SBMPTN 2018, Berikut Ini Hal yang Harus Dilakukan Peserta yang Lulus Masuk UI

SBMPTN 2018/FACHRI FAUZI/PR

DEPOK, (PR).- Universitas Indonesia menerima 3.679  mahasiswa baru yang lolos dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018. Mereka lolos dari jumlah total 97.382 peserta yang memilih UI pada pelaksanaan ujian SBMPTN 2018. 

Pada tahun ini, program studi pendidikan dokter menjadi jurusan yang paling diminati di UI pada kelompok ujian Saintek. Sedangkan jurusan yang paling diminati pada kelompok ujian Soshum adalah Ilmu Hukum.‎ Bagi peserta SBMPTN 2018 yang telah dinyatakan lulus sebagai calon mahasiswa UI dapat segera masuk tahapan Konfirmasi Pilihan Kelas dan Permohonan Mekanisme Pengajuan Pembayaran.‎

"Konfirmasi wajib dilakukan secara online pada laman penerimaan.ui.ac.id  paling lambat tanggal 8 Juli 2018 pkl.23.59 WIB," kata ‎Kepala Humas dan KIP UI Rifelly Dewi Astuti‎ dalam keterangan tertulisnya, Selasa 3 Juli 2018. Mahasiswa yang lulus seleksi itu, lanjutnya, harus memperhatikan dengan seksama seluruh informasi dan isi semua formulir yang telah disiapkan. "Termasuk mendapat jadwal pemeriksanaan kesehatan dalam tautanhttp://pra-registrasi.ui.ac.id," ucap Rifelly. Terkait mekanisme pembayara biaya pendidikan, Rifelly juga meminta perhatian mahasiswa. 

"Pastikan anda telah mengetahui nomor pokok mahasiswa (NPM) yang diperoleh saat pengumuman hasil ujian SBMPTN," ucapnya. Pembayaran dilakukan mulai 4 Juli hingga 23 Juli 2018 melalui BNI, BTN, Bank Permata, Bank Mandiri, Bank CIMB Niaga, BRI dan Bank Bukopin. Rifelly menambahkan, para mahasiswa ‎baru diwajibkan hadir dan tidak dapat diwakilkan pada hari-hari yang telah ditentukan.

Pada 24 Juli 2018, yang wajib hadir adalah mahasiswa dari program studi /jurusan/fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Ekonomi dan Bisnis, Teknik, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Untuk 25 Juli 2018, Kedokteran, Hukum, Ilmu Pengetahuan Budaya, Psikologi, Ilmu Keperawatan Kedokteran Gigi, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Komputer, Farmasi, Ilmu Administrasi.

Informasi lebih lanjut, dapat mengakses akun twitter UI @univ_indonesia dan Facebook Universitas Indonesia maupun situs www.ui.ac.id. Pengumuman dalam jaringan (daring) juga bisa dilihat melalui lamanhttp://pengumuman.sbmptn.ac.id atau http://sbmptn.ui.ac.id.

SIMAK UI

Pada Minggu 13 Mei 2018, sebanyak 31.424 peserta juga mengikuti ‎ Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) serentak di 13 kota.  Ujian dilaksanakan pada pukul 07.00-14.30 WIB. "Dalam upaya pemerataan kesempatan belajar di UI, maka SIMAK UI dilaksanakan secara serentak di beberapa kota di Indonesia, sehingga siswa atau siapapun yang ingin masuk UI dapat mengikuti seleksi di beberapa lokasi kota terdekat tanpa harus datang ke Kampus UI Depok," kata ‎Rifelly Dewi Astuti.‎

Pelaksanaan SIMAK UI 2018 berlangsung di sekolah-sekolah yang tersebar di beberapa kota, yakni DKI Jakarta (Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat), Depok, Bekasi, Tangerang, Tangerang Selatan, Bogor, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Makasar, Medan, Padang dan Palembang.

Adapun program studi yang dibuka bagi lulusan SMA/sederajat adalah 13 program studi Vokasi (diploma tiga)  dan 35 program studi Paralel. Para SMA/sederajat akan bersaing memperebutkan lebih kurang 791 bangku untuk Vokasi dan Sarjana Paralel. Pada pendidikan Vokasi, Akuntansi menjadi program studi yang paling diminati. Terbukti, sebanyak 1.310 memilih jurusan tersebut. Sedangkan pada S1 Paralel, pendaftar terbanyak adalah program studi Ilmu Hukum dengan jumlah peminat 5.724 peserta.Lebih lanjut, pada program Magister (S2), program studi yang paling diminati adalah Magister Manajemen.

SIMAK UI 2018 merupakan penyelenggaraan yang ke-sepuluh sejak pertama kali dilaksanakan pada 2009. Hasil ujian SIMAK UI 2018 akan diumumkan pada 6 Juli 2018. SIMAK UI adalah program seleksi mahasiswa UI yang diselenggarakan oleh UI untuk semua program pendidikan dari jenjang Vokasi (Diploma 3), Sarjana (S1) Kelas Paralel, Sarjana Kelas Internasional, Sarjana Kelas Ekstensi, Profesi, Magister, Spesialis, dan Doktoral (S3). Melalui SIMAK UI, para calon mahasiswa program Vokasi dan Sarjana diperkenankan memilih lebih dari satu hingga maksimal enam program studi dengan sekali pendaftaran dan ujian.***

Baca Juga

KASEP Tumbuhkan Inisiatif Warga untuk Normalisasi Sungai Ciliwung

DEPOK, (PR).- Prihatin kerusakan lingkungan Sungai Citarum, ‎Tim Pengabdian Masyarakat Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (Vokasi UI) membentuk Kelompok Anti Sampah Entaskan Polutan (KASEP). KASEP dibentuk guna mengedukasi masyarakat dalam menjaga kelestarian Ciliwung.

UI Masuk Jajaran Kampus Riset Dunia

DEPOK, (PR).- Kiprah Universitas Indonesia sebagai perguruan tinggi riset dunia semakin berkibar. UI masuk dalam jajaran kampus riset dunia dalam rilis lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia Times Higher Education (THE). 

UI Dirikan Sekolah Siaga Bencana di Cilegon

DEPOK, (PR).- Sejumlah dosen peneliti dan mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia membentuk Sekolah Siaga Bencana di Kota Cilegon, Provinsi Banten, Jumat, 28 September 2018 lalu.