Ini Dia 5 Motor dengan Mesin Terbesar 2018

Harley-Davidson 114/VISORDOWN

TAHUN 2017 hanya tinggal menyisakan waktu sekitar dua bulan. Namun, aroma persaingan yang sangat sengit dari setiap pabrikan sepeda motor dalam menyambut 2018 terlihat begitu ketat.

Setiap pabrikan menawarkan fitur andalan, salah satunya kapasitas mesin yang besar. Selain itu, mesin-mesin yang akan dipasarkan di tahun depan itu harus lolos standar emisi Euro4. 

Berikut adalah 5 sepeda motor dengan mesin paling besar yang akan dirilis tahun depan:

1. Harley-Davidson 117 - 1.923 cc

Harley-Davidson 117 menjadi pemuncak daftar 5 motor bermesin terbesar yang akan dipasarkan tahun depan. Mesin Milwaukee-Eight 117 terbaru juga digunakan untuk model CVO 2018, termasuk CVO Limited.

Namun, tidak menutup kemungkinan mesin ini digunakan lebih luas lagi ke model lainnya di masa depan. Dapur pacunya dapat memuntahkan tenaga sebesar 105 bhp dan torsinya sebesar 125 lb-ft pada putaran mesin 3.500 rpm. 

2. Harley-Davidson 114 - 1.868 cc

Ketika mesin Milwaukee-Eight pertama kali diluncurkan, versi 114 inci kubik hanya muncul dalam beberapa model CVO. Sementara itu, untuk lansiran 2018, ditawarkan sebagai opsi dari beberapa model Touring dan Softail, termasuk Breakout.

Untuk Softail 2018, telah mendapat fitur dual internal counter-balancing, yang dipasangkan dengan engine mount yang lebih rigid sehingga dapat mengurangi getaran mesin. Mesinnya menghasilkan tenaga maksimum sebesar 92,7 hp dan torsi maksimum sebesar 114 lb-ft.

Sementara itu, torsi maksimum dapat kita kail pada putaran mesin sebesar 3.000 rpm dan output daya maksimum dapat diraih pada putaran mesin 6.000 rpm.

3. Honda Gold Wing - 1.833 cc

Ini adalah motor enam silinder kedua yang masuk ke dalam daftar dan telah menggunakan mesin terbaru. Sejauh ini belum ada bocoran mengenai spesifikasi motor bergenre touring besutan dari Honda ini.

Namun yang jelas, besar kubikasinya naik 1 cc yakni dari sebelumnya 1.832 cc menjadi 1.833. Kehadiran motor yang pertama kali diperkenalkan ke publik di event Cologne Motorcycle Show pada Oktober 1974 ini begitu populer di pasar Amerika Utara, Eropa, dan Australia, dan tentu saja Jepang.

Total penjualannya sudah menyentuh angka lebih dari 640.000 unit, dan di Amerika Serikat terjual paling paling banyak. Oleh karena itu, tidak heran jika Society of Automotive Engineers of Japan telah memasukkan Honda Gold Wing GL100 yang diproduksi pada 1974 sebagai salah satu dari 240 Landmark Teknologi Otomotif Jepang.

4. Indian Big Twin - 1.811 cc

Indian Thunder Stroke 111 terbaru akan segera hadir di pasaran pada tahun depan sebagai upaya dari Indian untuk menyaingi Harley-Davidson. Mesin terbarunya itu didukung mesin berpendingin udara.

V-Twin memiliki konfigurasi 49 derajat 111 inci kubik dengan ukuran diameter 101 mm dan langkah 113 mm. Motor ini merupakan perpaduan antara teknologi modern dengan fitur spesial yang ditawarkan oleh pabrikan motor yang berbasis di Kota Springfield, Amerika Serikat.

Meskipun mesinnya mendapat saingan dari adiknya yang lebih modern seperti Scout yang telah mengusung mesin DOHC dan berpendingin udara, Thunder Stroke 111 memiliki tenaga yang jauh lebih mumpuni. Model lainnya yang juga menggunakan mesin yang sama persis dengan yang digunakan oleh Thunder Stroke 111 adalah Chief, Springfield, Roadmaster, dan Chieftain.

5. Harley-Davidson 107 - 1.745 cc

Posisi paling buncit dari daftar motor dengan mesin terbesar yang akan dipasarkan pada 2018 ditempati oleh Harley Davidson 107 2018 yang telah menggendong mesin seperti yang digunakan oleh Street Bob 2018. Ini merupakan versi terkecil dari desain mesin terbaru yang dibuat oleh Harley-Davidson.

Mesin tersebut merupakan generasi kesembilan dari mesin big twin yang dikembangkan oleh pabrikan motor yang berbasis di Kota Milwaukee ini. Dapur pacunya mengunakan delapan buah katup di dalam dua silinder, menggunakan konfigurasi V-Twin 45 derajat, yang dikombinasikan dengan pendingin udara, cairan dan oli, serta activate valve dengan pushrod.***

Baca Juga

5 Motor Terbaik di Eropa Ini Ternyata "Made in China"

INDUSTRI sepeda motor Tiongkok ibaratnya sebuah labirin. Para pabrikan saling terkait bahkan tak jarang sering berbagi komponen, rebranding mesin dari perusahaan lain, atau meniru desain mesin dari pabrikan terkenal.

Ribuan Bikers Tumpah Ruah di Kopdargab Max Day 2

BANDUNG,(PR).- Tercatat lebih dari 7.000 pecinta dan pengguna Yamaha Max Series berkumpul di Lapangan Wiradhika Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (SECAPA AD) Hegarmanah, Bandung, Sabtu, 21 Oktober 2017 lalu.