Pengenalan Lingkungan Sekolah Aneh-aneh, Laporkan!

Hari Pertama Sekolah/ADE BAYU INDRA/PR
SEJUMLAH siswa duduk menyaksikan acara pembukaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) ditemani orangtuanya, pada hari pertama sekolah di SD AL-Fitrah, Jalan Merkuri Timur, Kota Bandung, Senin 17 Juli 2017. Mengantar anak ke sekolah baru di hari pertama sekolah sangat dianjurkan, karena sekolah merupakan rumah kedua bagi mereka.*

BANDUNG,(PR).- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menegaskan, pihaknya tak segan menindak sekolah yang melakukan penyimpangan pada saat masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) terhadap peserta didik baru.

"Orientasi (terpantau) di hadapan guru, jelas dan transparan. Tidak ada nuansa yang menakutkan. Kalau ada orientasi yang bermasalah tolong laporkan kepada kita," ujarnya, di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin, 17 Juli 2017.

Hari pertama sekolah, kata dia, seharusnya‎ dijadikan momen yang paling menyenangkan bagi anak sekolah yang setelah libur panjang.

"Saya menginginkan proses belajar mengajar itu menyenangkan. Oleh karena itu guru mengajar penuh senyum di kelas. Anak-anak juga ceria. Ketika ada pelajaran diajarkan dengan seksama dengan ceria dengan cara yang menggembirakan. Anak-anak ketika sekolah gembira, pulang juga gembira. Bukan murung," kata dia.

Selain itu, Gubernur juga Ingin menghadirkan suasana belajar yang menyenangkan dengan guru ramah, murid dibuat senang. Gurunya memudahkan sehingga terjadi keakraban guru dan anak.

"Hal itu bisa menjadikan sekolah jadi rumah kedua sebagaimana anak akrab dengan ibunya di rumah maka disekolah juga akrab dengan para guru," ujar dia.***

Baca Juga

Implementasi Alokasi Siswa Miskin pada PPDB tak Terkontrol

JAKARTA, (PR).-Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang sering mengabaikan hak siswa miskin dan masyarakat di lingkungan di sekitar tempat tinggalnya untuk mengenyam pendidikan, ternyata telah menjadi fenomena secara nasional.

PPDB Online Tingkat SMP di Cimahi Belum Bisa Diakses

CIMAHI, (PR).- Pendaftaran online pada hari pertama pelaksanaan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2017/2018 Kota Cimahi tingkat SMP jalur umum terkendala, Senin 3 Juli 2017.

70 Siswa Rawan Melanjutkan Pendidikan (RMP) Ditolak Sekolah

BANDUNG, (PR).- Sedikitnya 70 siswa yang tergolong rawan melanjutkan pendidikan (RMP) asal Kota Bandung mendatangi Ombudsman Perwakilan Jawa Barat di Jalan Kebonwaru. Mereka mengadu karena tak diterima oleh SMAN dan SMKN.