Bicara Statistik, Lini Serang Persib Membaik

Selebrasi gol/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

PERUBAHAN jadwal pertandingan, apalagi mendadak, hampir selalu menjadi masalah yang berdampak negatif bagi sebuah tim sepakbola di seluruh dunia. Tidak terkecuali bagi Persib Bandung yang harus batal berangkat ke Samarinda meskipun sudah mengatongi tiket.

Kamis 14 September 2017 PT Liga Indonesia Baru akhirnya mengirimkan surat resmi terkait penundaan laga Pusamania Borneo FC vs Persib yang sedianya digelar Sabtu 16 September 2017. Sanksi yang diterima PBFC membuat pertandingan itu harus dipindahkan ke tempat netral dengan radius minimal 100 kilometer dari markas mereka di Stadion Segiri, Samarinda, pada waktu yang juga akan ditentukan kemudian.

Hal itu tentu saja bisa berimbas pada semangat dan motivasi para pemain Persib yang sudah melakukan persiapan sejak sepekan terakhir. Sebagai obat, tim pelatih pun akhirnya menggelar latihan dadakan dan berencana mengganti jadwal pertandingan resmi Liga 1 pekan ke-24 dengan laga uji coba.

Langkah itu sepertinya sangat positif demi menghindarkan pemain Persib dari kekecewaan berkepanjangan. Apalagi saat ini mereka memang dalam performa yang menunjukan grafik positif.

Catatan statistik

Salah satu kemajuan terbesar yang dialami Persib saat ini adalah ketajaman dan produktitifas lini serang. Kemajuan yang memang dinantikan sejak terpuruknya Maung Bandung di putaran pertama.

Berbicara soal lini serang, kemajuan pesat bisa dilihat dari jumlah tembakan dan tembakan ke arah gawang yang dicatat para pemain dalam enam laga putaran kedua. Jumlahnya melebihi setengah dari catatan pada putaran pertama.

Pada putaran pertama, Persib tercatat melakukan total 123 tembakan di mana 49 di antaranya mengarah ke gawang. Dengan akurasi 39,84 persen, tak heran jika dari 17 pertandingan, Persib hanya mampu mencetak 16 gol.

Sementara itu pada putaran kedua, hanya butuh enam laga bagi persib untuk mengemas 15 gol atau hanya terpaut satu gol dari putaran pertama. Hadirsnya sosok striker murni rupanya membuat Maung Bandung semakin garang dengan melesatkan total 62 tembakan dengan 29 yang mengarah ke gawang.

Jumlah total tembakan tersebut mencapai 50 persen dari putaran pertama dan yang mengarah ke gawang pun mencapai 59,18 persen dibandingkan putaran pertama. Begitu juga tingkat akurasinya melonjak sampai 46,77 persen, sehingga berbuah lebih banyak gol.

Meskipun demikian secara keseluruhan selama Liga 1, Persib baru mencatat 78 kali tendangan yang mengarah ke gawang atau 42,16 persen akurat karena total tembakannya mencapai 185 kali.

Jumlah itu masih sangat jauh dari PSM Makasar, Bhayangkara FC dan Madura United yang kini masih menempati peringkat tiga besar tim dengan tembakan ke arah gawang paling banyak. Dari total 261, tembakan PSM tercatat 131 kali mengarah ke gawang lawan atau akurasinya sekitar 50,19 persen.

Di peringkat kedua, Bhayangkara FC memang baru melesatkan 127 tembakan ke arah gawang lawan. Namun dengan total tembakan yang hanya 248 kali, akurasi mereka justru mencapai 51,21 persen.

Sementara Madura United kini mencatat total 257 tembakan. Dari jumlah itu, 122 kali atau 47,47 persen tembakan mereka mengarah ke gawang.

Catatan tim Liga 1

Berikut data total tembakan dan tembakan ke arah gawang, tim Liga 1 2017 sampai pekan ke-23 :

- PSM
total tembakan 261
tembakan ke gawang 131

- Bhayangkara
total tembakan 248
tembakan ke gawang 127

- Madura united
total tembakan 257
tembakan ke gawang 122

-  Persipura
total tembakan 243
tembakan ke gawang 122

- Bali United
total tembakan 241
tembakan ke gawang 115

- Mitra Kukar
total tembakan 209
tembakan ke gawang 110

- PS TNI
total tembakan 235
tembakan ke gawang 114

- Persela
total tembakan 230
tembakan ke gawang 105

- Barito Putera
total tembakan 207
tembakan ke gawang 100

- Sriwijaya FC
total tembakan 197
tembakan ke gawang 94

- PBFC
total tembakan 212
tembakan ke gawang 89

- Persija
total tembakan 223
tembakan ke gawang 87

- Semen Padang
total tembakan 209
tembakan ke gawang 81

- Arema
total tembakan 194
tembakan ke gawang 78

- Persib
total tembakan 185
tembakan ke gawang 78

- Persegres
total tembakan 180
tembakan ke gawang 76

- Persiba
total tembakan 179
tembakan ke gawang 73

- Perseru
total tembakan 106
tembakan ke gawang 35

Baca Juga

Catatan Pertandingan di Liga 1 dari Tiga Pelatih Persib

SAMUDRA kompetisi Liga 1 diarungi Persib Bandung dengan tidak mudah. Sejak sauh diangkat dan layar mulai dikembangkan pada laga perdana, Arema FC langsung menjadi ombak pertama yang menghadang kapal mereka.

Persib Lebih Banyak Raih Hasil Negatif di Kalimantan

KEKECEWAAN dirasakan pemain, bobotoh, dan awak media ketika PT Liga Indonesia Baru tiba-tiba mengeluarkan keputusan untuk memundurkan jadwal pertandingan antara Pusamania Borneo FC atau PBFC dan Persib Bandung yang sedianya digelar Sabtu 1

Pertahanan Persib Terkuat Setelah Persija

BERADA di posisi ke-10 klasemen sementara Liga 1, Persib Bandung hampir dipastikan tak bisa meraih gelar juara. Bahkan, untuk mengakhiri musim di peringkat lima besar pun langkah Maung Bandung diprediksi akan tertatih.