Tokyo Auto Salon 2018, Ekshibisi dan Inspirasi Mobil Modifikasi

Honda CR-V Custom Concept/CARSCOOPS

PERHELATAN akbar Tokyo Auto Salon 2018 ­digelar akhir pekan ini di Makuhari Messe, Chiba, Tokyo, 12-14 Januari 2018. Pameran yang digelar dan telah menjadi tradisi ini, dikenal berhasil ­menjadi wadah ekshibisi mobil modifikasi dan ­mengakomodasinya dengan baik. 

Pabrikan otomotif asal Jepang biasanya menampilkan beberapa model ubahan yang kental bergaya khas hasil modifikasi sekaligus tampil sebagai inspirasi. Di ajang tersebut, pabrikan asal Jepang juga dapat memasarkan item aksesori aftermarket resmi.

Maka, pabrikan sebesar Honda yang selalu menjadi peserta aktif di ajang tersebut, menganggap ajang Tokyo Auto Salon sebagai bentuk kesenangan yang dituangkan oleh Honda dalam dunia otomotif juga menunjukkan daya tarik serta hasratnya terhadap dunia olah raga atau kompetisi sekelas balap. Honda di antaranya siap menampilkan Honda CR-V Custom Concept di ajang ini.

Honda CR-V Custom Concept ini akan mendapatkan sejumlah part khusus yang membuatnya lebih sporty, yang kombinasinya berhasil menjadikan mobil ini terlihat agresif. Beberapa model lain juga dihadirkan Honda untuk menyemarakkannya. Maka, model sekelas NSX teranyar, Civic Type R, N-One RS, serta Freed Modulo X menjadi penghias display Honda di ajang pameran ini.

Honda juga menyiapkan dan membawa model-model lain yang digunakan pada ajang balap seperti DW12 IndyCar, NSX GT3, Civic TCR, Super Formula single-seater, serta Super GT-spec NSX GT. Dengan semua model tersebut, diharapkan pengunjung akan lebih puas melihat teknologi-teknologi terbaru hasil kiprah Honda.

Toyota juga menyiapkan racikan ciamik yang me­ngagumkan di Tokyo Auto Salon 2018. Fokusnya adalah hasil kreasi Toyota Gazoo Racing, yang meng­angkat tema Meister’s Workshop, siap memajang mobil-mobil yang bertarung di kompetisi internasional. 

Dengan line-up tersebut ada Yaris WRC dan TS050 Hybrid, sedangkan Toyota Gazoo Racing juga akan menempatkan GR Super Sport Concept, mobil yang bertarung di World Endurance Championship (WEC).

Mobil GR Super Sport Concept merupakan cermin­an kemampuan teknologi yang diterapkan dalam balap kejuaraan dunia.

Versi produksi Toyota 86 GR juga siap dipajang, tentunya sudah mendapat penanganan khusus di bagian eksterior, interior, dan juga performa. Sementara itu, Vitz GRMN yang hanya tersedia 150 unit akan menjadi pusat perhatian kaum muda.

Menggandeng rumah modifikasi

Sementara Mazda, seperti dilaporkan motor1.com, bersiap hadir dengan Mazda CX-5 Custom Style 2018, yang diperkaya set rim berbentuk Y-spoke. Tidak ke­tinggalan, hadir pula Mitsubishi Outlander PHEV Premium Sports Concept, yang dilengkapi dengan body kit hasil revisi dengan trim serat karbon, dengan satu set pelek berdimensi ring 20 inci.

Daihatsu Motor Company juga turut unjuk keboleh­an melalui rumah modifikasi. Ada dua nama merek yang coba diperkenalkan Daihatsu, yakni Sporto dan Sporza. Pada ajang pameran modifikasi ini, Daihatsu memboyong sembilan model andalannya, yang sudah dimodifikasi. Hal ini menarik karena hampir sembilan model yang dibawa ini pernah dipajang Daihatsu ­Indonesia pada ajang GIIAS 2017 lalu. 

Semuanya dari jenis kei-car, mobil dengan spesifikasi khusus yang hanya dipasarkan untuk pasar domestik Jepang (JDM). 

Seperti dilaporkan Carscoops, seluruh model yang disiapkan, punya tiga tema modifikasi yang disiapkan, yakni sporty, premium, dan active. Maka, hadirlah Boon Sporto Package. Juga ada Thor dan Mira dengan sentuhan Sporza. Paket ubahan terjadi hampir di seluruh eksterior dengan full body kit dan pelek baru.

Ada Tanto, Move, dan juga Thor yang mendapatkan sentuhan modifikasi mewah. Warna elegan seperti putih mutiara, hitam, dan sentuhan krom membuat konsep premium ini jadi lebih terasa. 

Tidak ketinggalan minibus Hijet ala offroad, juga ada (Hijet) versi pikap, dan Boon yang dibuat gaya crossover. 

Dari Suzuki, hadir varian Suzuki Swift Sport Auto Salon Version, adalah hatchback dengan performa street-style berbasis Suzuki Sport 2018. Bagian samping Swift Sport Auto Salon Version mendapat decal eksklusif, highlight merah, cover spion merah, dan tulisan ”Sport” di pintu belakang.

Swift ini menggunakan mesin Boosterjet K10C 1.400 cc. Tenaga mobil ini 140 dk pada 5.500 rpm dan torsi 230 nm dari 2.500-3.500 rpm. Mesin bensin turbocharger itu terhubung ke pilihan transmisi manual 6 percepatan atau transmisi otomatis 6 percepatan.

Nissan membawa tiga konsep ke Tokyo Auto Salon 2018, masing-masing dari model hatchback listrik Nissan Leaf, SUV ada Nissan X-Trail, dan jenis van diwakili NV350 Grand Touring Concepts. model SUV, X-Trail yang memang juga cukup populer di Indonesia. 

Tampangnya disentuh ulang sehingga lebih agresif terutama saat diajak berpetualang. Nissan menyebutnya dengan konsep X-Trail Grand Touring. Tampangnya berubah lebih macho, aksen krom gelap pada logo dan kisi V-motion.***

Baca Juga

Pemudik Bisa Manfaatkan Bengkel Siaga Honda

BANDUNG, (PR).-
Pemudik bisa memanfaatkan Bengkel Siaga Honda jika kendaraannya mengalami masalah di perjalanan. Secara nasional, Honda Prospect Motor (HPM) menyediakan 114 titik, sedangkan di wilayah Jawa Barat-Banten menyediakan 11 dealer resmi dan tiga posko Honda yang buka 24 jam.

Beli Huawei, Bisa Bawa Pulang Mobil Toyota

RAMADAN ini, Huawei membagikan 9 mobil Toyota Calya, 12 sepeda motor Yamaha, 120 smartphone Huawei Nova 2 Lite, dan 1.200 unit powerbank sebagai hadiah dalam program “Huawei Tebar Hadiah Ramadhan”.