Berencana Beli Mobil? Ada Perang Promosi Jelang Idulfitri

Jelang Lebaran, banyak produsen mobil menawarkan paket promosi/DIDIH HUDAYA/PR

SEPERTI tahun-tahun sebelumnya, bulan Juni bukan puncak dari penjualan kendaraan roda empat. Untuk tahun ini, bulan Juni adalah masa puasa dan Lebaran. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pun memprediksi penjualan kendaraan selama puasa hingga Lebaran nanti akan turun. 

Namun, target Gaikindo untuk menjual 1,1 juta unit mobil tahun ini tidak berubah, atau naik 50.000 unit dari tahun sebelumnya.

Meski demikian, Ketua Gaikindo I Jongkie D Sugiarto tetap berharap para agen pemegang merek (APM) dapat menjual lebih banyak lagi usai Idulfitri nanti. Dengan begitu, target penjualan mobil tahun 2017 bisa terpenuhi. Berdasarkan siaran pers Gaikindo, penjualan bulan April meningkat jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Pada April 2017 penjualan mobil tercatat 89.588 unit, sedangkan April tahun lalu lebih sedikit, atau 84.703 unit.

"Berharap saja Juli-Agustus bisa naik lagi penjualannya. Hingga sampai dengan akhir tahun bisa tercapai target," tutur Jongkie. Harapan tersebut lantas direspons positif oleh sejumlah APM, dalam upayanya menggenjot penjualan di masa puasa hingga Lebaran 2017. Sederet promosi atau kemudahan lantas ditawarkan.

Tahun ini PT Toyota Astra Motor (TAM) tetap memberikan pelayanan istimewa kepada para pelanggannya, yang  diwujudkan dalam program Diskon Paket Mudik Servis Berkala,  yang digelar 15 Mei-10 Juni 2017, guna memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan Toyota yang akan mudik Lebaran nanti.

Melalui program ini, Toyota mengajak pelanggan untuk melakukan servis berkala di bengkel resmi Toyota sehingga dapat mempersiapkan kendaraannya sedini mungkin agar perjalanan liburan dan mudik  Lebaran bisa berjalan aman, lancar, dan nyaman. Program ini melibatkan seluruh jaringan bengkel resmi Toyota di Indonesia. 

Di tingkat diler lokal lebih hangat lagi, jelang musim mudik Lebaran, produsen mobil mulai menawarkan promo menggiurkan bagi konsumen yang ingin pulang ke kampung halaman dengan mobil baru. Mobil-mobil keluarga Toyota dan Daihatsu mendapat potongan harga atau cashback hingga belasan juta rupiah.

Bahkan, Honda Bandung Center (HBC) atau Istana Bandung Raya Motor (IBRM) menginformasikan program penjualan untuk diler Honda di wilayah Jawa Barat dan Banten. Adapun tema dari program yang ditawarkan mereka adalah Mulih atau Mudik Pilih Honda. 

Dengan program penjualan yang dipromosikan meliputi cashback hingga Rp 50 juta, low TDP Rp 15 juta, cicilan ringan mulai Rp 1 juta, serta tenor hingga 7 tahun.

”Momentum Idulfitri dengan program Mulih, adalah upaya kami untuk mendongkrak angka penjualan. Di tahun 2017 semua varian Honda ditargetkan terjual sebanyak 27.000 unit di wilayah Jabar dan Banten,” kata Manajer Operasional HBC Junianto Naibaho, yang tahun ini meluncurkan varian teranyar segmen SUV, All New Honda CR-V .

Mistubishi Optimistis

Rasa optimistis tetap diapungkan Mitsubishi, yang memprediksi penjualan kendaraan Mitsubishi bakal naik 10% menjelang Lebaran 2017. Kenaikan tersebut didorong kebiasaan mudik masyarakat Indonesia. Disebutkan oleh Director of Sales and Marketing Division PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Osamu Iwaba bahwa sebagian besar masyarakat sudah menyiapkan bujet khusus untuk membeli mobil baru.

"Agar mudik semakin lancar, dibutuhkan kendaraan baru. Sebagian besar masyarakat sudah menyiapkan bujet khusus untuk membeli mobil baru," kata Osamu Iwaba saat meresmikan diler Mitsubishi di Jawa Tengah, akhir Mei lalu. 

Dia mengungkapkan, penjualan Mitsubishi pada momentum tersebut biasanya naik sekitar 10%. Tahun ini pun perusahaan memperkirakan kenaikan sebesar 10% dibanding bulan biasanya. Produk yang sering diincar konsumen adalah Pajero Sport, Delica, dan Mirage. Untuk mengoptimalkan peluang tersebut, Mitsubishi juga menghadirkan program penjualan spesial puasa dan lebaran, mulai dari DP ringan hingga cicilan bunga rendah.

Bahkan, untuk kendaraan niaga PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku authorized distributor dari Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation (MFTBC), menggelar program servis khusus yaitu ‘Lebaran Service Campaign’ yang berlaku sejak 24 Mei-31 Juli 2017. 

Program Re-Energizing After Sales Service Mitsubishi Fuso yang memberikan discount hingga 25% untuk ganti oli Mitsubishi Fuso Genuine Oil dan paket penggantian clutch, serta free check 15 item. KTB pun optimistis, permintaan kendaraan niaga di semester II setelah Lebaran akan terus mengalami peningkatan.

Agen pemegang merek Mazda di Indonesia, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), juga menyambut kehadiran bulan Ramadan dan Idulfitri tahun ini dengan promosi yang  digelar dalam dua tahap, yakni promo jasa perawatan kendaraan Sevice Campaign 2017 pada 29 Mei-16 Juli 2017 dan Lebaran Siaga pada 23 Juni-2 Juli 2017.

Tidak ketinggalan pula PT Nissan Motor Indonesia (NMI) yang menggelar program menarik dengan tema ‘Servis Dari Sekarang, Mudik Lebih Nyaman’ yang mulai akan diresmikan di seluruh diler Nissan-Datsun di Indonesia. Program baru ini upaya memberikan  layanan purnajual yang terbaik  bahkan sejak Mei, atau  sebelum digunakan untuk perjalanan mudik Lebaran.***

You voted 'tidak peduli'.

Baca Juga

Polisi: Hindari Jalur Alternatif Puncak II untuk Mudik!

CIANJUR, (PR).- Jalur utama dan alternatif mudik Cianjur siap dilintasi pemudik pada Lebaran 2017 ini. Sementara itu, penggunaan jalur alternatif Puncak II sangat tidak disarankan oleh pihak kepolisian.

Polres Bandung Bentuk Tim Khusus Pengamanan Mudik Lebaran

SOREANG, (PR).- Satuan Reserse Kriminal Polres Bandung mengaku sudah membentuk tim khusus pengemanan mudik Lebaran. Tim yang dibentuk tersebut beranggotakan 60 orang yang dinamakan Tim Tindak Khusus Polres Bandung.

Posko Ramadan dan Idulfitri 2017

Telkom Pastikan Layanan Prima Selama Mudik Lebaran

BANDUNG, (PR).- Menjaga keandalan jaringan, PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (Telkom) menyiagakan 1.093 orang satuan tugas (satgas) pada Lebaran tahun ini. Mereka akan siaga 24 jam pada periode H-7 sampai H+7 Lebaran.