7 Tips Agar Sepeda Motor Tidak Mogok Saat Banjir

PENGENDARA tak dapat berbuat banyak melihat banjir yang memutus Jln. Amir Machmud Kota Cimahi, sementara pengendara sepeda motor yang nekat terjebak di tengah banjir, Senin (14/11). Hujan lebat disertai angin kencang mengakibatkan banjir yang memutus Jln.
Sepeda Motor Mogok/HARRY SURJANA/PR

MESKI belum mencapai puncaknya, hujan dengan intensitas tinggi mulai sering terjadi. Karena tidak didukung oleh sarana dan prasarana perkotaan yang seharusnya, maka banjir sering terjadi. Tak hanya sering, tapi juga semakin meningkat ketinggiannya.

Tengok saja di wilayah Bandung selatan. Hujan sebentar saja akan meluapkan sungai di sekitarnya. Saluran pembuangan air meluap hingga ke jalan hingga menciptakan genangan yang dalam. Akibatnya, banyak kendaraan mogok saat menerjang banjir itu.

Daniel, seorang mekanik sebuah bengkel di sekitar Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, berbagi cerita tentang banyaknya sepeda motor yang tergenang banjir tersebut. Maklum, ia seringkali menerima "pasien" pengendara yang terpaksa memapah sepeda motornya setelah menembus genangan banjir.

Menurut mayoritas sepeda motor yang mogok adalah berjenis matic. Bagian oli, busi, serta saringan udara motor adalah yang paling banyak terkena air dan menjadi penyebab motor mogok. Jika keseringan mogok akibat banjir, maka tak menutup kemungkinan mesin motor akan cepat rusak.

Daniel pun berbagi tips agar sepeda motor tidak mogok. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Perhatikan ketinggian air jangan sampai melewati busi pada motor. Hal itu bisa menyebabkan pengapian dalam mesin tidak berjalan sempurna.

2. Mematikan mesin motor saat menerobos banjir akan menghindari masuknya air ke dalam mesin melalui knalpot.

3. Sumbatlah lubang knalpot dengan spons bila Anda masih tetap ingin memaksakan mesin motor hidup. Setidaknya itu dapat mengurangi air masuk ke mesin.

4. Bila motor mogok setelah menerobos banjir, angkat body motor dengan posisi knalpot di bawah. Upaya itu dilakukan agar air yang dalam knalpot keluar.

5. Saat musim hujan, berikan perhatian lebih untuk busi. Lapisilah komponen busi dengan gemuk atau grease. Setidaknya pelindung itu dapat meminimalisasi air masuk ke area pengapian. 

6. Perhatikan spakbor atau tameng air pada sepeda motor. Sebenarnya sepeda motor dirancang untuk tahan dalam berbagai kondisi apapun. Jika Anda melepas spakbor, sebaiknya dipasang kembali saat musim hujan. Fungsi utama spakbor adalah untuk memecah air. Saat dilepas, air akan dengan mudah masuk pada bagiab mesin.

7. Uang tambahan, mau tidak mau, diperlukan saat musim hujan tiba. Menurut Daniel, bila saat banjir datang lalu motor Anda mogok, maka biasanya jasa servis motor di bengkel akan naik 50%-70%. (Dani Ramdani)***

Baca Juga

Avanza Jadi yang Terlaris Sepanjang 2017

SECARA umum, penjualan mobil di Indonesia masih didominasi merek-merek eks Jepang. Merek-merek sekelas, Toyota, Honda, Daihatsu, Suzuki, dan Mitsubishi menjadi merek mobil yang tetap banyak diminati.