Tips Membersihkan Throttle Body Sendiri

Membersihkan Throttle Body/TONI IRAWAN

MUNGKIN banyak yang beranggapan motor injeksi itu tidak perlu perawatan. Anggapan tersebut sungguh keliru dan bisa dibilang menyesatkan.

Pada saat servis motor karburator, bagian karburatornya dibongkar dan dibersihkan. Lain halnya dengan motor injeksi. Setiap servis tidak perlu membongkar komponen injektor karena akan rawan mengalami kerusakan (terutama pada bagian sensor-sensor yang ada di sistem injeksi) jika terlalu sering dibongkar dan dipasang. Solusinya yakni dengan servis injeksi setiap 10.000 km. Servis injeksi ini sifatnya wajib, terutama bagi Anda yang sering menggunakan bahan bakar premium.

Selain membersihkan bagian injektor, bagian lainnya yang harus mendapat perawatan pada motor dengan sistem pengabutan injeksi yakni pada bagian throttle body. Penumpukan karbon sering terjadi di throttle body. Biasanya karbon mengganjal katup kupu-kupu sehingga tidak dapat menutup dengan sempurna. Efeknya, putaran mesin menjadi kacau, bisa naik dan turun sendiri.

Lalu, apa itu throttle body? Throttle body adalah bagian dari sistem asupan udara yang mengontrol jumlah udara yang mengalir ke dalam mesin. Letaknya biasanya di antara saringan udara dan intake manifold, melekat dan dekat dengan sensor aliran udara. Bagian terbesar dalam throttle body adalah pelat throttle, yang merupakan katup kupu-kupu yaang mengatur debit aliran udara. Berikut ini langkah-langkah yang dapat kita lakukan ketika melakukan perawatan terhadap throttle body secara mandiri.

Pertama, lepas bagian yang menutupi bagian throttle body. Untuk motor sport injeksi seperti Yamaha Vixion, cukup dengan melepas bagian bodi samping.

Kedua, lepas baut untuk pengaturan langsam. Untuk langkah ini, lepas baut berikut per nya dan simpan di tempat yang aman agar jangan sampai hilang. Langkah berikutnya yakni dengan menyemprot kedua komponen itu dengan injector cleaner. Cairan ini dapat merontokkan kotoran yang ada pada kedua komponen itu. Lalu, keringkanlah dengan menggunakan lap bersih.

Ketiga, pasang kembali baut pengaturan langsam ke throttle body. Putar searah jarum jam hingga mentok, lalu putar berlawanan arah jarum jam sebanyak 3-4 putaran. 

Keempat, lepaskan sambungan antara filter udara dan throttle body. Setelah dilepas, semprotkan injector cleaner pada lubang throttle body. Lakukan penyemprotan sambil menghidupkan mesin dan memainkan handle gas. Usahakan jangan sampai mesin mati ketika melakukan langkah ini.***

Baca Juga

5 Mobil Off-Road Jadul yang Tetap Menawan

TAMPILAN mobil-mobil off-road generasi lawas ini memang terlihat ”jadul”, tapi jika berbicara masalah performanya yang tangguh, tidak kalah dengan mobil-mobil off-road ­modern nan mewah. 

Tips Atasi Busi yang Selalu Basah

DALAM keadaan normal, seharusnya busi dalam keadaan ke­ring sehingga mampu untuk memercikkan api untuk membakar campuran gas di ruang pembakaran sebagai hasil kerja dari karburator atau injektor. 

Tips Mengemudi Nyaman di Tengah Kemacetan

KETIKA lalu lintas dalam kondisi macet, banyak pengendara mobil merasa lelah, pegal, bercampur kesal. Bahkan, media luar sekelas mirror.co.uk mengategorikan kemacetan di Indonesia (Jakarta) sebagai sebuah horor tersendiri.