STSI Akan Berubah Menjadi ISBI

BANDUNG, (PRLM).- Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung dipastikan akan segera berubah menjadi Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung. Hal itu mengemuka pada seminar "Menyongsong Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung", di Hotel Horison, Jln. Pelajar Pejuang, Bandung, Selasa (23/02/2014).

Ketua STSI, Dr. Een Herdiani, SST, M.Hum yang membuka seminar ini mengatakan, perubahan STSI menjadi ISBI embrionya sudah muncul dari banyaknya doktor bidang seni budaya yang dilahirkan STSI. Selain itu, peningkatan akreditasi prodi yang ada di STSI menjadi bagian dari embrio perubahan statuta STSI tersebut.

Een berharap, dengan perubahan status STSI menjadi ISBI akan semakin banyak generasi muda yang tertarik pada seni budaya. Seni juga dapat dipersandingkan dengan ilmu-ilmu lain.

Sementara itu, disampaikan oleh Prof. Iyus Rusliana, perubahan STSI menjadi ISBI tidak akan bentrok dengan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) yang ada di Unpad. Sebab ISBI memungkinkan akan lebih menapak pada budaya Sunda sedangkan FIB Unpad lebih bersifat budaya nasional.

Kekhasan lain dari STSI kata Prof. Iyus, mempunyai bidang kajian vokasional. Sedangkan di Unpad tidak mempunyai kemampuan bidang vokasional. "Semoga keduanya memang tidak akan bentrok karena kedua lembaga ini berbeda kajiannya," demikian Prof. Iyus. (A-148/A-147)***

Baca Juga

Aher: Pendidikan Jadi Fondasi Kemajuan Bangsa

BANDUNG, (PR).- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan bahwa sumber daya manusia yang andal, unggul, dan berdaya saing menjadi harapan masa depan sebuah bangsa.

623 Anggota Pramuka Asal Jabar Ikuti Raimuna Nasional XI

BANDUNG, (PR).- Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar melepas peserta Raimuna Nasional XI Tahun 2017 asal Jawa Barat di Aula Barat Gedung Sate, Jalan Diponegoro No. 22, Kota Bandung, Jumat 11 Agustus 2017.

Perguruan Tinggi Diminta Fokus Kembangkan Potensi Lokal

JAKARTA, (PR).- Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir mendorong perguruan tinggi untuk lebih fokus mengembangkan potensi sumber daya alam dan manusia di daerahnya masing-masing.