Ini Dia, Mobil Produksi Massal Terkencang di Dunia

Dodge Demon/CHEATSHEET.COM

SAAT ini kita telah memasuki era baru dalam hal performa. Berkat terobosan teknologi yang terus berkembang dalam setiap tahunnya, terutama semakin matangnya teknologi hibrida, mobil lebih kencang dari sebelumnya. 

Seandainya kita menulis artikel ini pada satu dekade lalu, kemungkinan akan ada beberapa mobil dari tahun 1990-an yang masuk daftar, dan tidak menutup kemungkinan akan masuk juga mobil-mobil lawas tahun 1980-an. Mesin tertua yang masuk ke daftar yakni mesin yang baru berumur enam tahun dan kita tidak perlu heran jika beberapa mesin tersebut gagal untuk menempati posisi puncak dari daftar 5 mobil produksi massal terkencang di dunia versi laman Cheatsheet.

Berikut adalah kelima mobil tercepat di dunia tersebut:

1. Tesla Model S P100D - 0-60 mph: 2,28 detik

Tesla Model S adalah salah satu mobil paling "hijau" di bumi ini. Selain ramah lingkungan juga memiliki performa yang sangat mumpuni. Percaya atau tidak, mobil listrik berbobot 4.900 pon atau sekitar 2,2 ton ini adalah mobil produksi massal yang memiliki akselerasi tercepat di dunia.

Untuk membesut kecepatan dari 0-60 mph butuh waktu 2,28 detik saja. Hasil catatan waktu itu dibuat ketika majalah otomotif asal Amerika Serikat, Motor Trend, melakukan pengetesan dengan menggunkan mode ludicrous.

2. Dodge Demon - 0-60 mph: 2,3 detik

Dodge Demon adalah mobil versi produksi massal dari mobil konsep Dodge Demon Concept yang dirancang oleh DaimlerChrysler. Kelahiran roadster ini untuk mengisi slot kosong di bawah Viper sebagai mobil sport dengan banderol lebih ekonomis dari Dodge.

Roadster yang telah mengusung mesin berkapasitas 2,4 liter GEMA I4 ini dibuat untuk menyaingi Pontiac Solstice, Saturn Sky, dan Mazda Miata. Demon untuk pertama kalinya diperkenalkan ke publik di ajang pameran mobil Geneva Auto Show 2007. Untuk membesut kecepatan dari 0-60 mph, mobil yang telah mengusung sistem transmisi manual dengan enam tingkat percepatan ini hanya butuh waktu 2,3 detik.

3. Bugatti Chiron - 0-60 mph: 2,3 detik

Untuk posisi ketiga ditempati oleh supercar berbanderol 3 juta dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 41 miliar yakni Bugatti Chiron. Generasi selanjutnya dari Veyron ini untuk pertama kalinya dipamerkan ke depan publik di ajang pameran mobil terkemuka di dunia yaitu Geneva Motor Show pada 1 Maret 2016.

Supercar hasil rancangan Achim Anscheidt, Sasha Selipanov, Etienne Salome, dan Frank Heyl ini mengambil basis dari mobil konsep Bugatti Vision Gran Turismo. Penggunaan nama Chiron sendiri diambil dari nama pembalap Formula One asal Monaco yaitu Louis Alexandre Chiron yang finis di urutan keenam di Grand Prix seri Monaco musim 1955, ketika usianya genap 55 tahun.

Untuk dapat mengail kecepatan dari 0-60 mph, mobil yang dirakit di Molshein, Alsace, Prancis ini hanya butuh waktu 2,3 detik.

4. Porsche 918 Spyder - 0-60 mph: 2,5 detik

Rival dari McLaren P1 dan LaFerrari yaitu Porsche 918 Spyder masuk dalam kategori mobil tercepat. Supercar yang telah mengusung mesin hibrida plug-in ini didukung transmisi dual clutch dengan tujuh tingkat percepatan dan output daya maksimum sebesar 887 tenaga kuda.

Untuk motor listriknya sendiri memiliki jarak tempuh hingga 18 mil atau sekitar 28,9 km. Porsche 918 Spyder untuk pertama kalinya diperkenalkan ke publik dengan status sebagai mobil konsep di ajang pameran Geneva Motor Show 2010.

Sementara untuk versi produksi massal diperkenalkan pada September 2013 di ajang pameran Frankfurt Motor Show. Supercar hasil rancangan Michael Mauer diproduksi dengan jumlah yang terbatas yakni sebanyak 918 unit saja, sesuai dengan nama modelnya. Untuk membesut kecepatan dari 0-60 mph, supercar berbanderol 845.000 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 11,5 miliar ini hanya butuh waktu 2,5 detik.

5. Bugatti Veyron Super Sport - 0-60 mph: 2,5 detik

Bugatti Veyron Super Sport adalah varian yang lebih bertenaga dari supercar Bugatti Veyron. Jumlah unitnya sangat terbatas yakni hanya diproduksi sebanyak 30 unit saja. Selain mendapat revisi pada sektor mesin juga pada paket aerodinamisnya. Makanya tidak heran jika predator buas keluaran pabrikan mobil asal Molsheim, Alsace, Prancis ini pernah mengantongi gelar sebagai mobil produksi massal terkencang yang dapat dibesut hingga kecepatan 268 mph atau sekitar 431 km/jam.

Keberadaan Bugatti Veyron Super Sport untuk pertama kalinya diungkap ke publik di event The Quail 2010, lalu disusul event Monterey Historic Races 2010 yang dihelat di sirkuit Laguna Seca, dan di event Pebble Beach Concours d'Elegance 2010. Untuk membesut kecepatan dari 0-60 mph, supercar berbanderol 1,2 juta pound atau sekitar Rp 22,9 miliar ini hanya butuh waktu 2,5 detik.***

Baca Juga

VHDEI Gagas Digelarnya Indonesia Heritage Motorcycles

MELESTARIKAN keberadaan unit motor tua adalah sebuah upaya yang pantas diapresiasi. Hal itu pula yang kini tengah terus dilakukan oleh VHDEI (Vintage Harley-Davidson Enthusiast Indonesia).

All New Ertiga Lincah dan Stabil Bermanuver

UBUD, (PR).- Dalam sesi tes drive hari pertama di Bali, handling atau pengendalian kemudi All New Ertiga benar-benar teruji. Mobil keluarga ini mampu bermanuver dengan lincah di tikungan tanpa terasa body roll.