Hari Ini Datsun Risers Expedition 2 Jelajahi Sulawesi Selatan

Datsun Risers Expedition 1/DOK DATSUN INDONESIA

MAKASSAR, (PR).- Jika selama ini mobil Datsun Go dikenal sebagai kendaraan dalam kota yang hemat dan simpel (LCGC/low cost green car), maka anggapan itu sama sekali berubah saat digelar Datsun Risers Expedition. Rangkaian ekspedisi yang telah dijalani sejak 2015 itu telah mengubah persepsi mobil kecil dan simpel itu menjadi mobil tangguh yang dapat diandalkan.

Mulai Senin 20 Maret 2017 ini hingga dua hari ke depan adalah penutup rangkaian Datsun Risers Expedition 2. Sulawesi Selatan dipilih karena memiliki kontur jalan yang variatif dan akan mengeksplorasi kekayaan budaya di Makassar, Maros, serta Bulukumba. Makassar adalah lokasi keempat sekaligus penutup Datsun Risers Expedition 2 yang sebelumnya telah menjajal Nangroe Aceh Darussalam, Lampung, Cirebon, dan Malang.

Yang membuat Datsun Risers Expedition ini unik karena mobil Datsun Go yang dipilih untuk perjalanan ini tak diganti sejak awal. Dengan demikian, berdasarkan hasil perhitungan sementara (sebelum etape Sulawesi Selatan) Datsun Go yang digunakan telah menjajal sedikitnya 15.000 kilometer serta mengunjungi 150 kota di Indonesia. Data itu membuat Datsun mengklaim sebagai mobil LCGC pertama di Indonesia yang telah menempuh jarak paling jauh.

Ada sedikit perbedaan antara Datsun Risers Expedition pertama dengan yang kedua. Menurut Christian Gandawinata, Head of Marketing Datsun Indonesia, Datsun Risers Expedition pertama bertitik berat pada menguji sejauh mana ketahanan mobil mungil tiga baris tempat duduk itu. Itu sebabnya pada ekspedisi pertama jarak yang ditempuh cenderung lebih jauh. Namun, pada ekspedisi kedua, titik beratnya adalah eksplorasi daerah yang dikunjungi. Pengenalan budaya lokal, mencari tahu local hero, hingga turun langsung dalam program kemasyarakatan adalah yang dilakukan.

"Sulawesi Selatan merupakan salah satu dari beberapa tempat indah di Indonesia yang sesuai untuk menguji performa Datsun melalui ekspedisi. Sulawesi Selatan memiliki segalanya. Mulai dari 'surga tersembunyi' hingga tradisi yang masih tetap terjaga selama beberapa abad, semua merupakan tempat yang sempurna untuk merasakan performa mobil Datsun," kata Christian. Ia percaya bahwa ketangguhan mesin, performa kuat, dan suspensi yang nyaman akan membantu para risers untuk menghadapi rute menantang yang dilewati.

Khusus etape terakhir Datsun Risers Expedition 2 di Sulawesi Selatan ini, terdapat beberapa tempat yang akan dikunjungi. Salah satunya yaitu Fort Rotterdam, Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, donasi buku dan kelas inspirasi Datsun di Makassar, serta Tana Beru di Bulukumba. Pada ekspedisi kali ini juga memperkenalkan Rukanti Kresnaningsih (63) yang setia mempertahankan seni tutur sinrilik dari Kabupaten Gowa sebagai local hero.***

You voted 'tidak peduli'.

Baca Juga

Ini Sejarah Mobil Datsun

MOBIL Datsun Go boleh dibilang merupakan pendatang baru di Indonesia karena secara resmi hadir sejak lima tahun lalu, tepatnya sejak 2012. Datsun yang dikenal sekarang adalah mobil perkotaan alias LCGC (low cost green car).

Sinrilik, Menjaga Laku Lewat Tutur Berirama

MAKASSAR, (PR).- Lima orang berpakaian khas Makassar tampil di depan panggung. Satu perempuan, sisanya laki-laki. Yang laki-laki memainkan alat musik, sementara perempuan melantunkan suara merdunya dalam dialek Makassar yang kental.