USBN Untuk Menakar Integritas Guru

USBN/ADE BAYU INDRA/PR
SISWA kelas XII mengerjakan soal mata pelajaran biologi saat mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Berbasis Komputer, di SMAN 5 Bandung, Jalan Belitung, Kota Bandung, Senin 20 Maret 2017. USBN Berbasis Komputer yang diselenggarakan hingga Kamis 23 Maret 2017 itu mengujikan enam mata pelajaran dan diikuti sebanyak 416 siswa di sekolah tersebut dengan menggunakan 208 unit komputer.*

JAKARTA, (PR).- Pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) 2017 bukan hanya menjadi sarana untuk menilai kemampuan akademik siswa. Tetapi juga menakar integritas guru.

Pasalnya, naskah soal USBN sepenuhnya dibuat oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Pemerintah pusat memberikan kewenangan penuh kepada sekolah untuk menggandakan soal.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hamid Muhammad menegaskan, pelaksanaan USBN tahun ini pada dasarnya untuk menilai kejujuran guru. Bukan hanya sebagai alat penentu kelulusan siswa.

Menurut dia, pemerintah juga mengabulkan keinginan guru yang menuntut kewenangan penuh untuk memberikan penilaian kepada siswa.

“USBN kan ujian yang diselenggarakan sekolah, jadi kami hanya mengawasi. Jika masih ada terjadi kebocoran soal, itu berarti ada masalah dalam integritas guru. Kami akan mengevaluasi dan jika ada kecurangan, tentu akan ada sanksi. Dengan membocorkan soal itu artinya guru tak bisa memotret kamampuan anak didiknya dengan benar,” ujar Hamid di Gedung A Kantor Kemendikbud Senayan, Jakarta, Senin, 20 Maret 2017.

Hamid menyatakan, kejujuran guru menjadi sangat penting agar tak merugikan masa depan siswa. Ia menyatakan, pemerintah pusat pasti akan menelusuri dan menindaklanjuti setiap laporan negatif seperti dugaan kebocoran soal.***

Baca Juga

USBN Masih Banyak Kelemahan

JAKARTA, (PR).- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengakui penyelenggaraan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) masih banyak kelemahan. Di antaranya terkait landasan hukum untuk menjatuhkan sanksi kepada para pihak yang melanggar aturan seperti membocorkan naskah soal.

Lembaga Bimbel Diduga Pelaku Pembocoran Soal USBN

JAKARTA, (PR).- Modus pembocoran naskah soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) 2017 sama dangan pola pembocaran soal Ujian Nasional (UN) tahun lalu. Naskah soal dan kunci jawaban disebarkan melalui aplikasi WhatsApp dan Line.

SISWA kelas XII IPA mengikuti Ujian Sekolah, di SMAN 5 Bandung, Jln. Belitung, Kota Bandung, Senin (17/3/2014). Ujian yang berlangsung hingga Sabtu (22/3/2014) itu, diikuti sebanyak 387 siswa dengan rincian 321 siswa IPA dan 66 siswa dari bidang IPS.*

Pencetakan Naskah Soal USBN Rampung

JAKARTA, (PR).- Pencetakan naskah soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) berbasis kertas pensil 2016/2017 telah selesai dan mulai didistribusikan ke sejumlah daerah.