Bek Persib Vladimir Vujovic Masuk 10 Besar untuk Urusan Kartu

Vladimir Vujovic/DEDEN IMAN/PR

"PERANG gengsi" Persib kontra Persija Jakarta, 3 November 2017 setidaknya memiliki sisi positif ketika tak terjadi bentrokan antarsuporter yang berujung pada jatuhnya korban.

Akan tetapi, laga tersebut tetap kembali menggoreskan luka bagi Persib dan bobotoh karena kontroversi keputusan wasit yang berujung hasil negatif dan menyakitkan.

Hasil buruk memang bukan kali ini dialami Maung Bandung sepanjang gelaran Liga 1 edisi 2017. Jika dialami dengan penuh semangat fairplay, tentunya bobotoh pun tak akan menganggap kekalahan tersebut sebagai sesuatu yang mencoreng persepakbolaan tanah air.

Di balik semua itu, dampak buruk lain yang harus dirasakan Persib adalah permainan keras Persija, terutama pada babak pertama.

Baru sembilan menit laga berjalan, Kim Jeffrey Kurniawan menjadi korban keganasan tekel Rudi Widodo sehingga tak bisa melanjutkan permainan sejak menit ke-12.

Anehnya, wasit Evans Shaun Robert hanya menghukum Rudi Widodo dengan kartu kuning padahal dampak tekelnya membuat Kim Jeffrey Kurniawan harus menjalani pemulihan hingga enam pekan ke depan. Artinya, Kim Jeffrey Kurniawan akan absen memperkuat Persib hingga akhir musim.

Memasuki babak kedua, giliran Hariono yang juga menderita cedera setelah terlibat benturan dengan salah seorang pemain Persija. Derita semakin lengkap di ujung laga ketika Vladimir Vujovic yang melakukan pelanggaran tak begitu keras justru diusir lewat kartu merah oleh Evans.

Akibatnya, Persib pun harus kehilangan tiga pilarnya itu saat bertandang ke Bontang yang menjadi markas usiran Pusamania Borneo FC, Rabu 8 November 2017. Setelah itu, mungkin hanya Hariono yang masih bisa tampil di laga terakhir saat menjamu Perseru, Sabtu 11 November 2017.

Sama seperti Kim Jeffrey Kurniawan, laga klasik melawan Persija pun menjadi penampilan terakhir Vladimir Vujovic bagi Persib di Liga 1. Namun yang paling menyakitkan bagi pemain asal Montenegro itu adalah mengakhiri musim dengan kartu merah pertama dan terakhirnya.

Selain itu, kartu merah tersebut menambah pajang daftar koleksi kartu yang diterima Vladimir Vujovic musim ini. Ia pun kini masuk daftar 10 Besar pemain dengan hukuman kartu terbanyak di Liga 1 2017.

Dengan koleksi 9 kartu kuning dan kartu merah, Vladimir Vujovic berada di urutan ke-6. Namun koleksinya itu sama dengan pemain PBFC Firdaus Ramadhan dan gelandang PS TNI Manahati Lestusen.

Daftar pemain dengan hukuman kartu terbanyak di Liga 1 2017:

1. SANDI DARMA SUTE (PERSIJA): 12 KARTU KUNING, 2 KARTU MERAH
2. JORGE GOTOR BLAS (MITRA KUKAR): 12 KARTU KUNING
3. SAFRIAL IRFANDI (PS TNI): 10 KARTU KUNING, 1 KARTU MERAH
4. BAYU PRADANA (MITRA KUKAR): 10 KARTU KUNING
5. NELSON ALOM (PERSIPURA): 10 KARTU KUNING
6. VLADIMIR VUJOVIC (PERSIB): 9 KARTU KUNING, 1 KARTU MERAH
7. FIRDAUS RAMADHAN (PBFC): 9 KARTU KUNING, 1 KARTU MERAH
8. MANAHATI LESTUSEN (PS TNI): 9 KARTU KUNING, 1 KARTU MERAH
9. BOAZ T. ERWIN SOLOSSA (PERSIPURA): 8 KARTU KUNING, 1 KARTU MERAH
10. MARC ANTHONY KLOK (PSM): 8 KARTU KUNING, 1 KARTU MERAH***

Baca Juga

Persib Harus Lihat Gajah di Pelupuk Mata

Skuad Persib Bandung untuk Liga 1 musim 2018 masih tetap menjadi tanda tanya. Kepastian mengenai siapa yang bertahan dan siapa yang akan tergeser masih menunggu keputusan pelatih baru Maung Bandung, Roberto Carlos Mario Gomez.

Harapan Besar Persib Berada di Pundak Roberto Carlos Mario Gomez

SELAIN berbagai faktor nonteknis yang sudah menjadi rahasia umum, semua bobotoh paham betul bahwa sosok pelatih kepala menjadi perma­salahan yang membuat prestasi Persib Bandung kembali menurun sejak meraih gelar juara LSI 2014 dan Piala P