bandung untuk Liga 1 musim 2018 masih tetap menjadi tanda tanya. Kepastian mengenai siapa yang bertahan dan siapa yang akan tergeser masih menunggu keputusan pelatih baru Maung Bandung, Roberto Carlos Mario Gomez.

Harapan Besar Persib Berada di Pundak Roberto Carlos Mario Gomez

SELAIN berbagai faktor nonteknis yang sudah menjadi rahasia umum, semua bobotoh paham betul bahwa sosok pelatih kepala menjadi perma­salahan yang membuat prestasi Persib Bandung kembali menurun sejak meraih gelar juara LSI 2014 dan Piala P