#KlipingPR Musim Kawin Pemain Persib, Ini Patut Ditiru yang Masih Pacaran

DOK. PR
Pikiran Rakyat Edisi 14 September 2005.*

14 September 2005. Pikiran Rakyat memberitakan para pemain Persib Bandung yang menikah dalam waktu yang berdekatan. Tidak berlebihan rasanya, jika masa itu pun disebut musim kawin skuad Maung Bandung.

Wartawan Pikiran Rakyat mencatat pernikahan yang berdekatan waktunya ini menunjukkan kekompakan atau kebersamaan. Terlepas dari rencana pernikahan itu memang disengaja atau tidak. Bagaimana pun kekompakan mereka terlihat di lapangan dan juga di luar lapangan.

Ada tiga pemain Persib yang melangsungkan pernikahannya pada September 2005. Pertama, gelandang bertahan Suwita Pata yang telah meminang pujaan hatinya Rita Nurita, dan melangsungkan pernikahan di Garut, Sabtu 3 September 2005.

Kedua, gelandang serang Deden Hermawan menikahi Cita Weningtyas di Kompleks Secapa Hegarmanah, Bandung, Minggu 11 September 2005. Ketiga, pemain depan potensial Persib, Dicky Firasat. Seperti tidak ingin kalah dengan yang lainnya, Dicky menikahi pujaan hatinya, Sri Hamidah di Rancaekek, Senin, 12 September 2005.

"Waahh, kita nggak pernah janjian akan nikah pada bulan yang sama. Mungkin ini adalah jodoh kami yang harus menikah satu dengan yang lainnya dalam jarak tidak terlalu jauh," ungkap Suwita, mengomentari musim kawin pemain Persib tersebut. Bila dibandingkan dengan dua rekannya, Suwita kala itu berusia 31 tahun dan dia menikah tanpa dihadiri pemain Persib lainnya.

Hal itu karena pernikahan Suwita dengan gadis asal "Kota Dodol" itu berlangsung saat tim Persib tengah mempersiapkan diri menghadapi Persija Jakarta di Stadion Lebak Bulus.

"Ya, kami memang telah mempersiapkan tanggal ini jauh-jauh hari. Tapi, tiba-tiba ada perubahan jadwal pertandingan Persib melawan Arema hingga berimbas kepada ketidakhadiran teman-teman lainnya. Tapi tidak apa-apa, yang penting semua berjalan dengan lancar," tutur Suwita.

Perkenalan dengan gadis yang saat ini telah menjadi istrinya itu, kata Suwita, sudah terjalin lama. "Kami kenal di Bandung, saat itu Rita masih kuliah. Ya, mungkin jodoh, semua berjalan lancar," kata Suwita.

Enam tahun memadu kasih

Lain Suwita, lain pula dengan Deden Hermawan. Pemuda kelahiran Garut 24 tahun silam itu mengaku mengenal istrinya saat bergabung dengan klub IPI.

Sudah enam tahun lamanya mereka memadu kasih. Bak gayung bersambut, kisah cinta pemain yang akrab dipanggil Deco itu direstui orang tua Cita. Orang tua Cita merupakan Ketua I Bidang Amatir Persib Bandung, H. Taufik Faturohman.


MANAJER Persib H Umuh Muchtar berfoto bersama  I Made Wirawan yang menikah dengan Rucika Kalra di kediaman Made Wirawan, Desa Dajanrurung Kel. Batu Bulan Kangin, Kec. Sukowati Kab. Gianyar Bali, Rabu (17/10/12).*

Meskipun Deco bisa disebut tidak pernah serius saat di lapangan, tapi ia mengaku cukup tegang juga saat menghadapi pernikahannya itu. Bahkan, Deco mengaku bersyukur akhirnya bisa melangsungkan pernikahan dengan lancar.

"Sekarang ini, saya ingin membawa istri saya bulan madu ke Bali. Itu saja dahulu. Ini mungkin sudah jalan hidup saya. Bisa saling mendukung dan menerima," ungkap Deco.

Patut ditiru

Wartawan Pikiran Rakyat pun menulis, pernikahan ketiga pemain Persib itu, menjadi langkah yang patut ditiru oleh rekan-rekan Persib lainnya. Terutama para pemain Persib yang pada masa itu tengah menjalin cinta.

Beberapa tahun berselang, tentu saja para pemain Persib yang menikah bertambah. Beberapa di antaranya, penjaga gawang Persib, Edi Kurnia atau Edkur. Dia menikah dengan Rosdiana Megawati di Kampung Kebun Kelapa, Desa Kencana, Kecamatan Tanahsaeral, Kota Bogor, Minggu 24 Agustus 2008.

Setelah itu, penjaga gawang Persib I Made Wirawan mempersunting juga gadis yang telah dipacarinya selama delapan tahun, Rucika Kalra di kediaman Made Wirawan, Desa Dajanrurung Kel. Batu Bulan Kangin, Kec. Sukowati Kab. Gianyar Bali, Rabu, 17 Oktober 2012.

Pada 2 Desember 2015, giliran gelandang Persib Bandung M. Taufiq yang menikahi gadis asal Cimahi, Eka Desnasari. Sementara gelandang Persib Bandung Dedi Kusnandar menikah dengan Lerry Alfani pada Minggu 19 Maret 2017.

DEDI KUSNANDAR

Belum lama ini, penjaga gawang Persib Bandung Muhammad Natshir Fadhil Mahbuby yang menikah dengan Irna Maulina Habibah, Minggu, 6 Agustus 2017. Uniknya, pasangan ini harus menunda rencana bulan madu. Pria yang akrab disapa Deden ini langsung bergabung mengikuti sesi latihan yang digelar di Lapangan Sepak Bola Lodaya, Jalan Lodaya, Rabu, 9 Agustus 2017.

Dalam acara resepsi para pemain Persib ini, ada yang mengkhususkan tempat untuk para tamu dari Persib. Hal ini dilakukan untuk menjaga kenyamanan pemain yang kemungkinan besar akan diminta tamu lainnya untuk berfoto bersama. Dengan mengkhususkan tempat itu, para tamu lainnya baru dapat berfoto bersama dengan pemain Persib setelah mereka menikmati santapan yang dihidangkan.***

Baca Juga

Akurasi Umpan Pemain Persib Beragam

SUKSES Raphael Maitimo mencetak hattrick dalam laga menjamu Persegres Gresik United beberapa waktu lalu memang menjadi bukti ketajaman pemain naturalisasi kelahiran Belanda itu.

Latihan Persib Terganggu Helikopter

BANDUNG, (PR).- Latihan terakhir menjelang keberangkatan Persib ke Palembang, diikuti oleh seluruh pemain di Stadion Lodaya, Jumat 1 September 2017. Latihan itu diikuti semua pemain termasuk Tantan dan I Made Wirawan.