Persib Ditekuk Barito Putera, Djanur: Ini untuk Pertama Kalinya

Barito Putera vs Persib/ARIF HIDAYAH/PR
PEMAIN depan Persib Bandung Carlton Cole berebut bola dengan Kiper Barito Putera Aditya Harlan dalam pertandingan Liga I di Stadion 17 Mei Samarinda, Minggu 18 Juni 2017. Persib kalah dengan skor akhir 0-1 setelah Barito Putera membobol gawang Maung Bandung yang dijaga I Made Wirawan.*

BANJARMASIN, (PR).- Rapor suram Persib Bandung pada laga tandang Liga 1 musim 2017 masih berlanjut. Maung Bandung menelan kekalahan tandang untuk ketiga kalinya setelah dipukul 0-1 oleh Barito Putera pada laga pekan ke-11 di Stadion 17 Mei Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Minggu 18 Juni 2017.
 
Gol tunggal hasil tembakan jarak jauh gelandang serang asal Argentina Matias Jesus Cordoba menit ke-64 menjadi penyebab tumbangnya Persib. 

Kekalahan itu sekaligus mengakhiri catatan bagus Maung Bandung yang pada enam pertemuan sebelumnya sejak 2013 tak pernah kalah dari Barito Putera.

Akibat kekalahan ini, posisi Persib di klasemen kembali melorot. Maung Bandung kini berada di peringkat 12 dengan 16 poin, satu strip di bawah Barito Putera yang punya poin sama namun unggul selisih gol.

"Untuk pertama kalinya kami kalah dari Barito. Biasanya dapat poin di sini (Banjarmasin), sekarang pulang dengan tangan kosong. Pertandingan sebenarnya tidak terlalu ketat, saling serang. Namun memang performa kami hari ini tidak sesuai rencana," ujar Pelatih Persib Djadjang Nurdjaman seusai pertandingan.

Pelatih Barito Putera Jacksen F Tiago menilai, kemenangan ini tidak lepas dari pengetahuan cukup baik akan gaya bermain Persib. Menurut dia, laga Persib yang selalu disiarkan secara langsung membuat dia bersama tim pelatih dan tim analisis dapat merumuskan antistrategi untuk menghadapi Maung Bandung. 

"Para pemain disiplin menjalankan perannya. Tapi ini juga menarik dari sisi taktik. Pertandingan Persib disiarkan terus, jadi kami bisa Pelajari cara mereka. Tim analisis juga membantu," ujar Jacksen.

Sergio Cedera

Pada babak pertama, laga berjalan ketat. Persib yang tampil ofensif di kandang lawan harus kehilangan Sergio van Dijk. Pemain yang baru pulih dari cedera itu harus keluar lapangan karena mengalami cedera.

Sergio digantikan oleh Carlton Cole saat laga baru berusia 14 menit. Tak ayal, keluarnya Sergio mengubah skema permainan Maung Bandung. Persib hanya mampu melepaskan satu peluang pada babak pertama melalui aksi Gian Zola menit ke-33.

Di kubu tuan rumah, Barito Putera harus bermain defensif saat menerima gempuran Maung Bandung pada menit-ment awal pertandingan. Namun, barito Putera perlahan mulai bisa menguasai pertandingan dan melancarkans ejumlahs erangan.

Setidaknya, ada tiga ancaman yang menerjang gawang I Made Wirawan pada babak pertama.***
 

You voted 'marah'.

Baca Juga