Apa Fungsi Sebenarnya Headrest di Mobil?

Headrest/ALIEXPRESS

SETIAP mobil standar dipastikan memiliki headrest di joknya. Kenyataannya, banyak pemilik mobil yang belum mengerti secara keseluruhan tentang fungsi dan keberadaan headrest. 

Headrest, biasa diartikan sebagai sandaran kepala, adalah salah satu fitur keselamatan pada interior mobil yang sudah lazim tersedia. Padahal, nama sebenarnya dari bagian itu adalah head restraint yang berarti penahan kepala.

Jusri Pulubuhu, instruktur kepala Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), memberikan penjelasan lengkap tentang apa dan fungsi sebenarnya headrest. Menurut dia, headrest bukan hanya untuk tempat istirahat kepala, melainkan alat untuk me­ngurangi risiko cedera leher pada saat terjadi benturan atau tabrakan dari belakang.

"Headrest itu merupakan bagian dari restraint system, yaitu alat pengaman penumpang atau pengemudi dalam kendaraan. Jadi, untuk mengurangi pada kecelakaan serius ataupun kecelakaan tingkat lainnya yang tidak serius sekalipun," kata Jusri Pulubuhu. Itu sebabnya, headrest menjadi salah satu fitur keselamatan yang wajib ada pada setiap mobil.

Menurut Jusri, headrest ini memiliki peran penting untuk menyelamatkan kita dari cedera atau bahkan kematian akibat kecelakaan. Sayangnya, masih banyak pengguna mobil yang mengabaikan fitur tersebut. Dengan alasan estetika atau kontes, banyak yang mengubah bahkan menghilangkan bagian headrest ini.

Walaupun nampaknya sepele, ternyata penting kan keberadaan headrest ini.***

Baca Juga

5 Mobil Klasik yang Mengubah Wajah Otomotif Dunia

MOBIL-mobil Amerika telah menjadi pelopor di dunia otomotif sejak lama. Bahkan, jauh terjadi sebelum lahirnya Model T keluaran Ford di fasilitas perakitan mereka di Dearborb, Michigan, Amerika Serikat.

5 Motor Terbaik di Eropa Ini Ternyata "Made in China"

INDUSTRI sepeda motor Tiongkok ibaratnya sebuah labirin. Para pabrikan saling terkait bahkan tak jarang sering berbagi komponen, rebranding mesin dari perusahaan lain, atau meniru desain mesin dari pabrikan terkenal.