Persib Masih Tim yang Paling Sportif

Persib/DOK. PR

BANDUNG, (PR).- Hingga pekan ke-23 Liga 1 2017, Persib Bandung masih menjadi salah satu tim paling sportif dan disiplin yang tak pernah mendapatkan satu pun kartu merah. Selain Persib, tim lain yang belum pernah diganjar kartu merah adalah Persiba. Namun, Persiba telah mengantongi 48 kartu kuning atau lebih banyak dari Persib yang baru mendapat 44 kartu kuning.

Meskipun demikian, sesedikit apa pun kartu kuning tetap mendatangkan kerugian bagi suatu tim, tidak terkecuali bagi Persib. Jika sudah terakumulasi sejak kartu kuning ketiga dan selanjutnya pada jumlah ganjil, seorang pemain tak bisa memperkuat timnya untuk satu pertandingan berikutnya.

Menghadapi pekan ke-24 di mana harus melawat ke kandang Pusamania Borneo FC, Maung Bandung juga merugi karena harus kehilangan dua pemain intinya sekaligus akibat akumulasi kartu kuning. Kali ini tak tanggung-tanggung, dua pemain sekaligus yaitu Michael Essien dan Tony Sucipto harus absen di Samarinda.

Sang marquee player Essien mendapat kartu kuning kelimanya pada menit ke-80 laga Persib vs Semen Padang di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu, 9 September 2017 lalu. Dengan begitu ia mendapat sanksi la­rangan tampil untuk kedua kalinya setelah harus absen juga di la­ga Persib melawan Persegres, 20 Agustus 2017 lalu.

Di pertandingan dan menit yang sama, Tony pun dihadiahi kartu kuning ketiga selama penampilannya di Liga 1 2017. Ini merupakan kali pertama Tony harus absen akibat akumulasi kartu kuning pada musim ini.

Absennya Essien dan Tony saat Persib dijamu PBFC nanti merupakan kedua kalinya Persib harus kehilangan dua pemain se­kaligus akibat akumulasi kartu kuning. Sebelumnya, Persib juga harus kehilangan Achmad Jufriyanto dan Raphael Maitimo pada lawatan mereka ke markas Perseru, 29 Juli 2017.

Hal itu diakibatkan kartu kuning yang diterima Jupe dan Maitimo pada laga panas Persib melawan Persija di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, 22 Juli 2017. Jupe mendapat kartu kuning pada menit ke-58, sedangkan Maitimo menit ke-69.

Bagi Jupe, kartu kuning di laga itu merupakan yang ke-5 sepanjang penampilannya di Liga 1. Sementara bagi Maitimo, itu merupakan yang ketiga.

Meskipun demikian, secara keseluruhan, Persib tercatat sudah 9 kali harus kehilangan pemainnya akibat akumulasi kartu. Dalam 9 laga itu, ada 6 pemain yang harus bergiliran absen yaitu Vladimir Vujovic, Achmad Jufriyanto, Dedi Kusnandar, Raphael Maitimo, Michael Essien, dan Tony Sucipto.

Berikut laga di mana Persib harus kehilangan pemain kunci akibat akumulasi kartu kuning :
1. Pekan ke-9 Bhayangkara FC vs Persib: Vladimir Vujovic 
2. Pekan ke-10 Persib vs Persiba: Achmad Jufriyanto
3. Pekan ke-13 Madura United vs Persib: Vladimir Vujovic 
4. Pekan ke-14 Persib vs Persela: Dedi Kusnandar 
5. Pekan ke-17 Perseru vs Persib: Achmad Jufriyanto, Raphael Maitimo
6. Pekan ke-19 Arema vs Persib: Dedi Kusnandar 
7. Pekan ke-20 Persib vs Persegres: Michael Essien 
8. Pekan ke-21 Persipura vs Persib: Vladimir Vujovic 
9. Pekan ke-24 PBFC vs Persib: Michael Essien, Tony Sucipto

Baca Juga