5 Sepeda Motor Paling Berat

Motor Harley-Davidson CVO Limited/VISORDOWN.COM

JIKA kita berbicara masalah ­berat pada sepeda motor, hal itu menunjukkan bobot kuda besi tersebut dan dinyatakan dalam satuan kilogram (kg). Selain itu, dapat kita bedakan menjadi ­empat jenis yakni berat kering, ­berat kendaraan, berat total kendaraan, dan berat semikering. Masing-masing memiliki ­karakteristik yang berbeda seperti berat ­kering merupakan berat keseluruhan kendaraan dan tidak termasuk bensin, ­pe­lumas, cairan radiator, cairan aki, pengendara atau perkakas kendaraan. 

Sementara itu, berat kendaraan merupakan berat total kenda­raan, termasuk bensin, pelumas, air radiator, elektrolit aki dalam keadaan siap digunakan. Akan tetapi, tidak termasuk pengendara atau perkakas kendaraan. Ukuran ini disebut juga berat ken­daraan kosong. Sementara itu, berat total ken­daraan adalah berat kendaraan ditambah berat pengendara dan yang terakhir yaitu berat semikering yaitu berat kendaraan total dikurangi ­berat bahan bakar. Ini lebih banyak diterapkan untuk mesin ­balap dan bukan untuk sepeda motor harian. Laman Visordown telah merilis daftar 5 sepeda motor berbobot terberat. Daftar ini dibuat berdasarkan berat kendaraan alias berat kendaraan kosong. Model-model apakah itu? Mari kita ungkap satu per satu.

1. Harley-Davidson CVO ­Limited-428 kg

Harley-Davidson CVO Limited adalah sepeda motor yang dibuat oleh Harley-Davidson untuk pasar factory custom. Bobotnya setara dengan Kawasaki Jet Ski 310LX yang juga terkenal sebagai jet ski terkencang di dunia dengan output tenaga maksimum 310 hp yang dihasilkan oleh mesin supercharged, 4 silinder berkapasitas 1.498 cc. Fitur spesial yang disematkan pada lineup CVO (Custom Vehicle Operations) yaitu upgrade terha­dap performa lewat pengaplikasi­an komponen branded "Screamin Eagle", hand-painted pinstripes, penggunaan kulit burung ­untuk pada jok dan side-bag, dan penggunaan aksesori elektronik seperti sistem navigasi GPS dan pemutar musik iPod.

2. Harley-Davidson Road Glide Ultra-425 kg

Untuk posisi kedua dari daftar 5 sepeda motor berbobot terberat yang ada di pasaran masih ditempati sepeda motor keluaran pabrikan asal Kota Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat ini yakni lewat model Harley-Davidson Road Glide Ultra. Bobotnya setara dengan bobot mesin Honda Super Blackbird yang digunakan mobil sport berbobot superringan yakni Caterham 7.

3. Indian Roadmaster/Roadmaster Elite-422 kg

Bobot Indian Roadmaster dan Roadmaster Elite ini sangat mendekati dari penghuni puncak dan runner-up dari daftar 5 sepeda motor ber­bobot terberat yang ada di pasaran saat ini. Akan tetapi, sayangnya, kedua model ini harus puas berada di posisi ketiga, kalah tipis dari rival mereka yakni Harley-Davidson. Bobotnya yang mencapai 422 kg setara dengan bobot mesin pesawat jenis monoplane dengan dua tempat duduk yakni Piper PA-18 Super Cub.

4. Harley-Davidson Ultra Limited-413 kg

Sepeda motor keluaran dari Harley-Davidson kembali mengisi daftar 5 sepeda motor berbobot terberat yang ada di pasaran. Ka­li ini ditempati model Harley-Davidson Ultra Limited yang memiliki bobot 413 kg. Bobotnya setara dengan mesin roket yang digunakan untuk ­pesawat riset North American X-15 di era 1960-an. Kecepatan roket ini dapat melesat hingga kecepatan 4.000 mph atau sekitar 6.437 km/jam.

5. Indian Roadmaster Classic-406 kg

Pada Perang Dunia II, pasukan Inggris sangat bergantung pada senjata seberat 15 pon. Bobot senjata seberat itu setara dengan bobot motor Indian Roadmaster Classic itu yang mencapai 406 kg. Ini adalah salah satu dari bagian kesuksesan yang dira­ih pabrikan motor yang berbasis di Kota Springfield, Massachusetts, Amerika Serikat itu yang sukses mengawinkan gaya ­vintage dengan teknologi otomotif modern yang disematkan pada model Roadmaster Classic.***

Baca Juga