Persib vs Gresik United, Peluang Maung Bandung Genapkan Kemenangan

Persib vs Persegres Gresik United/DWI SETYADI/PR

MINGGU 20 Agustus 2017 merupakan kali kesepuluh Persib Bandung akan berhadapan dengan Persegres Gresik United di ajang Liga Indonesia. Dari 9 laga sebelumnya, Persib masih lebih unggul karena berhasil membukukan 6 kemenangan, sedangkan Gresik hanya menang 3 kali dan uniknya tak pernah sekali pun hasil seri terjadi.

Sejak awal keikutsertaannya dalam ISL 2011-2012, Gresik United sebenarnya tak begitu diperhitungkan dan memang prestasinya tak begitu gemilang dari musim ke musim. Namun, hampir setiap musim, Gresik selalu menjadi ganjalan bagi Maung Bandung ketika harus bertandang ke markas mereka.

Sepanjang pertemuannya di Stadion Petrokomia, Persib hanya dua kali menang. Setelah pertama kali mencukur mereka 4-1 pada ISL 2014, musim ini Persib kembali menaklukkan Gresik di stadion yang sama.

Artinya, Liga 1 2017 merupakan peluang bagi Persib untuk kembali menggenapkan dua kemenangan atas Gresik United dalam satu musim. Sementara itu, Shohei Matsunaga tercatat sebagai pemain Persib yang pernah menjebol gawang gawang Maung Bandung saat memperkuat Gresik United musim 2014.

Fakta unik lainnya dalam pertemuan Persib vs Gresik United adalah belum pernah ada satu pemain pun di kubu Gresik yang pernah lebih dari satu kali mencetak gol ke gawang Maung Bandung. Sebanyak 9 gol Gresik diciptakan oleh pemain berbeda mulai dari Gaston Castano, Uston Nawawi, Sultan Samma, Siswanto, Ahmad Sambiring, Shohei Matsunaga, Pedro Velasquez, Patrick Roberto hingga Yusuf Effendi.

Di kubu Maung Bandung, Ferdinand Sinaga, Atep, dan M Ridwan pernah mencetak lebih dari satu gol ke gawang Gresik United.

Perkembangan Ezechiel

Menjelang pertandingan pekan ke-20 Liga 1, skuad Persib kembali melakukan latihan rutin sebelum menghadapi Persegres Gresik United.

Caretaker pelatih Persib Herrie Setyawan pun mulai menggenjot fisik dan teknik pemain. hal itu dilakukan supaya bisa meraih poin penuh pada pertandingan nanti, termasuk melihat perkembangan striker anyar Persib, Ezechiel Aliadjim N’Douassel.

”Ezechiel sedikit demi sedikit ada progres untuk adaptasi. Namun, dia masih harus perlu adaptasi lagi dengan pemain. Dilihat hasil sampai sekarang, dia baru saja datang setelah dilepas dan selama ikut latihan mulai terlihat perkembangannya,” tuturnya di Mes Persib, Jalan Ahmad Yani, Rabu 16 Agustus 2017.

Herrie mengatakan, tim  baru kembali latihan selama dua hari setelah sebelumnya diliburkan usai pertandingan tandang melawan Arema FC. laga dilangsungkan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu 12 Agustus 2017.

“Dua hari latihan ada progreslah untuk adaptasi, fisik juga sedikit ada kenaikan. Kami masih butuh waktu untuk menyatukannya, makanya selalu kami set ada gim di setiap latihan. Komunikasi juga tidak terlalu sulit,” katanya.
Sementara  untuk memperingati Hari Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia, tim Persib meliburkan pemainnya, Kamis 17 Agustus 2017. Atep dan kawan-kawan akan kembali berlatih pada Jumat 18 Agustus 2017.

Sebelum libur, Herrie sudah memberikan bekal berupa program latihan mandiri. "Hari ini (Rabu), intensitas latihan kami meningkat. Soalnya, besok (Kamis) libur, tetapi kami tetap berikan tugas menjaga kebugaran," ujarnya.

Pada latihan nanti, selain pemantapan menjelang pertandingan juga akan dilakukan simulasi gim internal. Hal itu dilakukan untuk menerapkan skema dan strategi saat menghadapi Persegres Gresik United di Jalak Harupat.

Hasil maksimal

Saat ini posisi Persib masih berada di posisi ke-12 dengan 25 poin dari 6 menang, 7 seri, dan 6 kalah. Sementara Persegres Gresik United berada di dasar klasemen sementara. Sejauh ini mereka meraih 7 poin dari 1 kali menang, 4 kali seri, dan 14 kali kalah.

Herrie optimistis dengan sisa waktu yang ada, timnya tetap bisa dimaksimalkan untuk menghadapi pertandingan nanti. "Target kami selalu ingin hasil maksimal. Mudah-mudahan kami bisa menang," tuturnya.***

Baca Juga

Akurasi Umpan Pemain Persib Beragam

SUKSES Raphael Maitimo mencetak hattrick dalam laga menjamu Persegres Gresik United beberapa waktu lalu memang menjadi bukti ketajaman pemain naturalisasi kelahiran Belanda itu.