5 Motor Sport 2 Tak 125cc Paling Populer

Aprilia AF1 Futura/VISORDOWN.COM

RENTANG akhir 1980-an hingga awal 1990-an merupakan masa keemasan untuk motor sport 2 tak 125cc. Saat itu, motor bermesin 2 tak sangat populer dan digandrungi kawula muda. Pasar yang terbentuk kemudian berkembang sangat kompetitif. Pabrikan berlomba-lomba untuk membuat motor paling radikal, teringan, sekaligus tercepat.

Laman Visordown telah merilis daftar 5 motor sport 2 tak 125cc terpopuler. Berikut adalah lima sepeda motor sport 2 tak 125cc yang paling populer hingga kini:

1. Aprilia AF1 Futura

Motor 2 tak berpendingin cair, silinder tunggal, 124cc keluaran Aprilia ini menjadi pemuncak daftar motor sport 2 tak 125cc terpopuler. Dari dapur pacunya dapat menghasilkan tenaga sebesar 32 hp dan torsi maksimum sebesar 22 Nm. Sistem transmisinya didukung dengan transmisi manual dengan 6 tingkat percepatan. Fitur lainnya yang ditawarkan di antaranya inverted front fork, suspensi belakang adjustable monoshock, rem depan dan belakang sudah didukung rem cakram, full-fairing yang aerodinamis dengan windscreen berukuran kecil serta didukung panel instrumen digital.

2. Gilera GFR

Untuk urusan desain, Gilera memang sedikit lebih radikal jika dibandingkan dengan para kompetitornya. GFR dibuat sebegai motor replika balap dengan desain yang kental aroma balapnya, seperti penggunaan stiker dan warna yang digunakan Gilera saat turun balapan. Salah satu yang menarik yakni penggunaan swing-arm alias lengan ayun model mono atau single-sided swing arm, dicomot dari model Chrono, SP02 dan SP01. 

3. Aprilia RS125R Extrema

RS125R adalah RS125 yang telah mendapat pembenahan dari sisi gaya dan performa. Bahkan liverynya pun mirip dengan motor-motor balap di era GP 125cc. Rangkanya sendiri dikembangkan bersama dengan Valentino Rossi. Jika Anda beruntung, Anda pun memiliki kesempatan untuk mengoleksi salah satu motor replika The Doctor. Gaya desain yang digunakan Aprilia RS125R terus bertahan hingga 2012. Saat ini, Aprilia RS125R Extrema bekas dibanderol seharga 2.000 pound atau sekitar Rp 33,8 juta.

4. Cagiva Mito

Cagiva Mito adalah motor pertama yang digunakan oleh juara dunia sembilan kali GP motor Valentino Rossi. Pada 1994, The Doctor menggunakan motor spesifikasi pabrikan Mito ketika manajer tim Cagiva oleh Claudio Lusuardi. Selama 1990-an, Mito menjadi pesaing kuat untuk Aprilia AF1 Futura dan kemudian RS125, sama-sama 2 tak 125cc dan replika motor balap. Sayangnya, pada 2012, produksi Mito telah dihentikan. Ini merupakan imbas dari semakin ketatnya persyaratan emisi gas buang. Mito SP525 dengan varian warna putih adalah produksi terakhir dan setiap untinya dibubuhi tanda tangan CEO MV Agusta yakni Giovanni Castiglioni. 

5. Honda NS125R

Honda NS125R hadir ketika era di mana motor sport dengan kubikasi besar dengan teknologi yang revolusioner seperti yang digunakan GSX-R750 sedang memasuki masa jaya-jayanya. Motor sport 2 tak bermesin 125cc besutan Honda itu memiliki output daya maksimum sebesar 25bhp. Dari sisi performa, kuda besi keluaran pabrikan berlogo sayap kepak itu memiliki handling yang tidak sebagus kompetitornya yang ada di daftar. Liverynya pun menggunakan livery yang biasa digunakan oleh motor Honda NSR500 di GP 500cc yang ditunggangi oleh juara dunia lima kali GP 500cc Michael Doohan (Rothmans Honda).***

Baca Juga

Resmi Beroperasi, Wuling Motors Harus Serap Konten Lokal

CIKARANG, (PR).- Pabrik PT SAIC General Motors Wuling atau SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) memulai proses produk massalnya. Mobil yang diproduksi berjenis Multi Purpose Vehicle (MPV) bertajuk Confero S untuk pasar Indonesia.

Avanzanation 2017 Digelar di 15 Kota

SECARA bersamaan, Auto2000 dan PT Toyota-Astra Motor (TAM) kembali menyelenggarakan Avanzanation. Acara tahunan ini merupakan program apresiasi kepada pelanggan Toyota, khususnya pengguna Avanza yang digelar sejak 2008.