Knalpot Mengeluarkan Asap Putih? Bahaya!

Ilustrasi Asap Knalpot/TONI IRAWAN

TERKADANG asap yang keluar dari knalpot mengeluarkan warna putih. Normalnya asap yang dikeluarkan oleh knalpot sepeda motor 4 tak tidak mengeluarkan warna hitam apalagi yang paling parah mengeluarkan asap putih. 

Jika asap yang keluar berwarna hitam, ini mungkin saja tidak terlalu gawat dan tidak terlalu bermasalah jika tidak segera diperbaiki. Lain halnya dengan warna asap putih, ini perlu penanganan khusus karena kemungkinan ada komponen bagian dalam yang mengalami aus.

Pembakaran yang sempurna tentunya tidak akan mengeluarkan asap knalpot berwarna hitam apalagi putih. Jika asap knalpot mengeluarkan warna putih atau hitam menandakan sistem pembakaran pada kendaraan Anda kurang sempurna.

Lalu, apa yang menyebabkan asap yang dikeluarkan oleh knalpot berwarna putih? Penyebabnya beragam, dari mulai dari mulai ring piston mengalami keausan, silinder mesin aus hingga salah dalam pemilihan jenis pelumas.

Selain penyebab alami, ada juga penyebab lainnya yang mengakibatkan knalpot mengeluarkan asap putih yakni penggunaan knalpot racing. Ada beberapa model knalpot racing yang memiliki fitur di mana knalpot akan disemprotkan pelumas agar mampu bertahan dalam suhu yang ekstrem. Pelumas yang menempel pada knalpot akan terbakar dan mengeluarkan asap putih.

Solusinya yakni dengan menggunakan knalpot standar pabrikan. Sangat berisiko jika volume pelumas sepeda motor berkurang yang diakibatkan oleh fitur tersebut.

Cek volume pelumas

Efek yang ditimbulkan dari kondisi asap knalpot berwarna putih jika dibiarkan dalam waktu yang lama yaitu volume pelumas akan mengalami penyusutan yang signifikan. Jadi Anda harus curiga jika volume pelumas menjadi cepat berkurang, berarti ada yang tidak beres dengan kuda besi Anda. Rajin melakukan pengecekan ketinggian pelumas adalah salah satu upaya untuk meminimalisasi efeknya.

Efek lainnya yang tak kalah merugikan yaitu tenaga mesin menjadi kurang optimal. Tentu saja tidak optimal karena kondisi ring piston yang telah mengalami keausan. Selain itu, dapat menimbulkan timbunan kerak yang berlebih pada ruang bakar, akibat dari pelumas yang ikut terbakar sehingga proses pembakaran pada mesin yang tidak sempurna.

Untuk mengatasi asap putih yang disebabkan oleh pelumas yang ikut terbakar di dalam ruang bakar atau blok silinder yaitu dengan memeriksa oil seal klep, terutama telah melakukan penggantian oil seal klep. Setiap melakukan pembongkaran head silinder disarankan untuk mengganti seal klep dan skir klep.

Jika sudah melakukan penggantian oil seal klep maka harus melakukan pemeriksaan apakah bayang klep ada yang baret atau aus. Cara memeriksanya yakni dengan cara diraba dan dilihat pada batang klep. Pada batang klep biasanya ada garis-garis keausan. Batang klep yang aus dapat mengakibatkan pelumas dari silinder head masuk ke dalam ruang bakar. Jadi jika penyebabnya batang klep yang aus maka komponen ini yang harus segera diganti dengan yang baru.

Untuk penyebab yang diakibatkan oleh pemasangan ring piston yang tidak tepat atau hasil boring yang tidak rapi, disarankan untuk ditangani oleh mekanik yang terlatih. Untuk pemasangan ring piston memang tidak boleh terbalik karena ada aturannya. Jika pemasangannya tidak tepat dapat mengakibatkan pelumas dari crankshaft dapat menyusup ke atas piston.***

Baca Juga

Komunitas Otomotif Pelajar, Hilangkan Stigma Berandal Bermotor 

TASIKMALAYA, (PR).- Geng motor terkadang selalu diidentikkan dengan hal yang negatif.  Untuk menghilangkan stigma tersebut, kumpulan pelajar Kota Tasikmalaya membentuk Komunitas Otomotif Pelajar Kota Tasikmalaya, Sabtu, 31 Maret 2018.

Tips Aman Bermanuver di Jalan Raya

PENGENDARA sepeda motor perlu menyadari bahwa mereka memiliki risiko atau lebih rentan mengalami kecelakaan dibandingkan dengan pemakai mobil.