Kapal Datar Karya Mahasiswa UI Diakui Dunia

Kapal dari UI/DOK HUMAS UI

DEPOK, (PR).- Sejumlah mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia yang tergabung dalam Hydros Team UI meraih peringkat kedua dalam ajang kontes kapal dunia. Mereka menciptakan dua kapal dengan konsep plat datar bernama Heavy Weight Mark III dan Heavy Weight Mark II.

‎Mereka ‎ berhasil meraih juara dua dalam ajang kontes kapal dunia Hydrocontest 2018 yang diselenggarakan di Saint Tropez,  Perancis pada 2 - 9 September 2018 yang lalu. Kapal plat datar tersebut merupakan kapal khas Universitas Indonesia dengan desain monohull semi-trimaran. Desain itu mendapatkan stabilitas yang baik dan menekan biaya produksi menjadi lebih hemat. Pada kategori long distance race, Hydros Team UI berhasil mengungguli tim dari Swiss, Spanyol,  Perancis. Sedangkan juara diraih oleh tim dari Inggris. Dalam kategori tersebut, kapal harus menempuh lintasan sebanyak mungkin dalam waktu 1 jam. 

Ketua Hydros Team UI Mufty N. Aulia mengatakan Indonesia masih minim dalam teknologi kemaritiman. "Melalui ajang ini kami ingin membuktikan bahwa pandangan tersebut salah dan kami ingin mengasah diri terus agar kelak dapat membangkitkan teknologi maritim di Indonesia," kata Mufty dalam keterangan tertulisnya, Rabu (12/9/2018). ‎Kapal HeavyWeight Mark III  dilengkapi dengan fitur water tunnel yang akan memaksimalkan aliran air untuk propulsi. Kapal pun memiliki konsep plat datar yang meniadakan proses bending, membuat proses produksinya lebih mudah dan murah sehingga sangat cocok diterapkan di Indonesia.

Light Weight Mark II

Sementara  Light Weight Mark II dibangun dengan konsep kapal symmetric catamaran yang dilengkapi dengan hydrofoil. Kapal tersebut memiliki stabilitas yang baik. Dengan penerapan hydrofoil, kapal itu diharapkan dapat meningkatkan kecepatan kapal. Kapal memiliki pula fitur inverted axebow untuk memecah gelombang air laut. Kapal ini juga diharapkan dapat beroperasi pada tingkat efisiensi tinggi. 

Perlombaan Hydrocontest 2018 digelar di salah satu pantai terbaik Saint Tropez, Plage des Canebiers. Puncak di hari terakhir diadakan di old port yang berada di pusat kota. Perlombaan berlangsung pada 2-9 September 2018 dan diikuti oleh 28 tim dari 15 negara. Terdapat tiga kategori race dan tujuh kategori non-race. Tiap tim membuat 2 kapal yang bisa ditandingkan pada semua kategori terutama kategori race. Kapal tersebut terdiri dari kapal lightweight race yang akan membawa beban 20 kg dan kapal heavyweight race yang akan membawa beban 200 kilogram. Selain itu, terdapat pula kategori long distance race. Selain berhasil meraih peringkat dua, Hydros Team UI juga masuk di 8 besar lightweight race dan 12 besar heavyweight race.

Sedangkan para mahasiswa tersebut adalah Mufty Noer Aulia, Vania Juliani Utami,  Nabila Alifani,  Azizah Nilam Wandira, Bayu Anugerah Pratama, M. Fa’iq,  Vidi Wardhana, M. Aziz Murdianto,  Naufal Muhadzib Rafif, Alvin Raditya Putra,  M. Fuad Syahrudin,  M. Akbar, Haekal Dwiputera, Aprian Hidayat dan Narenda Putra Dipta.***

You voted 'sedih'.

Baca Juga

Mahasiswa UI Modifikasi Aspal dengan Limbah Plastik

DEPOK, (PR).- ‎Tiga Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) jurusan Teknik Metalurgi dan Material menciptakan modifikasi aspal yang murah dan berkualitas dengan menggunakan limbah plastik. 

Perjalanan Kesenian Topeng Cisalak, Cikal Bakal Topeng Betawi

TOPENG Cisalak, kesenian yang memadukan tari, musik, komedi itu masih bertahan di Kota Depok. Kesenian rakyat yang lahir di Kampung Cisalak, Depok tersebut telah melahirkan seniman terkenal seperti Bokir, Mandra, Mastur, Omas.