USBN Untuk Menakar Integritas Guru

USBN/ADE BAYU INDRA/PR

JAKARTA, (PR).- Pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) 2017 bukan hanya menjadi sarana untuk menilai kemampuan akademik siswa. Tetapi juga menakar integritas guru.

Pasalnya, naskah soal USBN sepenuhnya dibuat oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Pemerintah pusat memberikan kewenangan penuh kepada sekolah untuk menggandakan soal.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hamid Muhammad menegaskan, pelaksanaan USBN tahun ini pada dasarnya untuk menilai kejujuran guru. Bukan hanya sebagai alat penentu kelulusan siswa.

Menurut dia, pemerintah juga mengabulkan keinginan guru yang menuntut kewenangan penuh untuk memberikan penilaian kepada siswa.

“USBN kan ujian yang diselenggarakan sekolah, jadi kami hanya mengawasi. Jika masih ada terjadi kebocoran soal, itu berarti ada masalah dalam integritas guru. Kami akan mengevaluasi dan jika ada kecurangan, tentu akan ada sanksi. Dengan membocorkan soal itu artinya guru tak bisa memotret kamampuan anak didiknya dengan benar,” ujar Hamid di Gedung A Kantor Kemendikbud Senayan, Jakarta, Senin, 20 Maret 2017.

Hamid menyatakan, kejujuran guru menjadi sangat penting agar tak merugikan masa depan siswa. Ia menyatakan, pemerintah pusat pasti akan menelusuri dan menindaklanjuti setiap laporan negatif seperti dugaan kebocoran soal.***

Baca Juga

ketua umum, PGRI, Plt

PGRI Menentang Kemendikbud Hentikan Program PLPG

JAKARTA, (PR).-Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) menentang rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemendikbud yang akan menghentikan program PLPG atau Pendidikan dan Latihan Profesi Guru.

Biaya Kuliah PPG Rp 10 Juta per Semester

JAKARTA, (PR).- Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menetapkan biaya kuliah program studi Pendidikan Profesi Guru sebesar Rp 10 juta per semester.

Mengajar Jadi 40 Jam Seminggu

JAKARTA, (PR).- Pemerintah akan mengubah beban jam kerja guru dari 24 menjadi 40 jam seminggu. Kebijakan tersebut akan diterapkan pada tahun ajaran 2017-2018.

Sistem Zonasi PPDB Hapus Predikat Sekolah Unggulan

JAKARTA, (PR).- Penerapan sistem zonasi pada pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2017/2018 bukan hanya untuk mewujudkan pemerataan kualitas pendidikan pada jenjang SD/SMP/SMA/SMK sederajat.

Rp 54 Miliar Dana Disiapkan untuk 50 Dosen

JAKARTA, (PR).- Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi atau Kemenristekdikti menyiapkan dana sebesar Rp 54 miliar untuk membiayai kuliah dosen. Dana ini untuk 50 dosen yang ingin melanjutkan kuliah di Amerika Serikat.