Persib U-19 Kalahkan Persija U-19, Pemain Terpancing Emosi

Persib/DOK. PR

CIMAHI, (PR).- Persib U-19 kembali meraih kemenangan keduanya secara beruntun pada lanjutan Liga 1 U-19 setelah mengalahkan rivalnya, Persija, dengan skor 2-1 pada pertandingan di Lapangan Sepak Bola Dikjas, Cimahi, Minggu 16 Juli 2017.

Persib sempat tertinggal 0-1 pada babak pertama setelah pemain tengah Persija Ammarsyahdi Alhayandi Hamid mengoyak gawang Maung Ngora yang dijaga Ade Candra Sena pade menit ke-12.

Maung Ngora akhirnya bisa membalikkan keadaan pada babak kedua berkat dua gol yang dicetak Beckham Putra Nugraha menit ke-70 dan Muchamad Wildan Ramadhani Nugraha menit ke-75.

Dengan hasil itu, tim asuhan Budiman tersebut untuk sementara menempati posisi puncak klasemen Grup 1 dengan nilai 6 dari dua kali kemenangan. Persib menggeser posisi Sriwijaya FC dan Bhayangkara FC yang sebelumnya menempati posisi pertama dan kedua. 

Pertandingan yang dipimpin wasit Roring Situmerang asal Medan itu diwarnai empat kartu kuning, dua untuk pemain Persib Ceceng Ahmad Zakaria (menit ke-310 dan Hafiz al Faridzi (menit ke-4), serta dua untuk pemain Persija, Erry Risyad Ibrahim (13) dan Mario Nurcahyo (36).

Tampil dihadapan bobotoh, Persib sempat kewalahan menghadapi serangan cepat yang dibangun para pemain Persija pada babak pertama. Drey Buyung Panyalay dkk. beberapa kali bisa menembus pertahanan Persib.

Menit ke-12, Persija justru dapat lebih dulu unggul 1-0 ketika bola yang ditendang Ammarsyahdi Alhayandi Hamid, setelah memanfaatkan umpan Mario, gagal dihalau penjaga gawang Persib Ade Candra Sena.

Gol tersebut memicu para pemain Persib untuk bisa membalasnya. Namun, meski beberapa kali bisa menciptakan peluang, Maung Ngora justru gagal menyamakan kedudukan hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, Persib justru bisa mendominasi jalannya permainan. Mengandalkan serangan dari sayap kanan, mereka dapat dengan leluasa menebus pertahanan Macan Kemayoran.

Menit ke-70, Persib akhirnya bisa menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui gol yang diciptakan Beckham Putra Nugraha setelah memanfaatkan tendangan bebas Mario Jardel. Gol tersebut semakin memotivasi tim tuan rumah.

Hasilnya, lima menit kemudian giliran Muchamad Wildan Ramdhani Nugraha yang bisa membobol gawang Persija yang dikawal Muchammad Alfarisi setelah memanfaatkan umpan akurat Beckham, sehingga skor berubah menjadi 2-1.

Lima menit jelang babak kedua berakhir, Persib terus mencoba melakukan penetrasi ke dalam pertahanan Persija. Namun, meski bisa mencetak dua peluang, Persib tidak mampu menambah pundi-pundi gol sehingga skor 2-1 tidak berubah hingga pertandingan berakhir.

Emosi terpancing

Pelatih Persib U-19 Budiman mengatakan, pada babak pertama emosi para pemainnya mudah terpancing sehingga kerap terburu-buru dalam penyelasaian akhir. ”Alhamdulillah hari ini tim akhirnya bisa memenangkan pertandingan walaupun dengan susah payah, karena pertandingan ini penuh dengan emoasi, mungkin karena lawn Persija ini syarat adu gengsi,” katanya.

Setelah sempat kecolongan pada babak pertama, Budiman menginstruksikan kepada para pemainnya untuk bermain lebih tenang dan menjaga emoasi. Hasilnya, pada babak kedua mereka bisa mejalankan instruksi dengan baik.

”Setelah gol Beckham, motivasi dan semangat anak-anak bisa bengkit kembali. Mereka semakin bersemangat dan Wildan juga akhirnya bisa mencetak gol. Ini jadi motivasi untuk menghadapi pertandingan selanjutnya melawan Bhayangkara,” ujarnya.

Pelatuh Persija Jan Bonardin Saragih menyatakan kurang puas melihat penampilan timnya pada pertandingan ini. Namun, dia mengapresiasi penampilan anak asuhnya yang bisa mencetak gol dan menciptakan beberapa peluang pada babak pertama.  

”Kami mendapat tekanan dan mencoba keluar dari tekanan dan ini konsekuensi dari pertandingan, kedua juga ketegasan wasit sangat penting, saya melihat wasit kurang tegas, ini pembinaan sepak bola, saya tidak meminta apapun, hanya ketegasan wasit yang membuat saya kurang puas,” tuturnya.***

Baca Juga

Persib Gagal Menang, Djanur Minta Maaf

BANDUNG, (PR).- Impian Persib Bandung untuk bisa meraih poin penuh di kandang akhirnya sirna seketika setelah skuad asuhan Djadjang Nurdjaman tersebut hanya mampu meraih hasil imbang saat ditahan tamunya, Persela Lamongan 1-1.

Herrie Setyawan Persib

Caretaker Pelatih Persib Asah Otak Susun Program

BANDUNG, (PR).- Ditunjuk oleh manajemen sebagai caretaker Pelatih Persib, setelah mundurnya Djadjang Nurdjaman, membuat Herrie Setyawan mencoba untuk memaksimalkan kekuatan yang ada dengan menyusun program yang telah dirancang sebelumnya.

Djadjang Nurdjaman

Siapa Pengganti Sementara Djadjang Nurdjaman di Persib?

BANDUNG, (PR).- Setelah mundurnya Djadjang Nurdjaman dari kursi pelatih kepala, Persib Bandung pun langsung bergerak cepat menyiapkan pengganti sementara pelatih yang pernah membawa Maung Bandung menjadi juara ISL 2014 dan Piala Presiden 2