FPIPS UPI Bersiap Rintis Kerjasama Dengan Universitas Twente Belanda

BANDUNG, (PRLM).- Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. (FPIPS) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mendapat kunjungan dari Universitas Twente Belanda untuk membahas detail kerjasama pertukaran dosen dan riset.

Dekan FPIPS Prof. Dr. Karim Suryadi M.Si., mengatakan kehadiran Tom Loran sebagai Koordinator Internasionalisasi Geo-Informasi Fakultas Manajemen Pendidikan Education Biro Hengelosestraat 99 7514 AE Enschede Belanda mengetakan kunjungan itu sekaligus menegaskan keseriusan Universitas Twente untuk bekerjasama dengan FPIPS.

Mereka dinilai memiliki pengalaman yang bagus telah bekerjasama dengan perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. Kedua terdapat isu-isu dan masalah-masalah aktual yang menarik perhatian para dosen dan peneliti di kedua universitas, sehingga komunikasi akademik dipersatukan oleh kebutuhan untuk saling berbagi pengalaman terbaik.

"Isu yang dimaksud salah satunya adalah penataan wilayah, infrastruktur, pemanfaatan potensi pariwisata, dan penanggulangan dampak pertumbuhan kota," kata Prof. Karim dalam siaran persnya Jumat (8/3).

Sementara itu, Tom Loran mengatakan kerjasama dengan FPIPS bisa dilakukan terkait dengan Ilmu Perilaku, pengembangan kurikulum, sertifikasi, dan banyak juga program-program lain yang bisa ditindaklanjuti. Apalagi memang tersedia banyak peluang untuk menerima banyak orang di Universitas Twente.

Menurutnya, program doktor bisa dilakukan oleh para dosen FPIPS yang terpenting adalah mencari pendanaan untuk studi selama empat tahun bisa dari Dikti dan juga sumber dana yang lainya. Kemudian setelah itu harus mencari promotor yang akan menyetujui subjek yang akan diteliti.

"Bentuk kerjasama yang lain pun bisa dilakukan dengan program Sandwich dan riset bersama. Pertukaran staf dan mahasiswa pun dapat dilakukan," katanya.

Kadatangan Tom Loran direspon secara hangat dan secara akademik dibicarakan masalah teknis dalam melakukan hubungan kerjasama oleh para ketua program studi dan jurusan agar dapat direalisasikan dalam waktu dekat ini. Tentunya hal ini sejalan dengan upaya internasionalisasi pendidikan yang dilakukan oleh UPI. (A-208/A-89)***

Baca Juga

Mulai Senin Besok, Guru Bisa Mendaftar Jadi Kepala Sekolah

BANDUNG, (PR).- Guru di Kota Bandung mulai Senin 22 Oktober 2018 bisa mendaftar seleksi Kepala Sekolah secara daring lewat Si Kasep (Sistem Seleksi Kepala Sekolah Profesional). Pendaftaran akan ditutup pada 2 November 2018 mendatang.

Penetapan Rektor Unpad Periode 2019-2024 Ditunda

BANDUNG, (PR).- Sidang pleno Majelis Wali Amanat Universitas Padjadjaran memutuskan untuk menunda penetapan Rektor Unpad periode 2019-2024. Penundaan ini untuk memberi waktu kepada MWA membuat perbaikan proses pemilihan Rektor.

Heny Hendrayati, Memberikan Kebermanfaatan bagi Orang Lain

PEPATAH buah jatuh tak jauh dari ­pohonnya berlaku untuk hidup Heny ­Hendrayati (42). Terlahir di keluarga yang bergelut dalam bidang pendidikan, ­perjalanan hidup Heny pun tak jauh dari lingkup pengajaran.