Efektivitas Laga Kandang Persib di Liga 1 Terendah Dalam Lima Musim Terakhir

Persib/DOK. PR

MENYISAKAN satu laga kontra Perseru Serui dan berada di posisi 12 klasemen sementara Liga 1 2017 menjadi salah satu catatan terburuk sepanjang perjalanan Persib Bandung di ajang Liga Indonesia.

Akan tetapi, kemenangan di laga terakhir Liga 1 bisa sedikit menjadi kado manis bagi bobotoh musim ini.

Tak hanya karena laga tersebut digelar di kandang sendiri, tambahan 3 poin juga membuka peluang bagi Maung Bandung untuk naik ke pe­ringkat ke-11 atau bahkan masuk jajaran 10 besar. Soalnya Maung Bandung yang kini mengantongi 41 poin hanya terpaut dua poin dari Mitra Kukar yang berada di peringkat ke-10.

Selain itu, kemenangan atas Perseru juga akan sedikit memperbaiki catatan kandang Persib yang tak terlalu baik musim ini.

Meski masih memegang rekor tak terkalahkan, laga kandang Maung Bandung di Liga 1 2017 memiliki efektivitas terendah dalam lima musim terakhir.

Deretan hasil imbang beberapa waktu lalu membuat Maung Bandung harus kehilangan banyak poin di kandang sendiri. Dari 16 laga kandang yang sudah dilakoni, Persib hanya meraup 30 poin dari hasil 7 kemenangan dan 9 seri.

Artinya, Maung Bandung sudah kehilangan 18 poin di kandang musim ini. Dengan begitu, efektivitas laga kandang terhadap raihan poin musim ini hanya sekitar 62,5 persen.

Angka itu bahkan jauh lebih rendah ketimbang LSI 2014 ketika Persib hanya melakoni 10 laga kandang dalam dua putaran babak penyisihan wilayah Barat.

Meski sekali menelan kekalahan, ketika itu Maung Bandung meraih 23 poin dari 7 keme­nang­an dan 2 seri sehingga efektivitasnya mencapai 76,67 persen.

Sementara itu, LSI 2013 masih tetap menjadi rekor kandang terbaik Maung Bandung dalam lima musim terakhir dengan efektivitas sampai 86,27 persen. Padahal, ketika itu Maung Bandung juga sekali mengalami kekalahan di kandang.

Musim ini, rekor kandang terburuk memang tak bisa dielakan, kemenangan atas Perseru di laga terakhir setidaknya bisa memperbaiki efektivitas laga kandang Maung Bandung tahun ini menjadi 64,7 persen.

Sebaliknya, jika seri, efektivitas akan turun menjadi 60,78 dan bahkan terjun bebas ke angka 58,82 jika kalah.***

Baca Juga

Indra Mustafa Memulai Jejak Langkah di Persib

AWAL gelaran Liga 1 musim 2017 sempat membuka asa bagi para pemain muda. Soalnya, ketika itu PSSI menerapkan aturan bahwa semua tim wajib memainkan tiga pemain U-23 sejak awal di setiap laga.

Piala Presiden 2018 Ajang Panaskan Mesin Persib

BANDUNG, (PR).- Gelaran Turnamen Piala Presiden 2018 segera bergulir mulai 19 Januari 2018. Semua tim yang akan ikut serta termasuk Persib Bandung pun kini tengah bersiap untuk menjajal kemampuan di ajang itu.

Followers Bertambah, Ini Kesan Bojan pada Bobotoh

BANDUNG, (PR).- Bek Persib Bandung, Bojan Malisic terkesan dengan keramahan bobotoh. Ia mengaku baru kali ini mendapat sambutan seperti itu sepajang karirnya di klub profesional.