Mulai dari Rp 800 Jutaan, Ini Lima Moge Termahal 2018

Ilustrasi/REUTERS

MOTOR gede atau biasa ­disingkat moge adalah sebutan untuk sepeda motor dengan kubikasi di atas 400 cc. Mengingat tampilannya yang ­gahar, gagah, dan suara mesinnya yang garang, motor jenis ini banyak di­minati oleh para pehobi kuda besi. 

Tak terkecuali di Indonesia. Meskipun harganya dibanderol lebih mahal tiga kali lipat dari negeri asalnya, moge masih ba­nyak diminati. Lalu, apa sih yang menjadikan harganya begitu menggila? Mo­ge yang masuk ke Indonesia tentunya dikenakan beragam pajak yakni PPnBM sebesar 125%, bea masuk sebesar 50%, dan pajak penjualan 5%. 

Laman Visordown telah merilis daf­tar 5 moge termahal 2018. Mo­del-model apakah itu? Mari kita ung­kap satu per satu.

1. Arc Vector  (90.000 Pound Sterling / Rp 1,6 Miliar)

Perusahaan asal Inggris yakni Arc Vehicle telah memperkenalkan motor listrik terbarunya di EICMA show yang digelar di Kota Milan pada awal November lalu. Hadirnya Arc Vector tentunya membawa perubahan besar terhadap teknologi motor listrik di masa depan.

Bobotnya hanya 220 kg dan dibekali dengan motor listrik yang dapat memuntahkan tenaga sebesar 133 bhp dan torsi sebesar 292 ftlb. Itu artinya, untuk membesut kecepatan dari 0-60 mph, hanya di­butuhkan waktu 3,1 detik, setara dengan performa BMW S1000RR lansiran 2019. Top speed-nya sendiri mencapai 150 mph atau sekitar 241 km/jam. 

Dengan banderol seharga 90.000 pound sterling atau sekitar Rp 1,6 mi­liar, Vector dibuat sangat terbatas, yakni hanya 355 unit.

 

2. Arch Motorcycle ­KRGT-1 (89.500 Pound Sterling / Rp 1,6 Miliar)

Motor keluaran dari Arc yang lainnya ternyata menempati posisi runner-up dari daftar 5 moge termahal 2018. Arch Motorcycle KRGT-1 menjadi motor berikutnya yang mengisi daftar. 

Perusahaan yang didirikan oleh mantan Kepala Departemen Whitespace dari Jaguar-Land Rover yakni Mark Truman dan didukung oleh beberapa profesional dengan kualifikasi tinggi, termasuk insinyur MotoGP dan spesialis analis FEA sukses melahirkan motor-motor keren, salah satunya Arch Motorcycle KRGT-1. 

Pengembangannya sendiri dilakukan sejak 2015 lalu. Mulai tahun depan, Arch Motorcycle KRGT-1 mulai di­tawar­kan di pasaran Inggris ­dengan bande­rol 89,500 pound ­sterling atau sekitar Rp 1,6 miliar. Dapur pa­cu­nya menggunakan mesin S&S V-twin berkapasitas 2.032 cc yang dapat memuntahkan tenaga sebesar 120 hp. 

3. BMW HP4 Race (68.000 Pound Sterling / Rp 1,2 Miliar)

Jika Anda pusing untuk mencari moge yang dapat menyaingi performa dari Ninja H2R di lintasan balap, tentu pilihan yang tepat adalah BMW HP4 Race. Motor balap keluaran pab­rikan asal Jerman yakni BMW Motorrad itu dibanderol seharga 68.000 pound sterling atau sekitar Rp 1,2 miliar. 

Seperti halnya Ninja H2R yang khusus digunakan hanya di trek balap, begitu juga dengan BMW HP4 Race. BMW HP4 Race mengambil basis dari generasi terakhir S1000RR. Mesinnya berda­sarkan spesifikasi dari World Superbike dan harus diganti setiap 5.000 km. Sementara itu, sasisnya dibuat dari bahan serat karbon, jauh lebih ringan dan kuat jika dibanding­kan dengan material aluminium. 

4. MV Agusta F4 LH44 (53.900 Pound Sterling / Rp 1 Miliar)

Pabrikan motor asal Italia yakni MV Agusta berhasil masuk ke daftar 5 moge termahal 2018 dengan ­menempatkan model MV Agusta F4 LH44. Versi Lewis Hamilton dari model F4 ini dibanderol seharga 53.900 atau sekitar 1 miliar. Perso­nalisasi terhadap motor tersebut mendapat input langsung dari juara Formula 1 Lewis Hamilton dan laboratorium CRC. 

Motor keluaran pabrikan yang berbasis di Kota Varese, Italia itu telah dibekali dengan racing kit seperti di antaranya silencer berbahan titanium keluaran SC-Project dan dedicated control unit, yang mampu mendongkrak tenaga dari mulai 7 hp hingga 212 hp. ­Selain itu, motor dibubuhi dengan logo khas Lewis Hamilton yakni logo Panther. Dapur pacu dari MV Agusta F4 LH44 yang berkapasitas 998 cc ini dapat dibesut hingga 302 km/jam.

 

5. Kawasaki Ninja H2R (47.000 Pound Sterling / Rp 872 Juta) 

Salah satu loncatan terbesar yang dilakukan oleh Kawasaki yakni dengan lahirnya motor supercharged H2R alias versi balap dari Kawasaki Ninja H2. Moge yang memiliki output tenaga sebesar 310 hp itu dibanderol seharga 47.000 pound sterling atau se­kitar Rp 872 juta. Motor balap tersebut telah disemati dengan beragam ­fitur elektronik canggih seperti di antaranya anti-lock braking system (ABS), traction control (KTRC), engine braking control (KEBC), Kawasaki quick shifter (KQS), electronic steering damper (ESD), dan launch control (KLCM). 

Selain paket elektronik canggih, moge ini juga disemati dengan paket aerodinamis pada fairing depannya yang dibuat dari bahan serat karbon. Fairing tersebut dirancang untuk membantu mendinginkan mesin lewat embusan udara yang mengarah ke engine bay dan sebagai downforce ketika dibesut pada kecepatan tinggi. ***

You voted 'marah'.

Baca Juga

Musim Hujan, Perhatikan Kondisi Rem

MOBIL yang menerobos banjir rentan mengalami masalah pada rem. Bahkan, genangan air yang tinggi bisa menyebabkan mobil mogok karena air masuk ruang bakar.

Ekspedisi Terios 7 Wonders Jelajah Wisata Pulau Buru

AMBON, (PR).- Wakil Bupati Buru Amustofa Besan berharap Ekspedisi Terios 7 Wonders – Moluccas Next Chapter bisa memberi gambaran kepada masyarakat luas terhadap potensi wisata di Pulau Buru.