Datsun Cross Tonjolkan Fitur Transmisi dan Stabilitas Berkendara

Datsun Cross/ASEP BUDIMAN/PR
PETINGGI Datsun dan pembalap wanita Rally Marina berfoto sebelum menguji Datsun Cross di lintasan Bridgestone Proving Ground, Karawang, Kamis 8 Maret 2018.*

KARAWANG, (PR).- Datsun Cross diuji oleh media massa untuk pertama kalinya di lintasan Bridgestone Proving Ground, Karawang. Awak media ditantang untuk membuktikan ketangguhan dan kenyamanan dengan berbagai kondisi jalan dan kecepatan berbeda.

Trek uji coba didesain untuk memberi kesempatan kepada pengemudi dan penumpang merasakan teknologi terkini pada Datsun Cross, serta kenyamanan dan kemudahan berkendara mobil ini. 

President Director PT Nissan Motor Indonesia (NMI), Eiichi Koito, mengatakan, sejak dulu Datsun dikenal memiliki DNA sebagai mobil compact yang kuat, tangguh, dan menarik. Generasi baru produknya, termasuk Datsun Cross, mewarisi DNA yang sama. Selain itu, mobil ini dikembangkan bagi generasi pelanggan baru, yang mencari deretan teknologi dan fitur keselamatan yang modern, yang diperkenalkan dalam satu paket dalam tampilan yang stylish. 

"Kami ingin sebanyak mungkin media dan pelanggan mencoba Datsun Cross dan merasakan kinerjanya yang dinamis dan nyaman," ucapnya sebelum test drive, Kamis 8 Maret 2018.

Dia menjelaskan, uji coba hari ini dilakukan di trek proving ground yang dirancang menyerupai kondisi berkendara yang sesungguhnya di Indonesia, termasuk jalur lurus dan menikung, serta jaianan yang datar dan bergelombang. Pihaknya ingin menunjukkan manfaat teknologi dan fitur Datsun Cross bagi pelanggan di Indonesia. 

Xtronic CVT

Datsun pun menonjolkan fitur transmisi xtronic CVT, vehicle dynamic control (VDC), dan kesenyapan kabin. Datsun Chief Vehicle Engineer Datsun Business Unit, Nissan Motor Co. Ltd., Nobuyuki Kawai, mengatakan, struktur xtronic CVT yang inovatif dengan gear box tambahan memperlihatkan ratio coverage sebesar 7,3:1. Ini merupakan kelas atas di dunia pengembangan transmisi otomatis dan lebih baik dibandingkan dengan transmisi otomatis lainnua.

“The xtronic CVT memberikan tiga manfaat utama bagi pelanggan, yaitu kehalusan berkendara, efisiensi bahan bakar, dan akselerasi yang responsif," tutur Kawai.

Dia melanjutkan, transmisi step-less ini memungkinkan peralihan gigi yang mulus dalam kemacetan lalu lintas. Rasio giginya yang lebar bermanfaat ketika berkendara di jalanan di Indonesia dan dapat menghemat bahan bakar karena rasio yang lebar tersebut mampu bekerja pada rpm mesin yang paling efisien. 

Vehicle Dynamic Control (VDC) 

Menurut dia, perlindungan keselamatan merupakan prioritas bagi pelanggan. Datsun Cross dilengkapi dengan sistem VDC dan kelincahan suspensi untuk membantu pengendara mengendalikan kendaraan sehingga berkendara menjadi lebih aman. VDC antara lain terdiri atas traction control system (TCS), anti-lock braking system (ABS) dengan electronic brake-force distribution (EBD), dan brake-limited slip differential (B-LSD). 

Bila mobil dalam keadaan over-steering, ungkap Kawai, VDC membantu meningkatkan stabilitas dengan melakukan pengereman pada kedua roda bagian luar dalam momen yang tepat sehingga kendaraan kembali stabil. Ketika kendaraan under-steering, VDC membantu meningkatkan kestabilan dengan mengerem bagian dalam roda belakang. 

Cross-over penuh gaya dengan ground clearance setingkat SUV ini, Datsun CROSS memiliki ground clearance setingkat segmen SUV dengan tinggi 200 mm dan ban berukuran 15” sehingga nyaman dikendarai di dalam kota. Ground clearance yang tinggi membuat pengemudi mampu dengan mudah melewati rintangan yang umumnya ada di perkotaan dan pinggiran kota. 

"Mobil ini juga memiliki body cladding yang kokoh dan skid plates di bawah bodi untuk melindungi struktur logam di bodi mobil dari kerusakan yang disebabkan oleh lumpur atau kerikil," ucap Kawai.

Kawai menerangkan, suspensinya disesuaikan untuk memberikan respons yang tinggi dan perasaan linear. Shock absorber dipasang pada kedua sisi untuk memberikan respons yang tinggi, yang membantu pengendara menjaga kestabilan gerakan kendaraan. Penyetelan suspensi depan dan belakang yang seimbang menciptakan gerakan linear, yang membuat penumpang merasa nyaman bahkan ketika mobil melaju di jalan bergelombang. 

Selain itu, Datsun menambah sejumlah pernyempurnaan pada panel bodi untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan kendaraan. Pada kendaraan ini juga ditambahkan lebih banyak insulasi sehingga kabin menjadi tenang dan menciptakan suasana rileks. 

“Saya suka sekali mengendarai Datsun Cross! Mobil ini tidak hanya keren desainnya, tapi juga steering-nya sangat pas, sangat stabil, dan nyaman,” kata Rally Marina, pembalap wanita yang ikut dalam sesi test drive. 

Dia mengaku lebih percaya diri karena mobil ini memiliki berbagai teknologi keamanan aktif yang cocok untuk pengendara wanita atau siapa saja yang memprioritaskan keselamatan saat berkendara bersama keluarga. "Kepercayaan diri bahwa saya dapat mengontrol mobil yang saya kendarai dan dapat membantu saya menghindari kecelakaan adalah faktor paling penting dalam memilih mobil," ujarnya.***

Baca Juga

DFSK Gelar Program Super Experience Activity

BANDUNG, (PR).- rata-rata setiap tahun tercatat pertambahan kendaraan bermotor yang lalu-lalang di jalanan kota Bandung sebesar sebelas persen. Sehingga tak kurang dari 1,5 juta kendaraan bermotor ada di wilayah kota Bandung dan sekitarnya.

Brio Satya Peringkat Pertama Penjualan Honda

CIMAHI, (PR).- Brio Satya menempati peringkat pertama penjualan terbanyak mobil produk Honda di Indonesia. Dari total penjualan mobil produk Honda, Brio Satya mencapai angka 38 persen. Mobil jenis ini menjadi buruang kalangan muda atau mereka yang baru membangun rumah tangga.

Honda Lakukan Ekspansi ke Cimahi

CIMAHI, (PR).- Potensi pasar otomotif di area Cimahi saat ini semakin berkembang. Potensi tersebut ditangkap Honda Prospect Motor (HPM) dengan melakukan ekspansi penjualan sekaligus mendirikan dealer baru.

19 Merek Mobil dan 7 Merek Motor Ramaikan BCA Expo 2018

NGAMPRAH, (PR).- Bandung menjadi salah satu pasar mobil yang potensial. Hal itu dibuktikan dengan kemunculan beberapa diler dari sejumlah pabrikan. Mereka berupaya menangkap peluang, tingginya minat masyarakat yang ada di Bandung terhadap otomotif.