Hadapi Barito Putera, Hal Ini yang Bikin Pelatih Persib Pusing

Persib berlatih jelang laga kontra Barito Putera/ARIF HIDAYAH/PR
PARA pemain Persib berlatih saat uji coba lapang di Stadion 17 Mei, Jalan H Zafri Zam Zam, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Sabtu 17 Juni 2017. Persib akan menghadapi Barito Putera dalam laga Liga 1, Minggu 18 Juni 2017 malam.*

BANJARMASIN, (PR).- Kecuali gelandang Dedi Kusnandar yang terkana sanksi akumulasi kartu, Persib Bandung bisa menunkan seluruh pemain terbaiknya untuk menantang Barito Putera. Pertandingan pekan ke-11 Liga 1 itu akan digelar di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, Minggu 18 Juni 2017. Namun, tumpulnya lini serang masih menjadi beban paling memusingkan bagi Pelatih Djadjang Nurdjaman.

Kembalinya Achmad Jufriyanto akan membuat lini belakang tangguh bersama Vladimir Vujovic, Supardi Nasir, dan Tony Sucipto. I Made Wirawan yang tampil apik pada laga mutakhir besar kemungkinan akan kembali mengawal gawang.

Di lini tengah Persib, Hariono akan menjadi penyaring pertama serangan lawan bersama gelandang bertahan muda Ahmad Basith.

Michael Essien diplot sebagai gelandang serang Persib. Dua pemain muda andalan Tim Nasional U-22, Gian Zola dan Febri Hariyadi bisa kembali tampil. Keduanya diplot menyerang di sisi sayap untuk menyokong penyerang tunggal.

Pada posisi inilah, Djanur cukup dibuat pusing memilih salah satu di antara Carlton Cole, Sergio van Dijk, Shohei Matsunaga, atau Tantan. Tidak satupun dari keempat penyerang itu tampil memukau di atas lapangan sejauh ini. Mereka belum sekalipun bikin gol alias gagal menunaikan kodratnya sebagai seorang penyerang.

"Ya, pada posisi itu (penyerang) kami masih bermasalah karena kinerja penyerang kami memang tidak sesuai harapan. Kami punya dua striker murni (Sergio dan Cole) yang bermasalah dengan kondisi (ketahanan) fisik sementara Tantan dan Matsunaga yang dicoba mengisi posisi itu tidak maksimal karena memang bukan posisi asli mereka," ujar Djanur kepada Pikiran Rakyat seusai sesi uji coba lapangan di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, Sabtu 17 Juni 2017.

Meskipun tak punya striker dengan insting dan kualitas predator, Djanur menegaskan timnya sudah menyiapkan skenario untuk mencetak gol. Lantaran striker sulit diharapkan, para pemain dari lini tengah akan menjadi tumpuan.

Maung Bandung punya deretan gelandang berkualitas dengan kemampuan bikin gol cukup baik. Buktinya, 8 dari total 9 gol produksi Persib  dicetak oleh para gelandang, yakni Michael Essien (2 gol), Atep (2 gol), Febri Hariyadi (1), Raphael Maitimo (1), Gian Zola (1), dan Billy Keraf (1).***

Baca Juga