Lebih Kecil dari Swift, Ini Spesifikasi Suzuki Ignis

Suzuki Ignis/MOHAMAD ILHAM PRATAMA/PR
MODEL berfoto pada peluncuran Suzuki Ignis di Jakarta Senin, 17 April 2017. Suzuki Ignis hadir sebagai Urban SUV pertama di tanah air.*

SUZUKI Ignis akhirnya resmi dijual untuk pasar tanah air. Kehadiran mobil tersebut, menjadikan Ignis sebagai Urban SUV pertama di tanah air. Ignis sebenarnya sudah diperkenalkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 lalu. Kini, secara resmi Ignis telah dijual untuk konsumen di Indonesia.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memperkenalkan Ignis di Jakarta, pada Senin, 17 April 2017. Mobil Urban SUV itu dibanderol mulai dari Rp 139.500.000 hingga Rp 169.500.000. Ignis mengusung body total effective control technology untuk mendukung keselamatan dan platform baru yakni heartech berupa struktur baru high grid underbody bermaterial high tensile steel. Hal itu memungkinkan mobil ini tetap mantap digunakan di medan offroad.

Ignis punya bobot yang sangat ringan, dan lebih ramping dari Swift. Ia berdimensi panjang, lebar, dan tinggi 3,7m x 1,66m x 1,595m serta jarak antar sumbu roda 2,435m. Meski bodinya ringan, Ignis memiliki air intake setinggi 700mm. Itu menjadikan Ignis tetap bisa menerobos genangan air ketika banjir atau musim penghujan.

Dari segi tampilan, Ignis memang memiliki desain manis. Namun, apa yang ada di balik kap mesin cukup gahar. Ignis dibekali mesin tipe K12M, empat silinder segaris, DOHC, VVT 1.197 cc.  Mobil ini cukup irit, dari pengujian BT2MP-BPPT, konsumsi bahan bakar untuk tranamisi manual 23,64 km/liter dan 23,44km/liter untuk transmisi AGS. 

Mesin Ignis memiliki tenaga 83 ps pada 6.000 rpm dan memiliki kekuatan torsi hingga 113 Nm pada 4.200 rpm. Mobil ini memiliki sistem penggerak roda depan. Mobil ini hadir dengan tiga tipe. Tipe GL MT, GX MT, dan GX AGS. Mobil compact ini pun didukung lampu depan LED projector dan Daytime Running Light (Tipe GX). Kemudian fog lamp dihiasi chrome.

Sebagai mobil SUV, hal itu terlihat jelas pada tampilan wajahnya. Mulai dari grill  kotak kecil-kecil. Kemudian bagian belakang terdapat flare fender dan rear bumper garnish melintang horizontal. Untuk interior tampil futuristik dan modern. Lingkar kemudi disematkan kontrol tombol untuk Multi Informatiom Display (MID), audio yang dapat terkoneksi dengan smartphone. 

Mobil yang memikiki ruang bagaai luas ini pun mengedepankan sistem keamanan mulai dari hadirnya ABS dan EBD. Dual SRS Airbag. Shinichiro Sugiyama selaku Managing Directot PT SIS menjelaskan bahwa Ignis hadir untuk konsumen berjiwa muda dan maskulin. "Kendaraan inu unik dan membawa DNA Suzuki. Ini dilembangkan sebagai urban SUV berkendara maksimal, desain futuristik," ujarnya.***

Baca Juga

KENDARAAN yang didominasi bus dan truk dari arah Garut dan Tasikmalaya melintas saat uji coba jalur Lingkar Nagreg di tanjakan Hape, Kecamatan Nagreg, Kabupaten Bandung, Senin (8/8). Hasil uji coba yang dilakukan selama kurang lebih dua jam menunjukkan ja

Tips Aman Mengemudikan Kendaraan Saat di Turunan dan Tanjakan

LIBUR Hari Buruh dapat menjadi waktu untuk berlibur dengan keluarga. Destinasi ke luar kota dapat menjadi pilihan. Meski demikian, perjalanan dengan kendaraan pribadi ke luar kota biasanya berhadapan dengan masalah turun naik jalanan.

Kiat Menguras Tangki Bahan Bakar Sepeda Motor

SOAL perawatan terhadap tangki bahan bakar, terutama untuk sepeda motor tipe sport, terkadang luput dari perhatian. Perhatian terhadap tangki biasanya berbeda dengan perawatan mesin yang selalu dilakukan secara berkala.

Ini Dia, Mobil Produksi Massal Terkencang di Dunia

SAAT ini kita telah memasuki era baru dalam hal performa. Berkat terobosan teknologi yang terus berkembang dalam setiap tahunnya, terutama semakin matangnya teknologi hibrida, mobil lebih kencang dari sebelumnya. 

Jelajahi Yogyakarta, Datsun Cross Stabil dan Halus

DATSUN Cross mampu memikat masyarakat Indonesia setelah membukukan penjualan 2.000 unit sejak diluncurkan awal Januari hingga Maret 2018. Keberhasilan tersebut tak terlepas dari fokus pasar yang menyasar generasi milenial.