Persib Lupakan Rekor Hadapi PS TNI

PS TNI vs Persib/DWI SETYADI/PR

SEPASANG kemenangan dengan total produksi tujuh gol tanpa pernah kebobolan adalah bukti superioritas Persib Bandung atas PS TNI pada kompetisi musim 2016. Catatan impresif itu pula yang bikin Maung Bandung tetap diunggulkan dalam duel melawan PS TNI. Persib berstatus sebagai tamu pada laga kedua Liga 1, di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Sabtu 22 April 2017 pukul 18.30 WIB. 

Akan tetapi, kesanggupan PS TNI mengimbangi Pusamania Borneo FC 2-2 di arena yang sama pada laga pekan pertama Liga 1 menjadi isyarat level mereka saat ini sudah berbeda. Apalagi, amunisi PS TNI juga kini berbeda. Musim lalu mereka merupakan satu-satunya tim yang tak menggunakan jasa pemain impor. Hal itu membuat mereka acap babak belur saat berduel dengan tim-tim dengan deretan pilar asing, salah satunya oleh Persib. 

Pada dua pertemuan Indonesia Soccer Championship 2016, PS TNI selalu dihajar Persib dengan skor telak, yakni 0-3 di Bogor, lalu dipermalukan 0-4 saat  bertamu ke Bandung. Namun memang, berbeda dengan musim lalu. Untuk bersaing dalam ketatnya persaingan kompetisi Liga 1, PS TNI kini sudah diperkuat para pemain asing. 

Bek asal Guinea Aboubacar Leo, gelandang energik Korea Selatan Hong Soon Hak, dan penyerang Guinea Abobacar Sylla menjadi bagian amunisi skuat yang kini dipimpin pelatih asal Prancis, Laurent Hatton.

Dengan kondisi itu, penyerang senior Persib Tantan menegaskan, Maung Bandung harus melupakan kedigdayaan masa lalu. PS TNI saat ini lebih kompetitif. Andaikan terlena, Persib malah mungkin saja tertahan atau bahkan menelan kekalahan.

"Mereka sekarang sudah berbeda, punya pemain lokal baru dan juga diperkuat beberapa pemain asing. Pelatihnya juga berbeda, asing. Sudah seharusnya kami melupakan rekor selalu menang dan mencetak banyak gol pada pertemuan tahun lalu. Jika jemawa, malah bisa jadi bumerang untuk kami sendiri," ujar Tantan.

Menurut pemain berusia 34 tahun itu, setelah kegagalan meraih kemenangan kontra Arema, ada beban dan tekanan besar yang dirasakan seluruh pemain. Menghadapi PS TNI, hasil selain kemenangan akan sulit ditoleransi bobotoh. tentu saja hal itu juga bisa mempersulit perjalanan Maung Bandung dalam perburuan gelar juara.

"Tekanan itu manusiawi, pasti ada. Tapi lebih baik tidak memikirkannya, fokus saja ke pertandingan ini. Saya juga tidak mau berpikir terlalu jauh seandainya kami gagal menang lagi. Yang pasti, jalani laga satu demi satu saja," tuturnya.

Persib akan kehilangan sejumlah pemain pada laga ini. Salah satunya adalah Febri Hariyadi. Kehilangan pemain sayap berumur 21 tahun yang terkenal dengan kecepatannya itu dipastikan akan mereduksi agresivitas penyerangan khususnya di sektor sayap kanan.

Pemain muda lainnya yang baru promosi, Agung Mulyadi diproyeksikan untuk mengisi peran Febri. Akan tetapi, risiko demam panggung pemain muda anyar cukup besar. Apalagi pada pertandingan kompetisi tertinggi. Di titik inilah, Tantan diprediksi menjadi senjata harapan Persib pada 45 menit kedua pertandingan. Pemain asal Lembang itu pun menegaskan, meski pada pertandingan pertama hanya menonton di bangku cadangan tanpa merasakan menit berlaga, dia dalam kondisi prima. Dia siap meladeni permainan keras yang menjadi karakter Manahati Lestusen dan kawan-kawan.

"Kondisi saya tidak ada masalah, setiap hari latihan normal dengan tim. Soal tidak main kemarin, itu pertimbangan taktik pelatih dan juga mungkin karena ada regulasi pemain muda. Kalau memang melawan PS TNI nanti dimainkan, tentunya saya siap, termasuk meladeni permainan keras mereka. Kami tidak boleh sampai kalah oleh permainan keras lawan," ujar Tantan.

Kendati usianya tidak muda lagi, Tantan masih menawarkan akselerasi yang bisa membahayakan lini pertahanan lawan. Pengalaman dan determinasi Tantan  dari sektor sayap kanan maupun ketika diplot sebagai striker tunggal bisa menjadi opsi bagi lini serang Persib yang dipastikan tak akan diperkuat Febri dan Sergio van Dijk.***

You voted 'tidak peduli'.

Baca Juga

Persib Dalam Tekanan, PS TNI Underdog

CIBINONG, (PR).- Bek sayap Persib Bandung Tony Sucipto menilai, Persib tak punya pilihan lain kecuali menang atas PS TNI pada laga kedua Liga 1 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Sabtu 22 April 2017. 

Ini Panduan Cara Beli Tiket Persib Secara Online

BANDUNG, (PR).- Proses pemesanan tiket pertandingan kandang Persib Bandung ‎kini semakin mudah karena pembayaran bisa dilakukan di memalui berbagai cara termasuk di gerai Alfarmart terdekat.

Persib Punya Modal Organisasi Tim Hadapi PS TNI

HASIL akhir adalah masalah yang paling disorot dari aksi perdana Persib Bandung pada laga pembuka Liga 1 musim 2017. Di luar itu, Maung Bandung masih berada dalam skenario yang benar untuk mengarungi sisa kompetisi musim ini.