Ini Perbedaan UN dan USBN

Moratorium UN/ANTARA
DATA tentang Ujian Nasional (UN) dipresentasikan saat rapat kerja Mendikbud Muhadjir Effendy dengan Komisi X DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis 1 Desember 2016. Rapat itu membahas moratorium ujian nasional oleh pemerintah.*

JAKARTA, (PR).- Pemerintah sudah menyiapkan model pengganti Ujian Nasional (UN), yakni Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Ada dua terobosan yang membedakan secara siginifikan antara UN dan USBN.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan, perbedaan pertama adalah dalam USBN akan ditambahkan materi soal berupa esai. Perbedaan kedua, materi pembuatan soal akan diserahkan kepada pemerintah provinsi untuk jenjang SMA/SMK, dan pemerintah kota/kabupaten untuk jenjang SMP.

Namun, pemerintah pusat akan menyisipkan beberapa pertanyaan, baik berupa pilihan ganda atau essai yang berfungsi sebagai indikator standar nasional. Selama ini, materi soal UN hanya berupa pilihan ganda dan dibuat sepenuhnya oleh pemerintah pusat.

"Soal esai ini untuk menggali kemampuan siswa agar berlatih berpikir kritis. Selama ini kan dalam UN tidak ada. Soal sisipan dari pemerintah pusat itu, tak akan berbeda-beda di setiap daerah. Wong namanya standar nasional, masa dibeda-beda," ujar Muhadjir usai menghadiri rapat kerja dengan Komisi X DPR RI, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis 1 Desember 2016.

Ia menyatakan, persiapan USBN sudah mencapai 70 persen. Kemendikbud tinggal menunggu restu dari Presiden Joko Widodo yang kemungkinan akan diputuskan pada pekan depan, setelah menggelar rapat terbatas. "30 persen yang belum siap itu, ya tinggal membuat soal saja. Kan harus koordinasi dengan pemerintah daerah," katanya.***

Baca Juga

Publikasi Ilmiah Ditarget Pertama se-ASEAN

JAKARTA, (PR).- Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi menargetkan publikasi ilmiah Indonesia menduduki peringkat pertama ASEAN pada 2019.

Biaya Mengundang Dosen dari Luar Negeri Bisa Nol Rupiah

JAKARTA, (PR).- Rencana mengundang 200 dosen kelas dunia, termasuk dosen asing, untuk mengajar dan melakukan penelitan bersama dengan dosen dalam negeri sangat bergantung isi proposal yang diajukan setiap perguruan tinggi. 

unbk, kabupaten bandung barat, sman 1 lembang

Mendikbud: Soal UN Tahun Depan Lebih Susah

LOMBOK, (PR).- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy memastikan materi soal UN atau Ujian Nasional tahun depan akan relatif lebih sulit dari pada tahun ini.

Akses ke Server UNBK SMP Melebihi Kapasitas

JAKARTA, (PR).- Pelaksanaan hari pertama ujian nasional berbasis komputer (UNBK) 2018 pada jenjang SMP/MTs sederajat terganggu server di pemerintah pusat.