Ini Sejarah Mobil Datsun

Datsun/ROADANDTRACK.COM

MOBIL Datsun Go boleh dibilang merupakan pendatang baru di Indonesia karena secara resmi hadir sejak lima tahun lalu, tepatnya sejak 2012. Datsun yang dikenal sekarang adalah mobil perkotaan alias LCGC (low cost green car). Meski demikian, sebenarnya Datsun adalah merek mobil lawas, dan bahkan sekarang umurnya telah mencapai satu abad!

Datsun pertama kali diperkenalkan di Jepang dengan nama DAT-Go yang berarti "mobil DAT" pada 1914 silam. Kata Dat di sini bermakna "secepat sambaran petir" atau "secepat kilat" dalam bahasa Jepang. Meski demikian, nama DAT ini juga sebenarnya adalah singkatan dari tiga orang penyokong usaha itu alias pendirinya yaitu Kenjiro Den, Rokuro Aoyama, dan Meitaro Takeuchi. Nama DAT diambil dari akronim nama keluarga ketiga orang tadi: Dat, Aoyama, Takeuchi.

Dalam perjalanannya, kata DAT itu juga kemudian diartikan lain dalam bahasa Inggris, yaitu Durable (memiliki ketahanan tinggi), Attractive (menarik), dan Trustworthy (dapat dipercaya).

Pada tahun 1933, pendiri Nissan, Yoshisuke Aikawa, kemudian mengambil alih usaha itu dengan visi "mobilitas untuk semua". Rupanya ia ingin agar mobil yang diproduksinya itu dapat dirasakan manfaatnya oleh lebih banyak orang. Seiring dengan visinya tersebut, maka diperkenalkanlah mobil yang berbobot ringan, ekonomis, namun memiliki fleksibilitas yang tinggi untuk memenuhi aspirasi kaum muda Jepang pada awal 1930-an. 

Dari target pasar itulah kemudian lahir nama "son of DAT" atau anak laki-laki DAT (DAT son) yang kemudian diganti menjadi Datsun. Kemampuan teknologi mesin lokal dan produksi massal kemudian mewujudkan impian pendirinya.

Di Indonesia, Datsun sebenarnya telah dikenal lama. Terbukti dengan masih banyak berseliwerannya mobil Datsun versi lawas di jalanan. Sejumlah komunitas mobil tua Datsun bahkan terbentuk di beberapa kota.

Melalui Nissan Motor Co., Ltd, mereka kemudian memperkenalkan kembalinya Datsun pada Maret 2012. Datsun ini memang di bawah brand global Nissan selain mobil Nissan sendiri dan Infinity yang menyasar pasar lebih tinggi. Selain di Indonesia, mobil Datsun sekarang juga dijual di India, Rusia, dan Afrika Selatan sejak 2014.***

Baca Juga

New Honda Jazz Model Mobil Kekinian

BANDUNG, (PR).- Hasil survei menunjukkan 43 persen pembeli mobil Honda bukan konsumen baru. Mereka sebelumnya sudah memiliki mobil Honda, tapi ingin mengganti dengan tipe terbaru atau justru menambah jenis mobil Honda lainnya.

Kredit Kendaraan Bermotor Meningkat 20%

NGAMPRAH, (PR).- BCA menargetkan 500 unit penjualan mobil dalam even BCA Expo 2017 di Bale Pare, Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kab Bandung Barat, Jawa Barat pada 26-27 Agustus 2017.