Lebih Kecil dari Swift, Ini Spesifikasi Suzuki Ignis

Suzuki Ignis/MOHAMAD ILHAM PRATAMA/PR
MODEL berfoto pada peluncuran Suzuki Ignis di Jakarta Senin, 17 April 2017. Suzuki Ignis hadir sebagai Urban SUV pertama di tanah air.*

SUZUKI Ignis akhirnya resmi dijual untuk pasar tanah air. Kehadiran mobil tersebut, menjadikan Ignis sebagai Urban SUV pertama di tanah air. Ignis sebenarnya sudah diperkenalkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 lalu. Kini, secara resmi Ignis telah dijual untuk konsumen di Indonesia.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memperkenalkan Ignis di Jakarta, pada Senin, 17 April 2017. Mobil Urban SUV itu dibanderol mulai dari Rp 139.500.000 hingga Rp 169.500.000. Ignis mengusung body total effective control technology untuk mendukung keselamatan dan platform baru yakni heartech berupa struktur baru high grid underbody bermaterial high tensile steel. Hal itu memungkinkan mobil ini tetap mantap digunakan di medan offroad.

Ignis punya bobot yang sangat ringan, dan lebih ramping dari Swift. Ia berdimensi panjang, lebar, dan tinggi 3,7m x 1,66m x 1,595m serta jarak antar sumbu roda 2,435m. Meski bodinya ringan, Ignis memiliki air intake setinggi 700mm. Itu menjadikan Ignis tetap bisa menerobos genangan air ketika banjir atau musim penghujan.

Dari segi tampilan, Ignis memang memiliki desain manis. Namun, apa yang ada di balik kap mesin cukup gahar. Ignis dibekali mesin tipe K12M, empat silinder segaris, DOHC, VVT 1.197 cc.  Mobil ini cukup irit, dari pengujian BT2MP-BPPT, konsumsi bahan bakar untuk tranamisi manual 23,64 km/liter dan 23,44km/liter untuk transmisi AGS. 

Mesin Ignis memiliki tenaga 83 ps pada 6.000 rpm dan memiliki kekuatan torsi hingga 113 Nm pada 4.200 rpm. Mobil ini memiliki sistem penggerak roda depan. Mobil ini hadir dengan tiga tipe. Tipe GL MT, GX MT, dan GX AGS. Mobil compact ini pun didukung lampu depan LED projector dan Daytime Running Light (Tipe GX). Kemudian fog lamp dihiasi chrome.

Sebagai mobil SUV, hal itu terlihat jelas pada tampilan wajahnya. Mulai dari grill  kotak kecil-kecil. Kemudian bagian belakang terdapat flare fender dan rear bumper garnish melintang horizontal. Untuk interior tampil futuristik dan modern. Lingkar kemudi disematkan kontrol tombol untuk Multi Informatiom Display (MID), audio yang dapat terkoneksi dengan smartphone. 

Mobil yang memikiki ruang bagaai luas ini pun mengedepankan sistem keamanan mulai dari hadirnya ABS dan EBD. Dual SRS Airbag. Shinichiro Sugiyama selaku Managing Directot PT SIS menjelaskan bahwa Ignis hadir untuk konsumen berjiwa muda dan maskulin. "Kendaraan inu unik dan membawa DNA Suzuki. Ini dilembangkan sebagai urban SUV berkendara maksimal, desain futuristik," ujarnya.***

Baca Juga

40 Mobil Anyar Ramaikan GIIAS 2017

TANGERANG, (PR).- Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 resmi dibuka. Ajang tahunan pameran otomotif berskala internasional itu, akan berlangsung pada 10-20 Agustus 2017 di ICE, BSD, Tangerang.

Di GIIAS 2017, Baleno Hadir dengan Model Hatcback

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memperkenalkan generasi keempat dari sedan andalan mereka, Suzuki Baleno pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD Tangerang, Kamis