Menyoal Essien, Konate, dan Kombinasi Pemain Persib Tahun Depan

Michael Essien
Michael Essien/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

DALAM waktu dekat, manajemen Persib akan melakukan evaluasi untuk menilai kinerja tim selama berlaga di Liga 1. Dalam evaluasi tersebut juga akan ditentukan masa depan sang marquue player, Michael Essien.

Persib mendatangkan Michael Essien dengan status pemain termahal dalam sejarah liga Indonesia. Namun, kontribusinya dinilai tidak begitu maksimal. Essien tercatat 29 kali tampil dan mencetak 5 gol untuk Maung Bandung.

Agen Essien, Amougou Mathieu menyatakan, hingga kini dia dan Michael Essien masih belum tahu seperti apa kelanjutan kontraknya dengan Maung Bandung. Mereka menunggu hasil evaluasi. Namun, mereka berharap bisa bertahan.

“Kami berharap Michael Essien masih bertahan untuk musim depan tapi kita lihat saja nanti, belum ditentukan,” kata Mathieu seperti dilaporkan situs resmi klub.

Mathieu yakin kehadiran Michael Essien masih akan membawa dampak positif terutama soal transfer ilmu pengalaman kepada pemain muda Maung Bandung. Mantan pemain Chelsea, Real Madrid, dan AC Milan itu dinilai punya segudang pengalaman.

“Mungkin kalau Persib masih butuh pengalaman Michael Essien, semua kami akan urus nanti bersama manajemen,” katanya.

Prestasi Maung Bandung di Liga 1 edisi 2017 memang mengecewakan. Mengusung target juara di awal musim, Maung Bandung mengakhiri musim di posisi ke-13. Persib jadi tim paling sering meraih hasil imbang, yaitu 14 kali.

Bobotoh idamkan Konate

Semenatra itu, Makan Konate dikabarkan akan kembali ke lapangan setelah lama menepi karena cedera. Gelandang asal Mali itu juga dirumorkan akan kembali bermain di Indonesia. Persib jadi tim terdepan yang dikait-kaitkan dengan namanya. Sosok Makan Konate dinilai paling dibutuhkan oleh Maung Bandung setelah terpuruk di Liga 1.

Petinggi Viking Persib Club Yana Umar sangat setuju jika Makan Konate kembali direkrut untuk kompetisi Liga 1 tahun depan. Yana Umar berujar, sosok Makan Konate memang sangat dibutuhkan Persib saat ini.

"Kalau benar sudah sembuh dari cedera, saya sangat setuju Makan Konate kembali ke Persib. Selama ini memang Persib butuh pemain yang bertipikal seperti Makan Konate," ujar Yana Umar. Demikian diwartakan Galamedianews.

Kehadiran Makan Konate diyakini akan memberi dampak positif bagi Maung Bandung tahun depan. Apalagi, Makan Konate dianggap sudah paham kultur dan permainan Maung Bandung.

"Mudah-mudahan kalau benar Makan Konate kembali, bisa mengulang lagi masa indah Persib pada 2014," ucap Yana.

Senior dan muda

Kombinasi pemain senior dan muda di tubuh Maung Bandung sudah terjadi sejak zaman perserikatan. Bahkan di era profesional, keberadaan pemain muda tetap menjadi warna tersendiri yang menjadi potret masa depan sepak bola Indonesia.

Di antara para pemain muda di Persib, hanya ada 4 pemain yang menonjol yaitu Febri Hariyadi, Gian Zola, Henhen Herdiana, dan Billy Keraf. Dari keempatnya, hanya Febri Hariyadi yang bisa tampil reguler. Semenatra sisanya kerap memulai penampilan dari bangku cadangan.

Di luar empat nama tadi, ada juga Achmad Subagja Baasith, ‎Angga Febrianto, Agung Mulyadi, dan Puja Abdillah. Keempatnya mencatatkan menit bermain masing-masing 199, 82, 46 dan 4 menit sepanjang Liga 1 berlangsung.

persib, juara 1994, 1995, liga indonesia,

Mengenai kombinasi pemain senior dan pemain muda bagaimana membentuk sinergi, mantan pemain Persib Yudi Guntara ikut bicara.‎ Gelandang yang pernah mengantarkan Persib juara itu pernah menjadi pemain junior pada zamannya.

"Robby Darwis, Yusuf Bachtiar, Djajang Nurjdaman, ‎Dede Iskanar. Inilah senior kami yang selalu memberikan masukan kepada juniornya bagaimana membangun kekompakan tentang mental dan kerja keras di lapangan sehingga mendapatkan hasil yang selalu diinginkan," kata Yudi lewat pernyataan di akun instagram miliknya, Sabtu 18 November 2017.

"Tapi semua itu tak lepas dari dukungan para bobotoh dan tidak adanya intervensi di dalam tim. Nuhun bobotoh semoga 2018 momen ini terulang kembali," katanya.***

Baca Juga