Daihatsu Perkenalkan Konsep Mobil Hybrid Series di GIIAS 2018

ASEP BUDIMAN/PR

PT Astra Daihatsu Motor memperkenalkan mobil masa depan berteknologi hybrid series pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Teknologi mobil hybrid series ini dinilai lebih irit dibandingkan dengan mobil hybrid parallel yang banyak beredar di pasaran saat ini.

Mobil konsep itu tampil selama GIIAS 2018 pada 2-12 Agustus 2018 di booth Daihatsu yang tampil dengan penuh keceriaan dan warna baru. Booth Daihatsu dengan tema “Light You Up” menambah warna-warni, sekaligus memperkenalkan Slogan Global Daihatsu Group yang mencerminkan visi baru Daihatsu ke depan.

Hadir dalam pembukaan booth Daihatsu adalah President of Daihatsu Motor Company Japan Soichiro Okudaira, President Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Tetsuo Miura, Vice President Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Pongky Prabowo, didampingi oleh Direktur PT Astra International Tbk Djony Bunarto Tjondro beserta tamu undangan dari berbagai kalangan.

Dalam sambutan pembukaan, Presiden Joko Widodo menjelaskan bahwa Indonesia jangan terlena dengan dunia hari ini karena dunia secara bertahap melarang combustion engine. Negara-negara di dunia mulai mengarahkan transportasi yang lebih hijau dan ramah lingkungan.

Pesan Presiden Jokowi itu senada dengan semangat yang dibangun oleh Daihatsu dalam mendukung pengurangan emisi bahan bakar minyak. Meskipun demikian, Indonesia tidak bisa langsung mengadopsi kendaraan yang nol emisi karena perlu proses panjang.

Solusi bebas emisi dan hemat bahan bakar 

R&D Executive Officer PT Astra Daihatsu Motor, Pradipto Sugondo, menjelaskan, untuk menuju transportasi bebas emisi perlu dijembatani oleh edukasi perilaku dan perubahan aturan. Indonesia perlu melangkah secara perlahan-lahan agar masyarakat bisa menyesuaikan dengan hybrid sebelum mengadaptasi penuh kendaraan listrik.

"Perlu bridging dalam perubahan perilaku pada masa transisi. Daihatsu punya solusi untuk itu," tutur Pradipto, Kamis 2 Agustus 2018.

Dia menerangkan, hybrid adalah kendaraan yang menggunakan dua jenis teknologi untuk sumber tenaganya, yaitu bahan bakar minyak dan listrik. Mobil hybrid sendiri terbagi dua, yaitu hybrid parallel dan hybrid series. Hybrid parallel memungkinkan mobil bisa berjalan dengan mesin bensin atau listrik saja atau keduanya. 

"Yang banyak beredar di jalan adalah hybrid parallel. Hybrid series prinsipnya sama, ada motor bakar dan motor listrik," ucapnya.

Pradipto menyatakan, hybrid series adalah solusi yang ditawarkan Daihatsu. Teknologi ini diklaim lebih irit dibandingkan dengan hybrid parallel. Konsumsi BBM lebih sedikit dan kapasitas mesin bakar yang digunakan juga tidak perlu besar.

Cara kerjanya, ungkap Pradipto, mesin bakar hanya berperan untuk memutar alternator kecil untuk mengisi daya baterai. Akan tetapi, mesin bakar tidak akan terus menyala, kecuali jika baterai habis. Prinsipnya, hybrid series mengonversi energi bakar menjadi energi listrik ke baterai agar motor listrik dapat menggerakkan roda.

Meskipun teknologi ini sudah diterapkan di Jepang, Pradipto menyatakan, Daihatsu tengan mencari kesetimbangan antara daya baterai dan kapasitas mesin bakar yang akan dipakai. Daihatsu mengembangkan mobil hybrid yang irit dan bertenaga dengan harga yang tetap bersahabat.

Pamerkan Terios Custom dan Ayla Turbo

Sementara itu, di dalam booth, Daihatsu menampilkan mobil-mobil baru untuk pertama kalinya dipamerkan di dunia (world premiere). Yaitu Terios Custom dan Ayla Turbo Concept Car. Tidak hanya itu, Daihatsu juga menampilkan tiga unit mobil model Jepang, yakni DN Pro Cargo dan Boon Active yang pertama kalinya dipamerkan di Indonesia, serta Tanto Custom yang telah disambut baik oleh pelanggan Daihatsu di Jepang.

Daihatsu turut memamerkan tiga model Special Edition. Model tersebut adalah Xenia Special Edition, Sigra Special Edition, dan Ayla Special Edition yang tampil sporty dengan nuansa warna hitam dan merah yang tersedia masing-masing hanya 18 unit saja. Selain itu, 3 unit Terios dan 2 unit Sirion dengan berbagai warna turut menambah keceriaan booth Daihatsu pada ajang GIIAS kali ini.

Salah satu ciri khas penampilan Booth Daihatsu setiap tahun, adalah keberadaan Research & Development Corner yang memperkenalkan tentang Visi Daihatsu tentang teknologi kendaraan masa depan. R&D Corner kali ini juga dilengkapi dengan 1 (satu) unit Hybrid Model sebagai sarana edukasi kepada pengunjung tentang teknologi yang dikembangkan oleh Daihatsu.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Indonesia dan pemerintah, atas kepercayaannya pada Daihatsu. Kami berharap, pengunjung booth Daihatsu mendapatkan pengalaman menyenangkan dan tak terlupakan, serta memperoleh informasi terkini, dan terlengkap dari Daihatsu,” ujar Vice President Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Pongky Prabowo.***

You voted 'senang'.

Baca Juga

Penutupan Asian Games 2018, Sukacita Antara Lombok dan Jakarta

JAKARTA, (PR).- Presiden Joko Widodo menyapa kontingen dan penonton upacara penutupan Asian Games 2018di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, dari tenda pengungsi di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu 2 September 2018 malam.

Menkominfo: Iklan di Bioskop Bukan Iklan Politik Jokowi

JAKARTA, (PR).- Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara meluruskan kabar iklan politik Presiden Joko Widodo yang muncul di bioskop. Dia menyatakan iklan tersebut merupakan capaian program pemerintah.