Persib Petik Hikmah dari 2017, Optimistis di 2018

Persib/DOK. PR

KEKALAHAN pada laga terakhir yang terjadi di kandang sendiri melengkapi derita Persib Bandung di Liga 1 edisi 2017.

Akan tetapi, nasi sudah menjadi bubur dan waktu tak bisa diputar kembali. Hal yang bisa dilakukan saat ini adalah fokus menatap kompetisi musim depan. Banyak sekali hal yang harus dibenahi ke depan, berdasarkan pengalaman pahit yang dialami musim ini.

Satu hal yang paling utama adalah mempersiapkan skuad musim depan. Tak mungkin materi yang ada saat ini masih bisa memenuhi kebutuhan musim depan dengan peta persaingan yang juga pasti mengalami perubahan.

Tak bisa dimungkiri, permasalahan yang satu ini tentunya berimbas pada masuknya pemain baru dan tersisihnya pemain lama. Meski begitu, sejumlah pemain yang selama ini memiliki kontribusi cukup signifikan dengan performa yang stabil masih layak dipertahankan.

Bayangan tim Persib musim depan memang masih jauh untuk diprediksi semua pihak. Akan tetapi, setidaknya isu tentang beberapa pemain yang akan dipertahankan sudah santer terdengar.

Salah seorang pemain lama yang dikabarkan akan tetap menghuni skuad Maung Bandung adalah gelandang bertahan blasteran Jerman, Kim Jeffrey Kurniawan. Gayung bersambut, sang pemain juga sudah menyatakan keinginannya untuk tetap memperkuat Pangeran Biru.

”Terima kasih kepada bobotoh yang sudah memberi dukungan luar biasa musim ini meskipun dengan hasil yang kurang baik yang menimpa tim. Ini adalah ujian bagi kita dan bobotoh tetap hebat mendukung. Hal itu membuat saya sangat bersemangat untuk menghadapi musim depan. Semoga Persib bisa lebih baik dan menjadi juara,” tutur Kim saat ditemui di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu 12 November 2017.

Sampai saat ini, Kim Jeffrey Kurniawan menegaskan bahwa memang belum ada kepastian akan bisa tetap bertahan di Persib untuk musim depan. Namun, dalam waktu dekat akan ada pertemuan dengan manajemen untuk membahas masalah tersebut.

Cedera

Kim Kim Jeffrey Kurniawan menyatakan, sementara ini harus fokus pada pemulihan cedera yang ia alami saat laga kontra Persija di Solo, beberapa waktu lalu. Dokter sudah memprediksi bahwa Kim memang butuh istirahat total setidaknya empat minggu. Ia pun tak bisa turun di laga akhir Liga 1 saat Persib menjamu Perseru Serui.

Terlepas dari hasil negatif yang diraih Persib di laga pamungkas, Kim Kim Jeffrey Kurniawan sangat sedih karena ia hanya bisa menyaksikan rekan-rekannya berjuang dari tribun penonton.

"Rasanya aneh sekali. Ini pertama kali saya harus duduk di tribun. Rasanya gatal ingin menendang bola,” ucapnya.

Terkait kondisi kakinya yang cedera, Kim Kim Jeffrey Kurniawan menegaskan, banyak isu yang beredar di media sosial bahwa ia mengalami cedera sangat parah. Namun, ia tak mau mempermasalahkan hal itu karena ia sendiri yang tahu kondisi sebenarnya.

Menurutnya, cedera yang ia alami tidaklah separah yang santer diisukan. ”Ini butuh waktu pemulihan, tetapi tidak parah apalagi mengancam karier saya,” katanya.

Meski demikian, Kim akan menempuh terapi yang bisa memulihkan kondisi kakinya dalam waktu lebih cepat. Ia pun berencana pulang ke Jerman pada masa liburan kompetisi nanti.

”Minggu depan rencananya pulang ke Jerman untuk sekalian menjalani terapi. Kalau di Indonesia, hanya disarankan untuk istirahat total. Tetapi, di Jerman ada terapi dengan teknologi yang belum ada di sini,” katanya.

Baca Juga

Catatan Sejumlah Mantan Pemain Persib di Tim Barunya

MENGAWALI musim baru, perubahan merupakan hal yang wajar dialami tim sepak bola. Masuknya pemain baru dan keluarnya pemain lama terjadi demi memenuhi kebutuhan tim yang berujung pada target prestasi yang lebih baik.

Pemain Mentereng, Persib Tak Berdaya di Liga 1

BENTUKNYA yang bulat membuat bola akan menggelinding saat ditendang atau dimainkan. Setiap sisinya tak akan pernah terus berada dalam posisi yang sama, sesekali bisa di atas, di bawah, atau di samping.