Persib Dalam Tekanan, PS TNI Underdog

Kim Jeffrey Kurniawan/DEDEN IMAN/PR
PEMAIN Persib Kim Jeffrey melakukan selebrasi setelah berhasil membobol gawang lawan saat bertanding melawan PS TNI pada pertandingan Indonesia Soccer Championship 2016 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Minggu 21 Agustus 2016.*

CIBINONG, (PR).- Bek sayap Persib Bandung Tony Sucipto menilai, Persib tak punya pilihan lain kecuali menang atas PS TNI pada laga kedua Liga 1 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Sabtu 22 April 2017. 

Andaikan kembali gagal mendapat poin penuh, Persib akan semakin tertinggal dalam perburuan gelar dari para kompetitornya. Mereka kebanyakan sudah meraih kemenangan.

"Kami sudah gagal mendapatkan kemenangan pada pertandingan pertama. Tidak ada alasan, harus menang pada pertandingan melawan PS TNI," ujar Tony pada jumpa pers di Stadion Pakansari, Jumat 21 April 2017 sore.

Dia mengakui, setelah imbang tanpa gol kontra Arema FC di Bandung, Persib harus bekerja ekstra keras untuk menang di Bogor. PS TNI sudah mengalami banyak perubahan, terutama dengan kehadiran tiga pemain asing. PS TNI juga kini ditangani juru taktik impor yang pastinya akan membawa sentuhan berbeda pada performa Manahati Lestusen dan kawan-kawan.

"Secara komposisi mereka memang berubah. Ada beberapa pemain asing juga yang bikin mereka makin kuat. Jadi, otomatis pastinya akan berimbas pada permainan mereka di lapangan," ujarnya.

Namun, Tony menegaskan, para pemain Persib tak boleh terlalu memikirkan kondisi PS TNI. Maung Bandung harus fokus pada kekuatan sendiri dan misi wajib menang pada laga ini.

"Ada kekuatan lebih dari dukungan bobotoh. Kami harus membalasnya dengan kemenangan," ujarnya. 

Sementara itu, Pelatih PS TNI Laurent Hatton menyatakan, timnya adalah underdog dibandingkan Persib. Namun, juru taktik asal Prancis itu menegaskan, PS TNI akan bertarung tanpa rasa takut saat beduel dengan Maung Bandung.

"Kami memang bukan favorit. Tim kami lebih banyak dihuni pemain muda yang minim pengalaman. Namun, mereka sangat antusias, ambisius, dan pastinya tim kami tidak takut. Melawan tim sebesar Persib adalah sebuah kehormatan sekaligus akan menjadi pengalaman bagus untuk para pemain kami," ujar Hatton.

Menurut Hatton, reputasi besar yang disandang Persib membuat timnya akan bermain tanpa beban. Menurut Hatton, tekanan lebih besar akan dirasakan Persib yang lebih diunggulkan dan disaksikan langsung banyak pendukungnya di stadion.

"Kami akan bermain seperti tamu di kandang sendiri karena pasti banyak suporter Persib yang datang. Kami tak punya beban. Kalah akan dibilang normal, seri akan sangat istimewa, dan jika menang akan jadi sebuah keajaiban. Tekanan ada pada Persib," ujar Hatton. 

Menurut Hatton, tidak ada persiapan spesial untuk menghadapi Persib. Menurut dia, persiapan berjalan normal seperti menghadapi tim-tim lain.

"Tidak ada yang istimewa untuk menghadapi Persib. Sama saja seperti persiapan kami melawan Borneo. Ada kesalahan yang kami buat saat bermain imbang dengan Borneo, itu kami perbaiki. Kalau main bagus, mungkin akan banyak yang suka PS TNI," ujarnya.***

Baca Juga

Akurasi Umpan Pemain Persib Beragam

SUKSES Raphael Maitimo mencetak hattrick dalam laga menjamu Persegres Gresik United beberapa waktu lalu memang menjadi bukti ketajaman pemain naturalisasi kelahiran Belanda itu.

Persib Menang 4-1 di Markas Sriwijaya FC

PALEMBANG, (PR).- Persib terus melanjutkan tren positifnya usai menggebuk Sriwijaya FC 4 gol berbalas 1 dalam pertandingan pekan ke-22 di Liga 1.

Persib Masih Tim yang Paling Sportif

BANDUNG, (PR).- Hingga pekan ke-23 Liga 1 2017, Persib Bandung masih menjadi salah satu tim paling sportif dan disiplin yang tak pernah mendapatkan satu pun kartu merah.