5 Mobil Off-Road Jadul yang Tetap Menawan

Jeep WagoneerCHEATSHEET

TAMPILAN mobil-mobil off-road generasi lawas ini memang terlihat ”jadul”, tapi jika berbicara masalah performanya yang tangguh, tidak kalah dengan mobil-mobil off-road ­modern nan mewah. 

Kekurangannya mungkin hanya di bagian interiornya yang kurang ­mendapat sentuhan. Situs Cheatsheet telah merilis daftar mobil-mobil off-road klasik yang tetap asyik buat diajak berpetualang menaklukkan medan off-road atau dijadikan mobil untuk dimodifikasi.

1. Land Rover Defender

Land Rover Defender atau Land Rover Ninety dan Land Rover One Ten adalah mobil off-road dengan mesin berpenggerak empat roda yang dikembangkan oleh pabrikan asal Inggris yakni Land Rover (1983-2012) dan Jaguar Land Rover (2013-2016) dari Land Rover Series yang diluncurkan pada Juni 1948. 

Setelah diproduksi selama 67 tahun, mobil yang dirakit di fasilitas perakitan milik Land Rover di Inggris dan Malaysia ini akhirnya dihentikan produksinya pada 29 Januari 2016, saat perakitan unit terakhir dari model Defender, H166 HUE. 

Sementara kehadiran edisi spesial Land Rover Defender Works yang memiliki output tenaga sebesar 400 bhp itu telah diumum­kan oleh Jaguar Land Rover pada Januari 2018 lalu.

2. Ford Bronco

Ford Bronco adalah kendaraan yang masuk klasifikasi multi-purpose vehicle atau MPV yang diproduksi dan dipasarkan oleh Ford dari 1966 hingga 1996, lebih dari lima generasi. 

Rencananya pabrikan mobil yang berbasis di Dearborn, Michigan, Amerika Serikat ini akan membangunkan kembali pesaing Jeep CJ-5 dan International Harvester Scout dari ”tidur panjangnya” itu pada 2020. 

Mobil yang juga menggunakan sasis milik Ford F-Series yang dibuat lebih pendek ini memiliki kemiripan dengan Chevy K5 Blazer dan Dodge Ramcharger. 

3. Jeep CJ

Jeep CJ adalah SUV kompak yang pernah dibuat oleh beberapa pabrikan seperti di antaranya Willys-Overland (1944-1953), Kaiser-Jeep (1953-1970) dan American Motors Corporation (Jeep) (1970-1986). 

Pada 1944, Willys-Overland menjadi salah satu dari dua pabrikan mobil Jeep untuk keperluan militer di Perang Dunia 2 lewat model Willys MB, selain Ford yang juga memasok jip untuk keperluan militer yakni Ford GPW. 

Sementara prototipe pertama dari Jeep CJ ini dibangun sebagai versi komersial dan diberinama CJ, singkatan dari ”Civilian Jeep” alias jip sipil. Sejak awal kelahirannya yakni pada 1944 hingga 1986, Jeep CJ telah dibuat sebanyak 1,5 juta unit.

4. Jeep Wagoneer

Jeep Wagoneer dapat diklasifikasikan sebagai station wagon dan belakangan klasifikasi ukuran dari kendaraan ini termasuk sport utility vehicle alias SUV. 

Kendaraan ini dipasarkan oleh Jeep dengan beberapa model dari lansiran 1963 hingga 1993. Beberapa varian Wagoneer diproduksi di Amerika Serikat dan negara lainnya oleh Kaiser Motors dari 1962 hingga 1971, kemudian produksinya dilanjutkan oleh American Motors pada 1971 hingga 1987 dan yang terakhir diproduksi oleh Chrysler pada 1987 hingga 1993.

5. Chevrolet K5 Blazer

K5 Blazer adalah varian SUV full-size terkecil dari keluarga Chevrolet C/K dan diperkenalkan untuk pertama kalinya ke line-up Chevrolet pada 1969. 

Sementara Blazer versi full-size digantikan oleh Chevrolet Tahoe pada 1995. Lalu pada 1970, GMC memperkenalkan model truk besutannya sendiri yang mereka namai Jimmy, yang akhirnya dimatikan pada 1991 dan digantikan oleh GMC Yukon pada 1992. 

Keduanya mengambil basis dari truk dengan ”wheelbase” pendek berpenggerak roda belakang atau 4WD.***

Baca Juga

Agar Servis Mobil Daihatsu Bisa Cepat, Pakai Booking Service

DAIHATSU menjadi salah satu primadona masyarakat Indonesia dalam hal mobil ekonomis dan tidak menguras kantong. Hal itu terjadi, salah satunya, karena Daihatsu melakukan inovasi dalam sektor pelayanannya di diler atau bengkel resmi.

Kustomfest 2018, Pemersatu Bangsa Melalui Karya Modifikasi

YOGYAKARTA, (PR).- Kustomfest 2018 adalah pergelaran yang paling ditunggu-tunggu para modifikator nasional. Ajang ini menjadi pemersatu bangsa di tengah perbedaan yang meruncing menjelang pemilu presiden tahun 2019.

Persaudaraan Tiada Batas di Daihatsu Ayla Indonesia Chapter Bandung

KETIKA lebih kurang lima tahun lalu ­Daihatsu Ayla diperkenalkan sebagai ­mobil kompak terbaru di Indonesia yang ­mendukung program LCGC, maka mobil ­berkapasitas 5-penumpang berkonsep green car ­tersebut disambut dengan respons positif ol