VHDEI Gagas Digelarnya Indonesia Heritage Motorcycles

DIDIH HUDAYA

MELESTARIKAN keberadaan unit motor tua adalah sebuah upaya yang pantas diapresiasi. Hal itu pula yang kini tengah terus dilakukan oleh VHDEI (Vintage Harley-Davidson Enthusiast Indonesia).

Komunitas yang telah terbentuk sejak tahun 2012 tersebut, kini telah memiliki anggota lebih kurang 200 personel. Mereka adalah para pemilik, penikmat atau penggila motor klasik Harley-Davidson.

Menurut Saulus Lacaden, salah seorang pencinta sekaligus kolektor unit Harley-Davidson klasik asal Bandung, VHDEI awalnya dari komunikasi di tingkat interaksi perorangan di media sosial.

Dari semula hanya melibatkan 5 atau 6 orang saja, kini pada perjalanannya, anggota sudah mencapai lebih kurang 200 personel aktif yang juga kerap bertemu di darat. Kategori klasik kini adalah unit motor keluaran 1927-1984.

Buah dari beberapa kali pertemuan mereka, adalah gagasan untuk menggelar “Indonesia Heritage Motorcycles” yang akan segera dihelat di Kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta, 20-21 Juli 2018.

Boyke Soerianata, bikers asal Bandung Ketua VHDEI yang kini berkerja di Harley-Davidson Motor Company, di Amerika Serikat, didaulat menjadi koordinator pelaksana Indonesia Heritage Motorcycles.

“Kita tunjukkan pada dunia, bahwa kita ada. Indonesia memiliki kekayaan dan budaya istimewa di bidang otomotif. Peninggalan sejarah yang tak ternilai harganya, mampu kita rawat dan lestarikan. Sejatinya, tak hanya dari brand Harley-Davidson saja, karena semua motor tipe klasik, kami undang semua untuk hadir di Candi Prambanan,” kata Boyke Soerianata.

Hal tersebut, disampaikan Boyke, saat hadir di acara halal bihalal HDCI Bandung, di Click Square Bikerland, Jalan Naripan, Kota Bandung, Sabtu 30 Juni 2018) malam.

Tampak hadir dalam acara tersebut Ketua HDCI Nanan Sukarna, Ketua HDCI Bandung Jonni BS Nugroho, serta undangan dari berbagai klub roda dua dan para pencinta Harley-Davidson dari berbagai kalangan.

Lebih lanjut disampaikan Boyke, bahwa VHDEI bukanlah klub, namun komunitas atau paguyuban dari penggemar dan pelestari motor klasik. “Di acara Indonesia Heritage Motorcycles nanti, kami tidak mengibarkan vest dan colors masing-masing klub motor. Namun semua berkumpul dan bersatu mengibarkan persaudaraan dengan bersama-sama menunggangi vintage motorcycles,” tegas Boyke Soerianata.

Melalui acara Indonesia Heritage Motorcycles, VHDEI bersiap untuk upaya mempersembahkan event unik. Mendaftarkan ke Museum Rekor Indonesia  lewat kiprah acara dengan peserta terbanyak dalam satu rally motor klasik, kebersamaan dan menargetkan 250 HD enthusiast, menempuh rute perjalanan 15 miles.

“Peserta dari luar negeri terkonfirmasi turut serta. Semua riders nanti mengenakan batik tradisional surjan serta memakai blangkon,” kata Boyke, mengakhiri perbincangan.***

Baca Juga

All New Ertiga Lincah dan Stabil Bermanuver

UBUD, (PR).- Dalam sesi tes drive hari pertama di Bali, handling atau pengendalian kemudi All New Ertiga benar-benar teruji. Mobil keluarga ini mampu bermanuver dengan lincah di tikungan tanpa terasa body roll.