Amankan Poin Main Kandang, Persib Pasang Penuh Ezechiel N'Douassel

Pemain Persib Ezechiel N'Douassel/EDITIO MUHAMMAD

BANDUNG, (PR).- Meski tidak secara eksplisit, Caretaker Pelatih Persib Bandung Herrie Setyawan memberikan sinyal bahwa ia akan menurunkan penuh striker barunya Ezechiel N'Douassel. Persib akan menjamu Persegres Gresik United di Stadion Si Jalak Harupat, Minggu, 20 Agustus 2017.

Apalagi dengan absennya Michael Essien yang terakumulasi kartu kuning, Herrie kemungkinan akan menarik Raphael Maitimo kembali ke posisi aslinya sebagai gelandang serang.

Herrie mengatakan, ia sudah menyiapkan anak asuhnya secara maksimal untuk menjamu Persegres. "Dengan motivasi tim tamu untuk mencuri poin memang tidak mudah. Tetapi kami juga pasti berusaha mengamankan tiga poin di kandang," katanya dalam konferensi pers di Graha Persib, Jln. Sulanjana Kota Bandung, Sabtu, 19 Agustus 2017.

Menurut Herrie, motivasi tim tamu jelas membuat timnya harus bekerja ekstra keras di lapangan. Namun saat ini Persib siap tampil dengan kekuatan penuh di mana semua pemain siap diturunkan.

Herrie tidak menampik jika Essien, Tantan, dan I Made Wirawan masih belum bisa diturunkan. Namun ia sudah menyiapkan skema pengganti ketiga pilar Maung Bandung itu.

Herrie sebenarnya enggan membeberkan lebih jauh soal strategi yang akan ia terapkan secara detil. "Kita lihat saja besok di lapangan seperti apa," ucapnya.

Meskipun demikian, Herrie sempat menegaskan bahwa kondisi Ezechiel N'Douassel  saat ini sudah siap tempur. Bahkan daya adaptasi yang relatif cepat, membuat striker asal Chad itu sudah terbilang padu dengan rekan-rekannya selama sesi latihan yang telah dijalani.

Ditanya mengenai optimalisasi bola-bola mati, Herrie menampik jika hal itu akan menjadi senjata utama Persib untuk menaklukan Persegres. Namun ia tak mengakui bahwa skenario itu pun disiapkan untuk mencuri gol sebanyak mungkin, karena berkali-kali bola mati memang selalu menjadi kunci kemenangan Persib atas tim tersebut.

Apapun strateginya nanti, yang pasti Herrie menjamin bahwa anak asuhnya telah diinstruksikan untuk bekerja keras di lapangan. Sekuat atau selemah apapun kondisi lawan, kerja keras tetap diakui menjadi kunci kesuksesan sebuah tim dalam pertandingan.

Maitimo isi poisisi Essien

Terkait kekosongan posisi yang ditinggalkan Essien, Herrie masih merahasiakan pemain pengganti yang tengah disiapkan. Namun sinyal untuk menurunkan Ezechiel N'Douassel membuat Maitimo diprediksi akan mengisi posisi tersebut.

Seperti diketahui, Maitimo sebenarnya memang berposisi sebagai gelandang serang. Namun ketiadaan sosok striker murni, selama ini membuat dirinya lebih sering diplot sebagai ujung tombak.

Prediksi tersebut ternyata dibenarkan oleh Kim Jefrey Kurniawan yang dalam dua laga terakhir selalu dipasang sebagai starter. "Saya sudah tahu yang disiapkan untuk mengisi posisi Essien adalah Maitimo. Jadi saya tetap akan bermain sebagai gelandang bertahan," ujarnya.

Seperti diketahui, Kim memang pemain gelandang serba bisa. Meski berposisi asli sebagai gelandang bertahan, ia tak jarang digeser ke agak depan ketika Hariono dimasukan.***

Baca Juga

Pemain Mentereng, Persib Tak Berdaya di Liga 1

BENTUKNYA yang bulat membuat bola akan menggelinding saat ditendang atau dimainkan. Setiap sisinya tak akan pernah terus berada dalam posisi yang sama, sesekali bisa di atas, di bawah, atau di samping.

Ini Lima Pemain Persib yang Paling Lama Bermain

LEBIH seringnya Atep dan Hariono duduk di bangku cadangan selama gelaran Liga 1 2017, ban kapten Persib Bandung pun semakin sering disandang oleh bek tengah andalan, Achmad Jufriyanto.