5 Mobil Klasik yang Mengubah Wajah Otomotif Dunia

Chevrolet Corvette/CHEATSHEET.COM

MOBIL-mobil Amerika telah menjadi pelopor di dunia otomotif sejak lama. Bahkan, jauh terjadi sebelum lahirnya Model T keluaran Ford di fasilitas perakitan mereka di Dearborb, Michigan, Amerika Serikat.

Fitur seperti electric starter, mesin V8, transmisi otomatis, car stereo, dan muscle car adalah salah satu penemuan Amerika. Masing-masing memilik efek yang mendalam pada cara orang berinteraksi dengan mobil mereka di seluruh dunia.

Mobil-mobil keluaran Amerika menawarkan performa, kemewahan, keterjangkauan, dan kombinasi dari semuanya. Semua itu bisa kita lihat dari mobil-mobil klasik Amerika Serikat.

Laman Cheatsheet telah membuat daftar 5 mobil klasik yang mengubah wajah otomotif dunia. Berikut adalah daftarnya:

1. Tucker 48

Tucker 48 adalah mobil hasil rancangan George S. Lawson, Alex Tremulis, Read Viemeister, Budd Steinhilber, Tucker Madawick, Hal Bergstrom, dan Philip S. Egan. Mobil diproduksi di Chicago pada 1948, makanya penamaan mobil ada embel-embel 48 yang merupakan ahun lahirnya mobil tersebut.

Sayangnya mobil yang diperkenalkan oleh entrepreneur otomotif asal Amerika Serikat yakni Preston Thomas Tucker itu hanya dibuat sebanyak 51 unit. Perusahaan menghentikan produksinya pada 3 Maret 1949 karena pemberitaan negatif oleh media, investigasi Komisi Bursa Saham, dan pengadilan kecurangan saham yang dipublikasikan secara luas.

Keruntuhan Tucker menjadi skandal nasional, dan pemerintah Amerika Serikat mendakwa eksekutif perusahaan yang telah melakukan kecurangan. Tucker telah menjadi mobil Amerika paling berharga yang pernah ada. Mobil ini berhasil dilelang oleh RM Sothebys pada Agustus 2014 dan banderol seharga 1.567.500 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 21 miliar.

2. Cadillac Eldorado

Cadillac Eldorado adalah personal luxury car yang diproduksi dan dipasarkan oleh Cadillac dari 1952 hingga 2002 dan telah dibuat hingga lebih dari sepuluh generasi. Pesaing dari Eldorado di antaranya Lincoln Mark series, Buick Riviera, Oldsmobile Toronado dan Chrysler Imperial Coupe.

Mobil yang juga dikenal sebagai Cadillac Fleetwood Eldorado ini pernah digunakan oleh presiden Amerika Serikat ke-34 yakni Dwight D. Eisenhower dan bintang rock and roll Elvis Presley.

Pada akhir dekade ini, model empat pintu telah dirancang ulang dan harganya jauh lebih mahal dari Rolls-Royce Silver Cloud dan dianggap sebagai salah satu mobil paling elegan di dunia.

Pada 1967, Eldorado menjadi personal luxury coupe dua pintu dengan desain radikal, sukses mengalahkan pesaingnya pada era 1960-an dan 1970-an, dan sekaligus menjadi mobil berpenggerak roda depan kedua yang pernah dibangun oleh General Motors.

Cadillac Eldorado lansiran 1958 laku dijual di rumah lelang RM Sotheby dengan banderol seharga 148.500 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 2 miliar.

3. Chevrolet Corvette

Chevrolet Corvette atau Vette dan kadang menggunakan sebutan Chevy Corvette adalah mobil sport yang diproduksi oleh Chevrolet. Mobil diproduksi hingga generasi ketujuh. Model pertama adalah convertible, diperkenalkan oleh GM Motorama pada 1953 sebagai mobil konsep.

Mobil aslinya dibangun di Flint, Michigan dan St. Louis, Missouri. Saat ini, Corvette diproduksi di Bowling Green, Kentucky dan menjadi mobil balap resmi dari negara bagian Kentucky. Chevrolet memperkenalkan Corvette bermesin V6 yang digunakan oleh roadster.

Sejak itu, Corvette menjadi mobil sport Amerika menjadi salah satu model yang memiliki penggemar yang loyal di dunia. Pada 2014, L-88 Stingray Corvette lansiran 1967 laku dijual hingga 3,85 juta dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 52 miliar, sekaligus menjadikannya sebagai Corvette termahal sepanjang masa.

4. Shelby Cobra

AC Cobra dipasarkan sebagai Shelby Cobra untuk pasar Amerika Serikat. Ini adalah mobil sport Anglo-Amerika bermesin V8 keluaran Ford dan diproduksi di Inggris dan Amerika Serikat sejak 1962.

Dari 1965 hingga 1967 telah diproduksi sebanyak 427 unit Cobra dan menjadikannya sebagai mobil Shelby yang paling ikonik. Cobra "Semi-Competition" lansiran 1967 laku terjual di rumah lelang RM Sotheby dengan banderol 2.117.500 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 28,6 miliar.

5. Ford Mustang

Mobil sport dengan harga terjangkau memang telah hadir sebelum kelahiran Mustang. Tapi tidak ada satu pun yang dapat mengalahkan kesuksesan dan daya tarik abadi dari mobil berlogo kuda ini. 
Diperkenalkan untuk pertama kalinya pada World Fair 1964, dan berhasil menarik konsumen berusia muda. Pada 1967, Mustang menjadi pesaing terkuat bagi kompetitor mereka seperti Chevrolet Camaro, Pontiac Firebird, Plymouth Barracuda, dan AMC Javelin.

Selama 36 bulan sejak dirilis, Mustang telah terjual sebanyak 1,7 juta unit. Kini, Mustang telah memasuki dekade kelima dan masih menjadi mobil yang paling populer di pasar muscle car Amerika.***

Baca Juga

Tarikan Gas Tidak Stabil, Ini Solusinya

MUNGKIN Anda pernah mengalami hal yang menjengkelkan ketika berkendara yakni saat menarik tuas gas terasa tidak stabil. Hal yang Anda rasakan seolah sepeda motor seperti akan mogok. 

Lakukan Promo, Pesanan Mobil Honda Meningkat

BANDUNG. (PR).- Saat pasar otomotif secara nasional mengalami kelesuan, hal tersebut tidak berlaku di Jawa Barat (Jabar) dan Banten. Ini dibuktikan dengan penjualan produk Honda di wilayah Jabar dan Banten yang meningkat dibanding tahun sebelumnya.